• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit Barang di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit Barang di Rumah

Ini Cara Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit Barang di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 30 Desember 2021
Ini Cara Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit Barang di Rumah

“Kebiasaan anjing yang suka menggigit barang memang menyebalkan, jadi kamu perlu tahu cara melatih anjing di rumah agar tidak menggigit sembarang barang. Cara-cara ini memang sederhana, tetapi perlu dilakukan dengan konsisten agar kebiasaan baik bisa diterapkan anjing peliharaanmu.”

Halodoc, Jakarta – Menggigit dan mengunyah adalah perilaku alami anjing peliharaan, tetapi ini bisa menjadi kebiasaan yang menjengkelkan, terlebih jika mereka merusak barang pribadimu, seperti sepatu atau bahkan sofa. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara melatih anjing di rumah agar mereka tidak menggigit barang kesayangan. 

Namun, kamu perlu tahu bahwa kebiasaan menggigit barang pada anjing ini berlangsung saat mereka masih muda. Ini adalah cara anjing muda untuk menghilangkan rasa sakit tumbuh gigi. Sementara itu, anjing yang lebih tua mengunyah untuk melonggarkan kotoran dari gigi dan menjaga rahang dan gigi mereka kuat dan sehat.

Kebiasaan menggigit ini memang sulit dihilangkan, jadi sebagai gantinya kamu perlu mengarahkan mengenai benda apa saja yang bisa mereka gigit. Sebab mengunyah furnitur juga bisa berbahaya bagi anjing. Kebiasaan ini bisa merusak giginya akibat kayu yang keras atau sudut yang tajam, menelan cat furnitur, menelan bagian furnitur yang lepas, atau pelapis sehingga bisa merusak mulutnya. 

Cara Melatih Anjing di Rumah Agar Tidak Menggigit Barang

Ada beberapa trik yang perlu kamu ajarkan untuk mencegah mereka menggigit barang di rumah:

  • Ajarkan Apa yang Bisa Dikunyah

Cara melatih anjing di rumah agar tidak menggigit barang yang pertama adalah berusaha untuk bertanggung jawab atas barang-barang sendiri. Jika kamu tidak ingin barang tersebut digigit anjing, maka simpan yang benar. Jauhkan pakaian, sepatu, buku, sampah, kacamata, dan remote control dari jangkauan anjing. Menempatkan sampah di lemari atau menghalangi area dengan barang-barang yang menarik perhatian mereka adalah cara termudah untuk mencegah anjing menggigit barang yang tidak seharusnya.

Berikan mainan anjing yang dapat dibedakan dengan jelas dari barang-barang rumah tangga. Jangan memberikan sepatu atau kaus kaki sebagai mainan, sebab mereka jadi tidak bisa membedakan antara sepatu mainan mereka dan yang milikmu. 

  • Awasi Anjing

Cara melatih anjing di rumah agar mereka tidak asal menggigit barang adalah dengan mengawasi mereka secara konsisten. Ini dilakukan agar mereka mengunyah barang-barang yang memang sudah seharusnya, seperti mainan. Selain itu, kamu juga bisa menutup ruangan yang tidak seharusnya mereka singgahi. 

  • Beri Anjing Latihan

Jika anjing bosan, mereka akan menemukan sesuatu untuk dilakukan untuk menghibur diri mereka sendiri. Di sisi lain, anjing yang sehat juga perlu melakukan banyak aktivitas fisik dan mental. Jumlah latihan harus didasarkan pada usia, kesehatan, dan karakteristik mereka. 

Jalan-jalan harian dan waktu di luar ruangan sangat penting untuk kesehatan mereka, membiarkan anjing mengendus akan lebih melatih, daripada mengajak mereka berjalan terlalu jauh. Untuk anjing yang senang ditemani anjing lain, penitipan anak anjing yang dikelola dengan baik bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk anak anjing berenergi tinggi.

  • Berikan Mainan 

Kamu juga bisa menaruh makanan mereka di mainan puzzle atau lainnya. Jadi, ini bisa memberikan mereka mainan yang lebih banyak untuk bisa mereka gigit. Jika kamu melihat anjing mengunyah sesuatu yang tidak seharusnya, tukarkan dengan mainan yang sesuai. Jika barang yang mereka pilih sangat menyenangkan, sehingga mereka tidak mau menukarkannya, maka berikan camilan jika mereka mau menukarnya.

Saat anjing memahami ide ini, kamu dapat menambahkan perintah “memberi” sebagai isyarat mereka untuk melepaskan objek sebagai ganti camilan. Jangan memaksa mengeluarkan barang-barang dari mulut anjing, sebab ini bisa mengembangkan perilaku nakal padahal kamu sedang membutuhkan barang tersebut. 

Jika anak anjing sedang tumbuh gigi, cobalah membekukan mainan karet. Karet dingin akan menenangkan gusi mereka. Seperti biasa, awasi anak anjing agar mereka tidak mengunyah dan menelan potongan apa pun.

Lapisi Barang dengan Hal yang Tidak Menyenangkan Anjing 

Buat barang-barang tidak menyenangkan bagi anjing. Seperti melapisi perabotan dan barang-barang lainnya dengan rasa atau bau yang tidak anjing sukai. Namun, tetap awasi anjing saat pertama kali mencoba salah satu dari pencegah ini. Beberapa anjing akan mengunyah suatu benda bahkan jika itu dilapisi dengan bahan lain. Perlu diketahui juga bahwa kamu arus menerapkan kembali beberapa pencegah ini untuk mempertahankan keefektifannya.

Namun, jika beberapa cara melatih anjing di rumah agar tidak menggigit barang tidak berhasil, kamu juga bisa tanya pada dokter hewan di Halodoc. Dokter hewan di Halodoc mungkin memiliki tips dan saran yang bisa kamu ikuti. Praktis bukan? Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:
The Humane Society of the United States. Diakses pada 2021. Chewing: How to Stop Your Dog’s Gnawing Problem.
The People’s Dispensary for Sick Animals. Diakses pada 2021. How to Train My Dog Not to Chew Things.
Wag Walking. Diakses pada 2021. How to Train Your Dog to Not Chew on Furniture.