11 June 2018

Ini Caranya Beri Tahu Berita Kehamilan ke Keluarga Besar

Ini Caranya Beri Tahu Berita Kehamilan ke Keluarga Besar

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah berita bahagia yang rasanya ingin segera dibagikan pada pasangan dan keluarga besar. Memberitahu berita ini pada keluarga besar adalah hal yang sangat penting. Sebab keluarga adalah orang terdekat yang harus tahu mengenai kondisi tersebut.

Mengabarkan soal kehamilan pada keluarga besar juga bertujuan untuk mengantisipasi hal buruk yang menimpu calon ibu dan janin. Dengan menyampaikan berita ini, keluarga dan pasangan tentu akan selalu membantu dan memberi kemudahan pada calon ibu. Nyatanya hal itu sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, serta kelancaran kehamilan hingga tiba waktunya melahirkan.

Banyak wanita yang seringnya memutuskan untuk mengabarkan soal kehamilan setelah melewati trimester pertama. Padahal, sejak masa awal kehamilan pun sudah dibutuhkan “perlakuan khusus” untuk menurunkan risiko terjadinya keguguran.  

Pada dasarnya, mengabarkan soal kehamilan kepada keluarga besar adalah hal yang susah-susah gampang. Namun agar lebih berkesan dan manis, kamu bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara unik berikut untuk memberitahu berita kehamilan! Bagaimana caranya?

(Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil)

Memberi Tahu Kehamilan pada Suami

Tentu saja suami akan menjadi orang pertama yang harus mendengar berita bahagia ini. Kalau kamu ingin memberitahunya dengan cara yang tidak biasa, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Misalnya dengan membeli satu atau dua perlengkapan bayi seperti baju dan sepatu, lalu hadiahkan pada Si Dia.

Kamu bisa membungkus barang mungil tersebut dengan cantik, lalu sematkan sebuah kertas bertuliskan “untuk papa”. Tidak butuh waktu lama, pasangan pasti akan segera menyadari dan mungkin akan terkejut serta bahagia mengetahuinya.

Cara tak biasa lainnya yang bisa dicoba adalah dengan memodifikasi menu sarapan di meja makan. Jika biasanya kamu menyiapkan sarapan dengan secangkir kopi, kali ini biarkan gelas tersebut kosong. Sebagai gantinya, letakkan kertas atau buat tulisan di dasar cangkir misalnya “selamat, kamu akan segera menjadi ayah”.

Berita kehamilan juga bisa kamu sampaikan sambil bersantai dengan Si Dia. Misalnya saat malam hari sebelum tidur. Setelah kamu dan dia menyiapkan diri untuk terlelap, bisikkan padanya kata-kata yang manis. Misalnya: aku rasa kamu akan bisa menjadi seorang ayah yang baik. Mungkin tujuh bulan lagi.

(Baca juga: Terapkan Langkah Diet Ini Agar Bisa Cepat Hamil)

Menyampaikan Berita Kehamilan pada Keluarga Besar

Setelah memberi tahu suami, selanjutnya berita kehamilan juga segera sampai pada keluarga besar. Salah satu caranya adalah dengan mengundang keluarga terdekat untuk makan malam bersama. Tapi kamu bisa membuatnya menjadi berbeda, misalnya siapkan makanan-makanan dengan porsi yang kecil.

Saat mereka bertanya-tanya, sampaikanlah bahwa porsi makan ini nantinya yang akan kamu siapkan saat Si Kecil sudah hadir di tengah keluarga. Atau kamu juga bisa dengan sengaja menyiapkan satu kursi kosong di tengah meja makan. Letakkan peralatan makan bayi, atau peralatan makan yang kecil di atas meja depan kursi kosong tersebut.

(Baca juga: 6 Perubahan Fisik Saat Hamil yang Bikin Wanita jadi Tidak Pede)

Setelah mengetahui kehamilan, wanita perlu untuk selalu menjaga kesehatan diri dan janin. Kalau butuh saran ahli seputar menjaga kehamilan di awal, pakai aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc segera di App Store dan Google Play!