• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Menabung

Ini Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Menabung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Anak-anak belajar banyak tentang cara mengelola keuangan dari orangtuanya. Jadi, secara tidak langsung orangtua adalah inspirasi anak untuk memulai menabung dan menangani uang dengan memperhatikan orangtua mereka. 

Mengajarkan anak untuk menabung dapat mendorong anak-anak untuk menghemat uang dan merencanakan masa depan. Dengan anak terbiasa menyisihkan, maka dapat menempa dirinya untuk lebih sabar dan disiplin dengan uangnya. Informasi selengkapnya mengenai pentingnya mengajarkan anak untuk menabung bisa dibaca di sini!

Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Menabung

Mengajarkan anak menabung adalah aspek terpenting untuk membangun fondasi diri menjadi mandiri. Menabung adalah suatu kebiasaan yang membutuhkan waktu lama untuk akhirnya menjadi pola rutin. Kapan saat yang tepat mengajarkan anak untuk menabung? Jawabannya adalah sedini mungkin. Bagaimana cara mengajarkan anak untuk menabung, berikut ini tipsnya!

Baca juga: Ini 4 Cara Melatih Anak Agar Rajin Menabung

1. Diskusikan Keinginan Vs Kebutuhan

Langkah pertama dalam mengajar anak-anak untuk menabung adalah dengan menginformasikan pentingnya menabung. Cobalah memberikan pemahaman kepada anak mengenai perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. 

Jelaskan bahwa kebutuhan mencakup hal-hal dasar, seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, dan keinginan adalah kebutuhan tambahan. 

2. Memberi Reward kepada Anak

Jika orangtua ingin mengajarkan anak menabung, bisa dengan cara memberikan reward setiap kali anak berhasil melakukan sesuatu. Ini sekaligus menjadi langkah anak belajar menghasilkan uang dan cara menggunakannya.

3. Tetapkan Tujuan Menabung

Membantu anak-anak menentukan tujuan tabungan dapat menjadi cara yang baik untuk membuat mereka termotivasi. Jika mereka tahu untuk apa mereka ingin menabung, mereka akan semakin gigih mengelola keuangannya. Bantu anak mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut berdasarkan tingkat tabungannya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Tantrum Terjadi pada Anak?

4. Celengan Lucu

Orangtua bisa mengajak anak untuk sama-sama memilih celengan, semakin lucu bisa jadi meningkatkan antusias anak menabung. Untuk anak remaja, orangtua mungkin bisa merekomendasikan tempat menyimpan uang seperti bank. 

5. Menjadi Contoh untuk Anak

Seperti sudah disinggung sebelumnya, anak-anak belajar menabung dari contoh yang diberikan orangtua. Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana orangtua membelanjakan uang untuk kebutuhan rumah tangga, termasuk memilah barang mana yang dibutuhkan serta melakukan pembelian masuk akal yang mengutamakan logika bukan emosional.

6. Membuka Percakapan dan Diskusi Tentang Uang 

Hal terpenting yang bisa dilakukan orangtua mengajarkan anak untuk menabung adalah dengan membuka percakapan dan diskusi seluas mungkin. Ini bisa dimulai dengan hal-hal kecil, seperti mengajak anak berbelanja dan menjelaskan kebutuhan apa saja yang perlu dibeli. Kenapa orangtua memiliki produk A ketimbang B. Kenapa keluarga tidak selalu makan di restoran mahal. 

Butuh informasi lebih detail mengenai cara mengajarkan anak untuk menabung bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc. Psikolog yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Diskusikan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan serta beri tahu anak-anak bahwa orangtua selalu terbuka untuk berbicara tentang uang dan cara-cara baru untuk menabung. Tanyakan kepada mereka tentang kenapa mereka ingin menabung serta seperti apa rencana masa depannya. 

Mengajukan pertanyaan dapat membuat anak berpikir jangka panjang dan memiliki hubungan positif dengan uang. Memberitahu mereka bahwa orangtua selalu terbuka untuk melakukan pembicaraan tentang uang dapat mendorongnya untuk mengajukan pertanyaan sendiri dan terus belajar

Mengajari anak-anak cara menghemat uang mungkin tampak seperti tugas yang sulit. Namun, cara ini adalah salah satu upaya untuk memberikan pemahaman pada anak tentang uang yang berguna untuk masa depannya kelak.

Referensi:
Investopedia. Diakses pada 2020. 10 Tips to Teach Your Child to Save Money.
Windgate Wealth Management. Diakses pada 2020. Six Ways To Teach Your Kids About Saving Money.