23 March 2018

Ini Cara Merawat Anak dengan Sindrom Down

Ini Cara Merawat Anak dengan Sindrom Down

Halodoc, Jakarta – Anak dengan sindrom down memerlukan dukungan dan perhatian khusus agar ia mendapatkan kehidupan yang sehat, aktif, dan mandiri. Karena meski tidak bisa disembuhkan, anak dengan sindrom down tetap bisa tumbuh bahagia dan produktif jika mendapatkan perawatan dan pengembangan keterampilan sosial yang tepat.

Jika Si Kecil mengidap sindrom down, ibu enggak perlu berkecil hati. Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk merawat Si Kecil agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Apa saja cara merawat sindrom down? Simak penjelasannya di sini, yuk!

1. Cari Informasi tentang Sindrom Down

Cara terbaik yang bisa ibu lakukan untuk merawat Si Kecil adalah mencari tahu informasi yang akurat dan tepercaya tentang sindrom down. Ini dilakukan agar ibu terhindar dari isu-isu miring yang membuat ibu tidak percaya diri dan bersedih. Karena menurut Stephanie Meredith, penulis buku Understanding a Down Syndrome Diagnosis, masyarakat yang mau mempelajari fakta tentang sindrom down dan yakin dengan kemampuan anak mereka yang mengidap sindrom down cenderung berhasil meningkatkan angka harapan hidup anak mereka hingga dua kali lipat.

2. Berikan Terapi

Perawatan khusus diperlukan oleh Si Kecil, seperti:

  • Terapi Fisik, dilakukan untuk membangun keterampilan motorik, meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki postur, dan memperbaiki keseimbangan Si Kecil .
  • Terapi Bicara, dilakukan untuk membantu Si Kecil berkomunikasi, memahami kata, serta memahami bahasa.
  • Terapi Kerja, dilakukan untuk membantu Si Kecil menemukan cara untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.
  • Terapi Okupasi, dilakukan untuk membantu Si Kecil mengembangkan koordinasi dan kekuatan dengan maupun tanpa menggunakan alat bantuan. Melalui terapi ini, anak akan dilatih kemampuan motorik dan sensoriknya.
  • Terapi Remedial, dilakukan jika Si Kecil mengalami gangguan pada kemampuan akademis.
  • Terapi Sensori Integrasi, dilakukan jika Si Kecil mengalami gangguan integrasi sensori, misalkan pengendalian sikap tubuh. Ini diberikan untuk mengajarkan Si Kecil tentang cara melakukan aktivitas yang terarah.
  • Terapi Tingkah Laku, dilakukan untuk mengajarkan Si Kecil tentang aturan dalam bertingkah laku. Terapi ini dilakukan agar Si Kecil bisa bertingkah laku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  • Terapi Craniosacral, dilakukan untuk membantu Si Kecil memperbaiki sistem metabolisme tubuh sehingga daya tahan tubuhnya lebih optimal.
  • Terapi Alternatif, terapi ini bisa diberikan kepada Si Kecil adalah terapi musik, lumba-lumba, dan akupuntur.

 

 

3. Ikut Komunitas

Salah satu cara untuk mendapatkan dukungan saat mengasuh Si Kecil adalah ikut tergabung dalam komunitas orang tua dengan anak sindrom down. Ibu bisa mencari tahu komunitas tersebut melalui orang lain atau internet. Karena selain bisa mendapatkan informasi tentang sindrom down, melalui komunitas yang ibu ikuti, ibu bisa mendapatkan dukungan dan tempat berbagi cerita tentang perkembangan Si Kecil dan anak-anak lain yang mengidap sindrom down.

4. Fokus pada Kelebihan Anak

Agar Si Kecil bisa tumbuh aktif dan mandiri sesuai kemampuannya, ibu perlu berfokus pada kelebihannya. Cari tahu apa saja minat dan bakat Si Kecil yang bisa ibu kembangkan dan dampingi Si Kecil dengan penuh kasih sayang. Jika ibu ragu tentang bagaimana cara mengembangkannya, ibu bisa bicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu tidak perlu khawatir, karena ibu bisa bicara dengan dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, dan Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.