• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Phyllanthus Niruri untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Phyllanthus Niruri untuk Kesehatan

Ini Manfaat Phyllanthus Niruri untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Agustus 2022

“Sebagai obat tradisional, phyllanthus niruri diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya adalah batu ginjal.”

Ini Manfaat Phyllanthus Niruri untuk KesehatanIni Manfaat Phyllanthus Niruri untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Phyllanthus niruri atau dikenal juga dengan sebutan chanca piedra atau meniran hijau adalah tanaman asli daerah pesisir tropis. Seluruh tanaman digunakan untuk memproduksi suplemen herbal yang diolah menjadi teh, kapsul, ekstrak cair, dan tablet.

Tanaman ini dipercaya memiliki manfaat kesehatan dalam mengobati bisul, batu saluran kemih, dan berbagai kondisi yang berhubungan dengan ginjal, hati, dan sistem pencernaan

Namun, karena kurangnya penelitian tentang keamanan dan efektivitasnya untuk penggunaan manusia, tanaman ini tidak disetujui penggunaannya di banyak negara, termasuk di Amerika Serikat.

Manfaat dan Kegunaan Phyllanthus niruri

Penggunaan suplemen herbal apapun termasuk Phyllanthus niruri sebaiknya dikonsultasikan pada dokter atau ahli diet terdaftar. Tidak ada suplemen yang dimaksudkan untuk mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit.

Phyllanthus niruri memang telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Ekstrak tanaman ini dipercaya bermanfaat untuk:

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Penggunaan Phyllanthus niruri yang paling populer adalah untuk mengobati batu ginjal. Sebuah studi klinis pada 2018 di International Brazilian Journal of Urology dilakukan terhadap 56 orang dengan batu ginjal. Para peneliti menemukan bahwa tanaman obat ini bermanfaat untuk menghilangkan batu ginjal kecil (<10mm). 

Batu ginjal lebih rentan terbentuk ketika kadar oksalat atau asam urat menjadi terlalu tinggi. Sementara Phyllanthus niruri menurunkan oksalat urine dan asam urat (produk limbah yang keluar dari tubuh melalui urine). 

Tanaman ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai tahap pembentukan batu ginjal. Tanaman ini juga diyakini bekerja dengan cara merelaksasi ureter, yang kemudian membantu mengeluarkan batu dan pecahannya setelah lithotripsy, pengobatan yang memecah batu ginjal menggunakan gelombang kejut. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi efek ini.

  1. Bantu Atasi Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit hati yang serius. Pengobatan untuk penyakit ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Namun, banyak pengobatan tradisional yang mengklaim bisa meningkatkan peluang kesembuhan penyakit ini, termasuk Phyllanthus niruri.

Tanaman ini memang telah lama dipercaya dapat membantu mengobati gangguan hati, termasuk hepatitis B.

Dalam tinjauan pada 2016 di Journal of Pharmacy and Pharmacology, sekitar 50 hingga 60 persen pasien hepatitis B yang memakai tanaman ini menunjukkan penurunan antigen hepatitis B atau tanda infeksi. 

Penulis penelitian menduga bahwa tanaman ini mungkin efektif melawan hepatitis B dengan memperlambat replikasi (pertumbuhan) virus hepatitis B. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mendukung klaim ini.

  1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Tanaman ini diketahui memiliki aktivitas antimikroba atau kemampuan untuk membunuh atau mencegah infeksi mikroba. Ini membuatnya dapat mendukung kesehatan pencernaan, dengan melindungi dari bakteri Helicobacter pylori (H.pylori). Bakteri ini dapat memicu berbagai gangguan pencernaan, seperti maag hingga kanker perut.

Tanaman ini juga diklaim dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan sakit perut.

  1. Kegunaan Lainnya

Selain berbagai manfaat phyllanthus niruri yang dijelaskan tadi, kegunaan tradisional lainnya dari tanaman ini adalah mengobati:

  • Diabetes.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Batu empedu.
  • Anemia.
  • Hepatitis.
  • Asma.
  • Tuberkulosis.
  • Infeksi (termasuk infeksi menular seksual).
  • Retensi cairan.

Itulah pembahasan mengenai klaim manfaat dari Phyllanthus niruri. Meski dikenal bermanfaat, ingatlah bahwa tanaman ini tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama terhadap penyakit apapun. Sebab, banyak klaim manfaat yang masih butuh penelitian lebih lanjut. 

Jadi, kalau kamu mengalami masalah kesehatan, tetap periksakan diri ke dokter, ya. Agar mudah, kamu bisa download Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja, mengenai keluhan kesehatan kamu.

Referensi:
International Brazilian Journal of Urology. Diakses pada 2022. Effect of Phyllanthus Niruri On Metabolic Parameters Of Patients With Kidney Stone: a Perspective For Disease Prevention.
Journal of Pharmacy and Pharmacology. Diakses pada 2022. The Pharmacological Potential Of Phyllanthus Niruri.
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Chanca Piedra?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Phyllanthus Niruri: Everything You Need To Know.