06 October 2017

Ini Cara Hilangkan Warna Bibir yang Menghitam

Ini Cara Hilangkan Warna Bibir yang Menghitam

Halodoc, Jakarta – Salah satu tanda bibir yang sehat bisa dilihat dari warnanya yang merah muda dan cerah. Dibandingkan dengan kulit wajah yang memiliki hingga 16 buah lapis sel, bibir hanya terdiri dari 3-5 lapisan sel. Karena bibir juga memiliki pembuluh darah tapi hanya dilindungi oleh lapisan sel yang tipis, maka bibir bisa terlihat berwarna merah muda. Jika bibir berwarna gelap, bahkan hitam, bisa membuat penampilan kurang percaya diri. Karena itu, yuk simak tips-tips mencerahkan bibir berikut ini:

4 Cara Mencerahkan Bibir yang Berwarna Gelap:

  • Hindari Minuman Berkafein

Ada banyak penyebab bibir berubah warna menjadi gelap, dan salah satunya adalah karena sering mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Dengan mengurangi frekuensi meminum jenis minuman berkafein tersebut, kamu bisa menghilangkan warna gelap atau hitam pada bibir.

  • Hentikan Kebiasaan Menggigit dan Menjilat Bibir

Menggigit bibir wajar dilakukan ketika kamu sedang merasa cemas, grogi, khawatir, atau takut. Sedangkan menjilati bibir sering dilakukan tanpa sadar untuk melembapkan bibir. Namun kedua hal tersebut juga menjadi penyebab bibir berwarna gelap, karena itu usahakan untuk hilangkan kebiasaan ini, ya.  

  • Hindari Menggunakan Lisptik Berbahan Kimia yang Berbahaya

Sebagian besar lipstik yang menjanjikan akan membuat bibir merona merekah, biasanya mengandung bahan merkuri yang sangat beracun, seperti peeling, pemutih dan asam untuk mewarnai bibir. Namun jika terlalu sering digunakan, maka akan membuat kulit bibirmu rusak dan gelap. Jadi, carilah lipstik dengan kandungan bahan yang aman, atau kurangi penggunaan lipstik, dan yang terpenting jangan lupa membersihkan bibir sebelum tidur.

  • Berhenti Merokok

Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan bibir menghitam. Kandungan nikotin, tembakau dan tar yang terdapat dalam rokok berperan menggelapkan bibir. Sedangkan panas dari rokok berpotensi membuat kulit memproduksi lebih banyak melamin yang dapat membuat bibir berwarna gelap. Jika kamu ingin mengembalikan warna bibir yang cerah alami, maka berhenti merokok adalah solusinya.

  • Lindungi Bibir dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari ternyata juga dapat membuat warna bibir lebih gelap dari yang seharusnya, karena sinar matahari mampu membakar dan membuat bibir kering. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengoleskan tabir surya yang bisa ditemukan dalam lip balm dan lipstick.

Coba juga Oleskan Bahan-bahan Alami untuk Mengembalikan Warna Bibir Alami:

  • Timun

Tidak hanya berfungsi menghilangkan lingkaran hitam di daerah mata, timun juga dapat mencerahkan bibir lho. Letakkan irisan timun di atas bibir selama lima menit setiap hari untuk mendapatkan bibir yang cerah.

  • Madu

Selain rasanya yang enak dan manis, madu juga merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk melembapkan bibir. Olesi bibirmu dengan madu sebelum tidur, dan bilas dengan air hangat keesokan paginya.

  • Minyak Almond

Kamu juga bisa mencampur 6 tetes minyak almon dengan 1 sendok teh madu untuk melembutkan ketika bibir sedang terasa kering.

  • Gula

Tahukah kamu bahwa beberapa produk perawatan bibir menggunakan gula sebagai bahan dasarnya. Itu karena gula berkhasiat untuk menghilangkan sel kulit mati pada bibir. Caranya, buatlah adonan pasta dari campuran tiga sendok makan gula granula dengan dua sendok makan mentega, dan oleskan pada bibir seminggu sekali.   

Dengan menghentikan kebiasaan yang dapat merusak bibir, serta melakukan perawatan bibir dengan menggunakan bahan-bahan alami, niscaya bibir kamu yang berwarna gelap akan kembali cerah.


Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar bibir yang sehat, kamu bisa langsung menghubungi  dokter spesialis kulit  dan estetika melalui Video/Voice Call dan Chat di aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang kamu butuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu pun akan langsung diantar ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.