• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Migrain Kambuh

Ini 6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Migrain Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Migrain adalah jenis sakit kepala yang ditandai dengan nyeri berdenyut di satu sisi kepala saja. Namun, sakit kepala migrain juga kerap disertai mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya dan suara. Serangan migrain dapat berlangsung selama berjam-jam hingga berhari-hari dan rasa sakitnya bisa sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Walaupun migrain bisa sangat mengganggu, sakit kepala yang satu ini tergolong mudah diatasi dengan obat-obatan dan istirahat yang cukup. Kalau kamu mengalami migrain, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan. 

Baca juga: 4 Jenis Migrain yang Perlu Diketahui

Perawatan Sederhana saat Migrain Kambuh

Bukan hanya dengan obat-obatan saja, nyatanya migrain bisa diatasi dengan perawatan sederhana yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut perawatan sederhana yang bisa kamu coba untuk atasi migrain:

1. Kompres Dingin

Meletakan kompres es di dahi, kulit kepala atau leher dinilai mampu meredakan migrain. Hal ini mungkin karena suhu dingin dapat mengurangi aliran darah di area tersebut. Kalau kamu ingin mencobanya, kamu bisa menggunakan es batu yang dibalut dengan kain sebelum ditempelkan ke area yang mengalami migrain.  

2. Minum Kafein

Kafein adalah zat yang umumnya terkandung dalam kopi, teh atau cokelat. Meski sering dihindari karena rentan menimbulkan dehidrasi, kafein ternyata mampu membantu tubuh untuk menyerap beberapa obat migrain lebih cepat. Namun, perlu diingat bahwa kamu tetap harus banyak minum air untuk mencegah dehidrasi akibat konsumsi kafein. 

Baca juga: 3 Olahraga yang Aman Dilakukan untuk Atasi Migrain

3. Kamar yang Gelap dan Tenang

Cahaya terang dan suara keras bisa membuat migrain semakin parah. Jadi, sebaiknya atur ruangan atau kamar kamu menjadi lebih gelap dan jauh dari kebisingan saat mengalami migrain. Cara ini dapat membantu mempercepat pemulihan kamu dari migrain.

4. Olahraga

Olahraga saat migrain menyerang mungkin tidak dianjurkan karena justru bisa membuat kamu semakin sakit. Nah, ketika kamu masih merasa sehat tetapi punya riwayat migrain yang sering kambuh, olahraga secara teratur bisa mencegah timbulnya sakit kepala. Ini karena, olahraga membuat tubuh melepaskan endorfin, bahan kimia di otak yang bekerja melawan rasa sakit. Olahraga rutin juga dapat meredakan stres dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

5. Cukup Tidur

Pastikan kamu tidak begadang dan mendapatkan waktu tidur yang cukup saat mengalami migrain. Tidur terlalu sebentar maupun terlalu lama dapat memicu sakit kepala, bahkan bisa memperburuk gejala yang ada. Jadi, pastikan kamu mendapatkan waktu tidur sebanyak 7-8 jam setiap malam dan cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

6. Yoga

Olahraga yang memompa jantung dapat mencegah migrain, tetapi juga dapat menjadi pemicu sakit kepala bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, kamu mungkin perlu mempertimbangkan jenis olahraga dengan gerakan yang lebih lambat sebagai alternatif yang lebih aman. Melansir dari WebMD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sesi yoga reguler dapat mengurangi jumlah serangan migrain dan mencegah migrain agar tidak sering kambuh. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Sakit Kepala Akibat Migrain dan Corona

Munculnya migrain terkadang dipicu oleh makanan yang kamu makan atau kondisi tertentu. Maka dari itu, kamu harus tahu betul hal-hal apa saja yang dapat memicu migrain yang kamu alami. Apabila kamu mengalami migrain dan kondisinya tidak kunjung membaik, kamu bisa hubungi dokter di Halodoc untuk mencari tahu penyebabnya dan penanganan lain yang lebih tepat. Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat dan Voice/Video Call.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Migraine.
WebMD. Diakses pada 2020. Home Remedies for Migraines.