• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Ashwagandha, Obat Tradisional dari India
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Ashwagandha, Obat Tradisional dari India

Ini Manfaat Ashwagandha, Obat Tradisional dari India

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Agustus 2022

“Ashwagandha adalah tanaman herbal yang berasal dari India. Obat tradisional ini memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesuburan pria.”

Ini Manfaat Ashwagandha, Obat Tradisional dari IndiaIni Manfaat Ashwagandha, Obat Tradisional dari India

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai tanaman herbal yang dipercaya bisa membantu kamu menjaga kesehatan tubuh secara optimal, salah satunya adalah ashwagandha. Tanaman ini memang jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia karena berasal dari India, tetapi ia cukup terkenal di beberapa negara Asia Tenggara.

Ashwagandha yang dikenal juga sebagai ginseng india memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui berbagai manfaat ashwagandha yang dijadikan sebagai obat tradisional di negara asalnya berikut ini! 

Inilah Manfaat Ashwagandha bagi Kesehatan

Di negara asalnya, India, ashwagandha telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Masyarakat percaya akan manfaatnya yang banyak memberikan khasiat bagi kesehatan.

Dalam bahasa Sanskerta, ashwagandha memiliki arti “smell of the horse”. Ini mengacu pada aroma ramuan yang dibuat dari tanaman ini dan manfaatnya yang sangat optimal untuk meningkatkan energi.

Namun, ashwagandha juga dikenal dengan Withania somnifera sebagai nama botaninya. Agar lebih mengenal tanaman ini, tidak ada salahnya ketahui berbagai manfaat yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi ramuan ashwagandha berikut ini:

1. Menurunkan Tingkat Stres dan Rasa Cemas

Tanaman ini dipercaya bisa membantu kamu menurunkan tingkat stres dan rasa cemas yang dirasakan. Ashwagandha juga dikategorikan sebagai adaptogen, yaitu zat yang membantu tubuh ketika mengalami stres.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen dengan kandungan ashwagandha di dalamnya mampu menurunkan tingkat stres. Penelitian dilakukan melalui 58 peserta yang mengonsumsi 250 atau 600 miligram ekstrak ashwagandha selama delapan minggu. Hasilnya, secara signifikan suplemen ashwagandha mampu menurunkan tingkat stres dibandingkan mereka yang diberikan efek plasebo.

2. Meningkatkan Testosterone dan Kesuburan Pria

Bagi para pria yang sedang merencanakan memiliki keturunan bersama dengan pasangan, sepertinya bisa menggunakan suplemen dengan kandungan ashwagandha untuk meningkatkan kesuburan. Pada beberapa penelitian, pria yang mengonsumsi suplemen ashwagandha memiliki kesuburan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen ini.

Ashwagandha ternyata memengaruhi kualitas sperma dan kemampuan sperma untuk bergerak menuju sel telur secara optimal. Tentunya, kondisi ini juga perlu diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ashwagandha memiliki banyak manfaat bagi pengidap diabetes. Dengan mengonsumsi ashwagandha, kamu bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah dengan lebih baik. 

Beberapa bukti terbatas menunjukkan bahwa ashwagandha dapat mengurangi kadar gula darah melalui efek sekresi insulin dan kemampuan sel untuk menyerap glukosa dari aliran darah.

4. Menurunkan Peradangan

Ashwagandha memiliki kandungan yang bisa mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Meskipun begitu, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ashwagandha bagi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Mengonsumsi suplemen ashwagandha membuat kemampuan otak semakin meningkat. Hal ini terjadi karena ashwagandha memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Dengan meningkatnya kesehatan otak, hal ini berkaitan dengan kemampuan otak untuk mengingat memori hingga membuat keputusan. 

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada berbagai hal yang bisa kamu rasakan ketika memiliki tidur yang berkualitas, salah satunya adalah kondisi kesehatan fisik dan mental yang terjaga dengan baik. Tidak ada salahnya mencoba ashwagandha ketika kamu mengalami gangguan tidur karena suplemen ini dinilai mampu meningkatkan kualitas tidur. 

Itulah manfaat ashwagandha yang perlu kamu ketahui. Jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan ketika mengalami berbagai keluhan kesehatan. Kamu bisa buat janji pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 9 Proven Health Benefits of Ashwagandha.
Web MD. Diakses pada 2022. Ashwagandha – Uses, Side Effects, and More.