• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Hak Asasi Manusia Perlu Ditegakkan dan Dilindungi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Hak Asasi Manusia Perlu Ditegakkan dan Dilindungi

Ini Alasan Hak Asasi Manusia Perlu Ditegakkan dan Dilindungi

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Desember 2022

“Pelanggaran hak asasi manusia dapat memicu gangguan kesehatan fisik dan mental bagi korbannya. Tak hanya itu saja, pelanggaran HAM yang tidak diadili dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan pada sistem hukum dan struktur dalam masyarakat.”

Ini Alasan Hak Asasi Manusia Perlu Ditegakkan dan DilindungiIni Alasan Hak Asasi Manusia Perlu Ditegakkan dan Dilindungi

Halodoc, Jakarta –  Mungkin kamu sudah sering mendengar mengenai hak asasi manusia (HAM), namun belum benar-benar familiar dengan pemaknaannya dan mengapa ini penting dibahas. Walaupun HAM ini berkaitan dengan keberlangsungan hidup manusia di masyarakat, pada dasarnya penegakan HAM juga berkaitan dengan kesehatan mental.

Pelanggaran HAM dapat memicu gangguan kesehatan fisik dan mental untuk korban. Untuk jangka panjang, pelanggaran HAM yang tidak diadili dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan pada sistem hukum dan struktur dalam masyarakat. 

Penegakan Hak Asasi Manusia Menjamin Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Sebelumnya sudah disinggung mengenai kaitan antara penegakan HAM dan kesehatan mental. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengapa HAM penting untuk dilindungi:

1. Penegakan HAM Memastikan Terpenuhinya Kebutuhan Dasar

Ada banyak contoh HAM, salah satunya akses ke layanan kesehatan, makanan dan air, pakaian, dan tempat tinggal. Dengan memenuhi kebutuhan dasar, maka manusia bisa hidup lebih produktif. 

2. HAM Melindungi Kelompok Rentan

Penegakan HAM dapat melindungi kelompok rentan, termasuk perempuan, penyandang disabilitas, dan kelompok minoritas lainnya. Pengabaian terhadap penegakan HAM hanya akan membuat pihak penguasa saja yang dilindungi dan terlindungi.

3. HAM Memungkinkan Masyarakat Menyampaikan Pendapat 

Konsep hak asasi manusia memungkinkan orang untuk berbicara, terutama ketika mereka mengalami pelecehan atau diperlakukan secara tidak adil. Inilah mengapa hak khusus seperti hak untuk berkumpul, berserikat, dan menyampaikan pendapat sangat penting karena tidak ada sistem pemerintahan yang sempurna. 

Penegakan HAM bertujuan agar semua orang bersuara dan berhak mendapatkan martabat dari masyarakat, baik itu pemerintah maupun lingkungan sekitar. Ketika mereka tidak mendapatkannya, mereka memiliki hak untuk menggugatnya.

4. Mendorong Kebebasan Berbicara dan Berekspresi

Kemampuan untuk berbicara dengan bebas tanpa takut mencakup ide dan bentuk ekspresi adalah hak asasi manusia. Akan tetapi, ini berlaku selama ini tidak merugikan orang lain. 

Bayangkan kalau kamu hidup dalam tekanan dan tidak bisa mengekspresikan perasaan dan apa yang kamu rasakan. Pastinya bisa bikin tertekan, stres, dan ini kurang baik untuk kesehatan mental.

5. HAM Memungkinkan Orang untuk Memilih Jalan Hidupnya 

Ada banyak orang yang tidak bisa menjalani kehidupan yang disenanginya karena kebebasan sebagai manusia dengan hak asasi dihambat oleh oknum tertentu. Semua orang pada akhirnya dan semestinya, bebas menentukan apa yang membuatnya bahagia. 

Keterbatasan ini dapat berdampak pada kesehatan mental yang signifikan. Bahkan, ada banyak orang yang memilih untuk mengakhiri hidup karena stres sebab tidak bisa melakukan apa yang dia senangi.

Itulah informasi mengenai alasanHAM perlu ditegakkan dan dilindungi. Kalau kamu ingin buat janji pemeriksaan kesehatan mental dengan psikolog, kamu bisa melakukannya lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Human Rights Career. Diakses pada 2022. 10 Reasons Why Human Rights Are Important.
Council of Europe. Diakses pada 2022. Questions and answers about Human Rights.