Ini Cara Tepat Mencukur Alis Sesuai Bentuk Wajah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
cara mencukur alis, tips mencukur alis

Halodoc, Jakarta – Bagi wanita, kecantikan dan penampilan merupakan hal utama yang perlu mendapatkan perhatian lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Tidak hanya bibir atau bulu mata, alis pun menjadi unsur yang juga berpengaruh pada kecantikan wajah. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari menggunakan pensil alis untuk menebali, mencukur untuk merapikan, hingga melakukan sulam alis.

Namun, sebenarnya kamu tidak perlu sampai ke salon untuk membuat alis tampak sempurna. Cara mencukur alis berikut ini juga bisa kamu coba sendiri di rumah:

Pertama, Pilih Bentuk Alis yang Kamu Inginkan

Walaupun bisa dilakukan sendiri di rumah, mencukur alis itu tidak bisa kamu anggap sepele. Pasalnya, salah mencukur justru akan membuat alis kamu makin tidak keruan. Oleh karena itu, sebelum kamu memulainya, kamu harus menentukan bentuk alis yang kamu inginkan terlebih dahulu.

Beberapa bentuk alis yang bisa menjadi rekomendasi kamu yaitu alis dengan lengkungan tinggi, datar atau rata dengan lengkungan rendah, atau lengkungan yang sedikit membulat. Selain bentuk wajah, hal berikutnya yang perlu kamu cermati adalah bentuk wajah kamu. Penampilan kamu akan semakin sempurna jika bentuk alis kamu sesuai dengan bentuk wajah.

Baca juga: 6 Kepribadian Wanita Berdasarkan Bentuk Alis

Membersihkan Muka dengan Air Hangat

Setelah mengetahui bentuk yang kamu inginkan, sekarang kamu bisa memulai mencukur alis kamu. Pastikan kamu sudah membasuh atau mencuci muka dengan air hangat, karena air hangat membantu membuka pori-pori di kulit wajah. Nantinya, rambut alis akan lebih mudah dicabut dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Beberapa orang cenderung lebih memilih untuk mengompres area di sekitar alis dengan air dingin atau bahkan es batu untuk mengurangi rasa sakit. Padahal, tidak demikian. Menggunakan air dingin justru akan membuat rambut alis semakin sulit tercabut, sehingga kamu akan merasakan sakit saat mencabutnya.

Membentuk dan Merapikan Alis

Cara mencukur alis berikutnya adalah membentuk dan merapikan alis. Sebelum membentuk alis, terlebih dahulu sikatlah alis kamu ke arah atas. Lalu, carilah bagian rambut alis yang paling tinggi. Gambarlah bentuk alis yang kamu inginkan menggunakan pensil alis.

Mencabut Alis Secara Perlahan-Lahan

Setelah merapikan dan menggambar bentuknya, sekarang ambillah pinset dan mulai cabut rambut alis yang berada di luar garis bentuk yang sudah kamu gambar sebelumnya. Dalam menggunakan pinset, pilih pinset yang tidak licin dan cabut rambut searah dengan tumbuhnya alis kamu. Jangan mencabut rambut alis beberapa helai sekaligus dalam satu kali tarikan, karena hanya menimbulkan rasa sakit dan alis jadi tidak rapi.

Perlu kamu perhatikan bahwa tidak boleh memotong atau mencukur alis hingga habis atau botak atau mencukur pada pagi atau siang hari. Beberapa saat setelah kamu mencukur alis, kulit akan berubah kemerahan dan tak jarang membengkak, sehingga kedua hal tadi harus kamu hindari.

Baca juga: Wanita Perlu Tahu Mitos Tentang Alis

Merias Alis

Sekarang, kamu sudah selesai mencukur alis kamu. Sebagai tahapan terakhir, saatnya kamu merias alis agar semakin sempurna. Kamu bisa menggunakan pensil alis untuk menebali dan sisir alis untuk merapikannya. Sebaiknya, hindari merias alis menggunakan pensil alis yang warnanya tidak sama dengan alis kamu, karena justru akan membuat penampilan kamu terlihat sedikit aneh.

 

Itu tadi cara mencukur alis dengan mudah dan tepat yang bisa kamu coba. Apabila selesai mencukur kamu mendapati muncul keanehan pada alis kamu, segera tanyakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Gunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan kamu bertanya langsung pada dokter tanpa perlu mengantre. Aplikasi Halodoc sudah tersedia di Google Play Store dan App Store dan bisa kamu download langsung di ponsel kamu.