• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Makanan dengan Kandungan Vitamin B12 Tinggi

Ini 7 Makanan dengan Kandungan Vitamin B12 Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 7 Makanan dengan Kandungan Vitamin B12 Tinggi

Halodoc, Jakarta – Asupan vitamin B12 dibutuhkan tubuh, salah satunya untuk membantu pembentukan sel darah merah serta menjaga kesehatan sistem saraf. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Nyatanya, ada jenis makanan yang dikenal mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. 

Kebutuhan asupan vitamin B12 manusia bisa berbeda-beda, tergantung pada usianya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 adalah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Jika dibarengi dengan menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi makanan yang mengandung jenis vitamin ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: Makanan yang Harus Dikonsumsi Pengidap Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Makanan yang Mengandung Vitamin B12 

Ada beragam jenis makanan yang secara alami memiliki kandungan vitamin B12 dan baik untuk dikonsumsi, di antaranya: 

1.Makanan Laut 

Salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 adalah hidangan laut alias seafood. Ada beberapa jenis makanan laut yang bisa dikonsumsi, seperti kerang, kepiting, ikan salmon dan ikan sarden, serta ikan tuna. 

2.Daging Sapi 

Selain makanan laut, kamu juga bisa mengonsumsi daging sapi yang kaya akan kandungan vitamin B12. Selain itu, di dalam daging sapi juga terdapat kandungan zat besi serta protein. Meski banyak mengandung nutrisi, tetapi sebaiknya hindari berlebihan dalam mengonsumsi daging sapi. Sebab, makanan ini bisa menyebabkan meningkatkan kadar kolesterol hingga risiko penyakit jantung. 

3.Daging Ayam 

Selain daging sapi, kamu juga bisa mendapat asupan vitamin B12 dari daging ayam. Cobalah untuk mengonsumsi dada ayam panggang secara rutin. Selain vitamin B12, makanan ini juga kaya akan protein yang bisa membantu pembakaran lemak di dalam tubuh. 

4.Susu 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh, kamu bisa coba konsumsi susu rendah lemak. Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, rutin mengonsumsi susu rendah lemak juga bisa membantu pemenuhan kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. 

5.Yoghurt

Makanan lain yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 adalah yoghurt. Selain itu, yogurt juga memiliki banyak kandungan kalsium, magnesium, dan protein yang dapat membantu mencegah diabetes serta menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Kandungan probiotik yang ada pada yoghurt juga baik untuk pencernaan.

6.Telur

Telur dikenal sebagai sumber protein, tetapi ternyata juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh. Selain itu, rutin mengonsumsi telur juga bisa memberi asupan vitamin D yang bisa membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan mempertahankan kekuatan tulang.

Baca juga: 5 Jenis Asupan Makanan untuk Pengidap Anemia

7.Makanan Lain

Kandungan vitamin B12 juga ada dalam jenis makanan lain, seperti rumput laut, jamur, dan tempe. Jenis makanan ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang menjalani pola makan vegetarian. 

Sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh. Sebab, kekurangan asupan nutrisi ini bisa menyebabkan tubuh mudah lelah, mengalami kesemutan, gangguan pada sistem saraf, penglihatan kabur, anemia, depresi, bahkan demensia.

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat vitamin B12 dan jenis makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Vitamin B12: What to Know.
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. The A list for vitamin B12 sources.
Health. Diakses pada 2020. 15 Foods That Are High in Vitamin B12.