• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengobati Asam Urat yang Aman dan Mudah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengobati Asam Urat yang Aman dan Mudah

Ini Cara Mengobati Asam Urat yang Aman dan Mudah

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Mei 2022

“Penyakit asam urat yang kambuh dapat menimbulkan nyeri tajam di persendian. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankannya, mulai dari minum obat, istirahatkan sendi, kompres dan lain-lain.”

Ini Cara Mengobati Asam Urat yang Aman dan Mudah

Halodoc, Jakarta – Mengobati asam urat dapat sulit ataupun mudah tergantung pada kondisi keparahannya. Penyakit asam urat sendiri adalah radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Tubuh manusia membuat asam urat selama pemecahan bahan kimia yang disebut purin yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu. Normalnya, produk sampingan ini melewati ginjal dan keluar dari tubuh saat buang air kecil.

Ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal tidak dapat menyaringnya dengan baik maka kadar asam urat akan naik. Pada akhirnya, asam urat menumpuk di persendian dan mengeras seperti kristal. Nah, kristal yang keras dan tajam ini lah yang menimbulkan gejala persendian. 

Cara Mudah dan Aman Mengobati Asam Urat

Ketika penyakit asam urat kambuh, ada beberapa cara mudah dan aman yang bisa kamu lakukan untuk meringankan gejalanya. Berikut cara mudah dan aman dalam mengobati asam urat:

1. Konsumsi Obat untuk Mengobati Asam Urat

Pertama, kamu bisa mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid obat untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Ada pun jenis obat-obatan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti allopurinol, febuxostat, pegloticase dan probenesid. Namun, pastikan kamu tanyakan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat apa pun untuk memastikan keamanannya.

2. Kompres Dingin untuk Mengobati Asam Urat

Apabila nyeri sendi tidak terlalu parah, kamu bisa mencoba kompres dingin di bagian sendi untuk mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit. Bungkus es dengan handuk tipis dan tempelkan ke sendi yang nyeri selama 20 menit. Hindari mengoleskan es ke tangan atau kaki jika kamu memiliki masalah saraf akibat diabetes atau penyebab lainnya.

3. Istirahatkan Sendi untuk Mengobati Asam Urat

Sebaiknya istirahatkan sendi untuk mengobati asam urat sampai rasa sakitnya mereda. Saat nyeri, kamu pasti enggan untuk sering menggerakannya. Jika memungkinkan, angkat sendi di atas bantal atau benda lunak lainnya.

4. Perbanyak Air Putih untuk

Ketika tubuh tidak memiliki kadar air yang cukup, kadar asam urat otomatis meningkat lebih tinggi. Oleh sebab itu, hidrasi tubuh dengan baik untuk mengobati asam urat supaya peredaran darah tetap normal dan tubuh mampu mengeluarkan kadar asam urat berlebih secara efektif.

5. Bijak Memilih Makanan dan Minuman

Makanan yang tinggi zat purin, seperti seafood, jeroan dan makanan berlemak, dapat meningkatkan asam urat dalam darah lebih banyak lagi. Begitu juga minuman yang tinggi gula dan alkohol. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan dan minuman ini terlebih dahulu saat asam urat kambuh.

Jika nyeri tak kunjung mereda, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa membuat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Gout.
WebMD. Diakses pada 2022. How to Treat Gout Attacks at Home.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 10 Steps to Ease a Gout Attack.