04 June 2018

Ini Aturan Konsumsi Gula saat Sahur dan Buka Puasa

Ini Aturan Konsumsi Gula saat Sahur dan Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Banyak yang mengira saat menjalankan ibadah puasa, kita tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis. Bahkan ada anjuran yang mengatakan sebaiknya kita berbuka dengan yang manis. Anjuran ini tepat saja, tapi mengonsumsi gula saat buka puasa ataupun sahur tentu ada aturannya masing-masing. Berbahaya jika saat bulan puasa kita juga terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Banyak penyakit yang akan mengancam tubuh kamu jika kamu mengonsumsi gula saat puasa terlalu banyak.

Banyak Gula yang Harus Dikonsumsi saat Berpuasa

Gula bisa diandalkan sebagai salah satu nutrisi dan gizi yang ada di menu berbuka kamu. Namun idealnya, saat berpuasa, banyaknya gula yang dikonsumsi seharusnya tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasa. Kamu boleh mengonsumsi gula sebanyak 6 sampai 9 sendok teh gula per harinya atau sama saja dengan 25-36 gram gula setiap harinya. Ini aturan konsumsi gula yang baik saat berpuasa maupun hari-hari biasa. Ukuran ini sudah termasuk dengan jenis pemanis lainnya seperti madu, sirup, dan juga sukrosa.

Ketika berpuasa, kamu dapat menikmati waktu makan pada waktu berbuka puasa dan juga sahur. Namun sebaiknya saat menjalani ibadah puasa, kamu harus lebih banyak mengonsumsi gula pada waktu berbuka puasa dibandingkan waktu sahur. Pada waktu berbuka puasa, tubuh kamu sudah tidak diisi oleh apapun selama 12 jam, sehingga tubuh kamu tidak mendapatkan asupan energi. Dengan kamu mengonsumsi gula pada saat berbuka, tentu energi pada tubuh kamu lebih cepat kembali karena gula yang kamu konsumsi mengandung nutrisi yang dapat membuat energi kamu kembali.

Hindari mengonsumsi gula yang berlebihan pada waktu makan sahur, karena pada saat sahur sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga, kamu tidak akan cepat merasa lapar. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan juga protein.

Atur waktu kamu untuk mengonsumsi gula, misalnya dalam satu hari kamu mengonsumi sebanyak 6 sendok teh gula. Usahakan pada saat sahur kamu mengonsumsi 2 sendok teh, kemudian saat waktu berbuka dan setelah berbuka kamu bisa gunakan 4 sendok teh lainnya.

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Kamu harus berhati-hati agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi gula. Tentu saja, jika kamu berlebihan dalam mengonsumsi gula, ini akan membahayakan kesehatan kamu. Ya, konsumsi gula berlebihan bisa menimbulkan beberapa penyakit untuk kesehatan kamu.

1. Obesitas

Salah satu yang menyebabkan obesitas adalah penumpukan lemak di beberapa area tubuh. Salah satu hal yang memicu kemunculan penumpukan lemak dalam tubuh adalah gula. Nantinya, kandungan lemak yang bertumpuk pada tubuh juga bisa mengakibatkan beberapa penyakit lainnya seperti kelainan jantung.

2. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Konsumsi gula berlebih ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Beberapa masalah kerusakan pada gigi adalah gigi berlubang. Selain itu, karang gigi juga dapat menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman pada penderitanya.

3. Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Biasanya, diabetes akan menjadi lebih berbahaya jika penyakit ini sudah terkomplikasi dengan penyakit lainnya. Selain karena pola makan yang kurang baik, diabetes juga bisa disebabkan karena faktor keturunan atau faktor genetik. Sebaiknya, jaga asupan gula untuk menghindari  risiko diabetes.

(Baca juga: 4 Tips Tetap Berenergi saat Puasa)

Mulai sekarang sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung pemanis alami seperti buah-buahan. Jika kamu ingin tahu lebih banyak cara untuk mengonsumsi gula yang benar saat berpuasa, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!