• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Januari 2022

Manfaat madu hitam untuk kesehatan sangat sayang untuk dilewatkan. Hanya dengan rutin mengonsumsinya, ada beragam manfaat yang bisa didapat. Secara umum, madu kaya akan antioksidan, sehingga bisa menjaga kesehatan tubuh, menyehatkan jantung, hingga mempercepat penyembuhan luka.

Ini Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Manfaat madu hitam untuk kesehatan tubuh sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti diketahui, madu merupakan jenis makanan yang cukup direkomendasikan, karena mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, faktanya madu bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Madu hitam sendiri merupakan salah satu jenis dari madu yang dihasilkan oleh hewan lebah. Mengapa warna madu bisa berbeda-beda, mulai dari yang terang sampai gelap alias madu hitam? Hal itu tergantung pada jenis lebah yang menghasilkannya serta makanan yang dikonsumsi oleh lebah. Ternyata, semakin gelap warna madu, berarti semakin tinggi kandungan antioksidan di dalamnya. 

Beragam Manfaat Madu Hitam 

Antioksidan adalah salah satu kandungan nutrisi yang bisa ditemukan secara alami pada madu. Ada banyak manfaat kesehatan dari antioksidan, salah satunya untuk menangkal paparan radikal bebas. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa manfaat madu hitam salah satunya adalah menangkal radikal bebas. Selain itu, ada beberapa manfaat madu lainnya yang sayang dilewatkan, antara lain: 

  1. Obat Batuk Alami 

Madu alami disebut bisa membantu mengatasi batuk. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun merekomendasikan penggunaan madu sebagai obat batuk alami. 

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka 

Mengoleskan madu katanya bisa membantu mempercepat penyembuhan luka di permukaan kulit. Selain itu, bahan alami ini juga disebut bisa membantu menurunkan risiko infeksi, sebab memiliki sifat antibakteri. Madu hitam juga disebut bisa membantu meredakan gatal dan mengatasi masalah kulit lainnya, seperti herpes dan psoriasis. 

  1. Jantung Lebih Sehat 

Kandungan antioksidan dalam madu nyatanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Termasuk kesehatan organ jantung. Maka dari itu, rutin mengonsumsi madu disebut bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga terhindar dari risiko penyakit berbahaya. 

  1. Pengganti Gula 

Meski memiliki kandungan gula dan kalori, madu alami tetap lebih baik dibandingkan gula tambahan pada makanan atau minuman. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan madu sebagai pengganti gula. Madu sendiri pada dasarnya memiliki rasa yang manis, sehingga cocok untuk dicampurkan pada makanan atau minuman kesukaan. 

Itulah beragam manfaat madu hitam atau madu secara umum bagi kesehatan tubuh. Sangat sayang untuk dilewatkan bukan? Selain mengonsumsi madu, menjaga kesehatan juga harus dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, dan berolahraga. 

Jika mengalami sakit dan harus segera pergi ke rumah sakit, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc. Atur lokasi dan temukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Is Honey Good for You, or Bad?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Benefits of Honey + How to Incorporate It Into Your Diet.
Secrets of the Bees. Diakses pada 2022. Why Dark Honey Is Better for Your Health.