Ini Resep Kolak yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Resep Kolak yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Kolak identik dengan menu buka puasa. Kudapan ini bisa kamu temukan dengan mudah. Tidak heran, rasa manisnya mampu mengembalikan kadar gula dan energi yang hilang pada tubuh ketika berpuasa. Namun, untuk pengidap diabetes, menu buka puasa satu ini jelas menjadi ancaman.

Sebenarnya, boleh saja pengidap diabetes mengonsumsi kolak. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah porsinya. Pengidap diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan manis terlalu banyak, begitu pula dengan kolak. Lalu, pilih juga isinya, apakah ubi, labu kuning, pisang, atau kolang-kaling. Jangan sampai semuanya dimakan, karena akan memicu dampak negatif pada tubuh.

Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Pisang, labu kuning, dan kolang-kaling dinilai baik untuk pengidap diabetes. Labu kuning atau summer squash mengandung vitamin C, vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan nutrisi ini adalah komponen diet sehat bagi pengidap diabetes untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Baca juga: Berbuka Puasa dengan Kolak Pisang, Ada Manfaatnya?

Sementara itu buah pisang menjadi yang direkomendasikan. Buah ini kaya karbohidrat, kandungan nutrisi yang harus dihindari pengidap diabetes. Bagaimana bisa pisang diolah menjadi kolak untuk pengidap diabetes? Bisa, asal kamu bisa memilih buah pisang dengan tepat.

Pisang yang berwarna kuning atau telah matang mengandung pati yang kurang tahan dibandingkan dengan pisang hijau. Kandungan gulanya lebih banyak dan lebih mudah diserap daripada pati. Artinya, pisang yang sudah matang membuat gula darah naik lebih cepat dibandingkan pisang hijau atau mentah. Semakin besar pisang, semakin banyak karbohidrat yang masuk ke tubuh.

Baca juga: Pengidap Diabetes, Hindari 4 Makanan Ini Saat Puasa

Lalu, kolang-kaling. Beberapa orang percaya bahwa kolang-kaling lebih sehat karena memiliki tingkatan indeks glikemik yang lebih rendah. Pasalnya, mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah tidak meningkatkan kadar gula darah seperti halnya mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik yang tinggi. Alasan ini termasuk gula atau karbohidrat yang terkandung membutuhkan waktu lama untuk dicerna, dan kandungan serat yang membantu melambatkan penyerapan gula.

Resep Kolak Labu Kuning, Kolak untuk Pengidap Diabetes

Nah, jika kamu ingin membuat kolak untuk pengidap diabetes, labu kuning mungkin bisa kamu pertimbangkan. Ini resep kolak labu kuning yang bisa kamu coba:

  • Bahan:

  • 100 gram kolang-kaling sebagai pelengkap.

 

  • Bahan Kuah Gula:

  • 800 ml santan.

  • 2 lembar daun pandan.

  • garam secukupnya.

  • gula secukupnya.

 

  • Cara Membuat:

  • Masak santan bersama dengan air, aduk supaya santan tidak pecah.

  • Masukkan daun pandan, labu, dan kolang-kaling. Terus aduk hingga labu empuk.

  • Tambahkan gula dan garam secukupnya. Disarankan untuk menggunakan gula yang khusus untuk pengidap diabetes.

  • Aduk hingga semuanya tercampur. Kolak labu kuning dan kolang-kaling siap disajikan.

Baca juga: Panduan Puasa untuk Pengidap Diabetes

Namun, supaya kamu lebih yakin, coba tanyakan dulu pada dokter, berapa banyak kolak yang boleh dikonsumsi pengidap diabetes. Tentu saja, tindakan pencegahan penting, supaya diabetes tidak semakin memburuk. Coba download aplikasi Halodoc, karena bertanya pada dokter lebih mudah melalui aplikasi Halodoc.