Ini Alasan Ibu Perlu Perhatian Ekstra di Hari Ibu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Alasan Ibu Perlu Perhatian Ekstra di Hari Ibu

Halodoc, Jakarta - Sebentar lagi, kamu akan menyambut peringatan istimewa untuk ibunda tercinta. Hari Ibu, yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Menyambut peringatannya yang sebentar lagi, apa yang sudah kamu siapkan?

Membahagiakan ibu sebenarnya tidak harus menunggu datangnya Hari Ibu. Jika demikian, berarti ibu hanya perlu dibuat bahagia satu hari? Sudah menjadi keharusan untuk membahagiakan hati ibu setiap saat, setiap waktu yang kamu miliki. Namun, tidak ada salahnya kamu memberikan perhatian ekstra untuk membuat ibu lebih bahagia.

Bukan tanpa alasan, ibu membutuhkan perhatian ekstra, dan momen Hari Ibu inilah waktunya. Sebenarnya, apa alasan yang membuat kamu harus lebih memperhatikan ibu di peringatan tersebut?

  • Perjuangan Ibu yang Tidak Boleh Dilupakan

Sering lupa, bahwa perjuangan dan kasih sayang ibu kepada anak-anaknya tidak akan dapat tergantikan. Ibu mengandung selama 9 bulan, merasakan berbagai perubahan fisik, ketidaknyamanan, dan berusaha untuk menjaga serta melindungi janin yang berada di dalam rahimnya.

Tidak hanya sampai di situ. Ketika sang buah hati lahir menyapa dunia, ibu masih harus berjuang untuk memberikan ASI eksklusif hingga sang bayi berusia 6 bulan. Belum lagi harus begadang untuk mengasuh dan memenuhi segala kebutuhan anak yang dicintainya. Semakin beranjak usia, ibu mulai menyiapkan asupan nutrisi terbaik untuk menunjang tumbuh kembang anaknya, juga melindunginya dari segala ancaman.

  • Tugas dan Tanggung Jawabnya yang Seakan Tiada Habisnya

Ibu mengembang tugas dan tanggung jawab besar yang bisa jadi tidak bisa dilakukan oleh laki-laki, atau ayah. Terlebih jika ibu masih harus bekerja alias menjadi ibu yang berkarier. Di rumah, ibu harus menyelesaikan segudang tugas rumah tangga, seperti memasak, mengurus kebutuhan pasangan anak-anak mulai dari makan hingga urusan pakaian.

Jika memilih menjadi ibu karier, ibu masih harus berkutat dengan tenggat pekerjaan, harus mengatur emosi dan suasana hati selama bekerja, dan membina hubungan baik dengan atasan, kolega, dan rekan kerja di kantor. Belum ditambah lagi dengan berbagai masalah yang mungkin saja terjadi selama ibu di perjalanan menuju kantor atau berpulang ke rumah.

  • Ibu Sebagai Pusat Emosi Anggota Keluarga

Tidak banyak yang menyadari bahwa ibu juga berperan sebagai pusat emosi atau emotional work. Maksudnya, ibu menjadi tempat untuk keluh kesah sang buah hati dan juga pasangan. Tidak hanya itu, ibu harus bisa menjadi pemberi dukungan terbaik dan memahami perasaan dan pikiran anggota keluarga yang lain.

Contoh sederhananya seperti ini. Misalnya, ayah pulang dari kantor dengan membawa raut muka masam. Tentu, ibu yang harus menghibur hati ayah. Atau, ketika sang buah hati pulang sekolah, ibu tentu akan menjadi orang pertama yang menanyakan bagaimana hari-harinya di sekolah.

Inilah alasan ibu perlu perhatian ekstra menjelang Hari ibu. Mungkin, kamu bisa meluangkan sebagian waktu yang kamu miliki dari segala kesibukanmu untuk dihabiskan khusus bersama ibu. Mungkin, ibu tidak membutuhkan hadiah mewah atau makan malam di restoran super mahal. Ibu hanya perlu sedikit waktu untuk dihabiskan bersama-sama.

Kamu juga bisa membuat momen Hari Ibu semakin berkesan dengan membelikan ibu vitamin untuk menunjang kesehatannya. Supaya lebih mudah, kamu bisa beli melalui aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasinya, kamu sudah bisa membeli vitamin tanpa perlu ke apotek. Yuk, pakai aplikasi Halodoc!

Baca juga: