• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Kucing Peliharaan Tidak Mau BAB di Litter Box

Ini Alasan Kucing Peliharaan Tidak Mau BAB di Litter Box

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Alasan Kucing Peliharaan Tidak Mau BAB di Litter Box

Halodoc, Jakarta – Memelihara kucing nyatanya tidak hanya sekedar memberikan kasih sayang saja. Kamu juga perlu memperhatikan aktivitas fisik yang cocok, jenis makanan, hingga perawatan untuk kucing sehari-hari. Salah satu hal yang dibutuhkan untuk keseharian bagi kucing adalah litter box. Litter box merupakan sebuah kotak yang berisi pasir dan dibutuhkan oleh kucing untuk buang air besar maupun buang air kecil.

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Untuk membiasakan hal ini, tentunya kamu perlu melatih kucing agar terbiasa guna melakukan hal ini. Namun, ada beberapa alasan yang menyebabkan kucing mengalami perubahan perilaku, hingga tidak mau BAB dalam litter box. Tidak ada salahnya menyimak beberapa alasan berikut agar kamu lebih mengerti mengenai perilaku kucing kesayangan.

Inilah Alasan Kucing Menghindari Litter Box untuk BAB

Tentunya pemilik kucing akan merasa stres atau kurang nyaman ketika kucing kesayangan menolak untuk BAB dalam litter box. Hal ini disebabkan kucing yang dapat melakukan BAB di mana saja, termasuk di dalam rumah. Untuk itu, tidak ada salahnya memperhatikan beberapa alasan yang akan terjadi sehingga kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan baik.

1.Adanya Gangguan Kesehatan pada Kucing

Adanya gangguan kesehatan pada kucing, seperti konstipasi atau diare bisa menjadi penyebab kucing tidak melakukan BAB di dalam litter box. Misalnya, saat mengalami gangguan kesehatan tersebut, kucing merasa ingin BAB, tetapi kucing tidak dapat tepat waktu untuk sampai di litter box. Dengan begitu, kucing dapat BAB di sembarang tempat. Kondisi sakit perut yang tidak tertahankan pada kucing juga dapat menyebabkan kucing terlambat sampai di litter box untuk BAB.

Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter ketika kamu mendapati feses kucing berubah bentuk dan tekstur. Penanganan yang tepat tentunya dapat mengatasi kebiasaan ini. Tidak hanya masalah saluran pencernaan, kucing yang mengalami demensia pun dapat menghindari litter box akibat penurunan ingatan mengenai toilet training. Kondisi ini juga perlu penanganan yang tepat agar bisa diatasi dengan baik.

Baca juga: Vaksin Kucing Kesayangan, Sebaiknya Umur Berapa?

2.Litter Box Terlalu Kecil

Litter box yang terlalu kecil dengan ukuran kecil menjadi alasan mengapa kucing menolak BAB dalam litter box. Kucing akan menghindari litter box yang kecil karena dapat membuat kucing kotor dengan kotorannya sendiri. Sebaiknya pilihlah litter box dengan ukuran satu setengah kali lebih besar dari ukuran badan kucing.

3.Posisi Litter Box Tidak Tepat

Sebaiknya pastikan litter box berada di lokasi yang tepat untuk kucing mencapai litter box. Hindari meletakkan litter box pada posisi yang lebih tinggi atau tempat yang cukup terpencil. Kucing yang sudah berumur tua tentunya akan kesulitan meraih litter box akibat beberapa gangguan kesehatan jika litter box diletakkan pada posisi yang kurang tepat. Sebaiknya, meletakkan litter box sejajar dengan lokasi yang menjadi teritori kucing agar ia menghindari tangga atau lokasi tinggi untuk mencapai litter box.

4.Kurang Menjaga Kebersihan Litter Box

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan litter box kucing kesayangan. Selain menghindari kucing dan pemilik dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat ditularkan, litter box yang kotor juga membuat kucing enggan melakukan BAB dalam litter box.

5.Membuat Daerah Teritori

Jika kamu baru saja membawa kucing ke rumah, umumnya mereka akan membuat wilayah teritori dengan urinenya di dalam rumah. Namun, terkadang mereka membuat wilayah teritori dengan membuang kotoran mereka.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Itulah beberapa alasan yang perlu kamu ketahui mengenai kucing yang menghindari BAB dalam litter box. Jangan lupa untuk selalu merawat kucing dengan menjaga kebersihan kucing dan lingkungannya. Selain itu, periksakanlah kesehatan kucing secara rutin pada dokter hewan agar gangguan kesehatan yang dialami dapat diatasi lebih dini.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. How to Stop Cats From Pooping on Rugs.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. How to Stop Your Cat From Pooping Outside the Litter Box.
I Love Cats. Diakses pada 2020. 10 Reasons Cats Poop Outside Their Litter Box and How To Resolve The Issue.