• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Asam Urat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Asam Urat

Ini Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Asam Urat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Mei 2022

“Pengidap asam urat perlu hati-hati dalam memilih makanan. Beberapa sayuran seperti bayam, asparagus, hingga kembang kol mengandung tinggi purin yang sebaiknya dihindari.”

Ini Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Asam urat merupakan penyakit radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat tinggi dalam darah. Kondisi ini menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah kimia yang disebut purin. 

Purin terjadi secara alami di tubuh, tapi juga dapat ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat ini seharsunya dikeluarkan dari tubuh melalui urien. Sayangnya, bagi pengidap asam urat, zat tersebut menumpuk terlalu banyak. Oleh karena itu, ada beberapa makanan seperti sayuran yang menjadi pantangan pengidap asam urat.

Berikut ini beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan pengidap asam urat:

1. Bayam

Sayuran pertama yang menjadi pantangan pengidap asam urat adalah bayam. Sayuran berdaun hijau ini mengandung tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Namun sayangnya, bagi pengidap asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang menjadi pantangan. Hal ini karena kandungan purinnya yang tinggi. Dalam 100 gram sayur bayam, terkandung sekitar 57 gram purin. 

2. Asparagus

Sayur berikutnya adalah asparagus, ia mengandung tinggi folat dan kalium. Asparagus juga termasuk sayuran yang menjadi pantangan makanan pengidap asam urat. Hal ini karena kandungan purin yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram asparagus, terkandung sekitar 23 gram purin.

3. Brokoli

Brokoli sebenarnya salah satu sayuran hijau yang rendah purin, sehingga masih aman dikonsumsi pengidap asam urat. Hanya saja, pengidap tetap harus memperhatikan jumlahnya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bukan tidak mungkin ia akan menyebabkan gejala asam urat. 

4. Kembang Kol

Dalam daftar sayuran yang mengandung purin tinggi, kembang kol termasuk menjadi sayuran pantangan pengidap asam urat. Jumlah purin yang terkandung dalam sayur ini juga tinggi, yaitu 51 gram per 100 gram kembang kol.

Itulah beberapa sayuran yang mengandung tinggi purin yang harus dihindari pengidap asam urat. Pengidap asam urat bisa mengonsumsi jenis sayuran lainnya yang aman dikonsumsi. Tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc mengenai sayuran yang dapat dikonsumsi pengidap asam urat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Gout diet: What’s allowed, what’s not.
WebMD. Diakses pada 2022. Foods to Avoid if You Want to Avoid Gout Attacks.
Healthline. Diakses pada 2022. Foods to Avoid if You Have Gout.