Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Mengidap Tumor Tulang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ini-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-mengidap-tumor-tulang-halodoc

Halodoc, Jakarta – Masalah kesehatan tulang tidak hanya seputar osteoporosis saja, tetapi ada juga yang lebih serius yaitu tumor tulang. Penyakit ini tidak hanya bisa menimbulkan rasa nyeri, tetaapi juga bisa merusak tulang. Yuk, ketahui apa yang terjadi pada tubuh saat mengidap tumor tulang di sini.

Tumor tulang terjadi ketika sel-sel dalam tulang membelah tanpa terkendali dan membentuk massa jaringan. Sebagian besar tumor tulang bersifat jinak, artinya mereka non-kanker dan tidak menyebar ke area lain dalam tubuh. Namun, tumor tulang jinak mungkin masih bisa melemahkan tulang dan menyebabkan tulang patah atau masalah lainnya.

Ada juga jenis tumor tulang yang bersifat ganas dan merupakan kanker. Tumor ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan merusak jaringan tulang yang normal.

Baca juga: Jangan Keliru, Inilah Mitos Mengenai Tumor Tulang

Tumor Jinak

Tumor jinak adalah jenis tumor yang lebih sering terjadi daripada tumor yang bersifat kanker. Berikut ini beberapa jenis tumor tulang jinak yang sering terjadi:

  • Osteochondroma, adalah tumor tulang jinak yang paling umum. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang di bawah usia 20 tahun. 

  • Tumor sel raksasa, adalah tumor jinak yang biasanya muncul di kaki. Tipe ganas dari tumor ini jarang terjadi.

  • Osteoid osteoma, adalah tumor tulang jinak yang sering ditemukan pada tulang panjang. Jenis tumor ini biasanya terjadi pada usia awal 20-an.

  • Osteoblastoma, adalah tumor jinak yang langka yang tumbuh di tulang belakang dan tulang panjang. Kebanyakan tumor jinak ini dialami oleh orang dewasa muda.

  • Enchondroma, biasanya muncul di tulang tangan dan kaki. Jenis tumor ini seringkali tidak menimbulkan gejala. Enchondroma adalah jenis tumor tangan yang paling umum.

Tumor Ganas

Tumor ganas bisa dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. 

  • Kanker tulang primer atau sarkoma tulang adalah tumor kanker yang dimulai di tulang. Penyebabnya tidak pasti, tetapi faktor genetik diduga berperan. Pernah menjalani terapi radiasi atau mengonsumsi obat kanker dapat meningkatkan risiko seseorang terkena jenis kanker ini. Sama seperti kanker pada umumnya, kanker tulang primer yang menyebar ke tempat lain di tubuh disebut juga kanker metastasis. Beberapa jenis kanker tulang primer yang paling umum adalah osteosarcoma, ewing’s sarcoma, chondrosarcoma,

  • Kanker tulang sekunder adalah kanker tulang yang berasal dari kanker di tempat lain di tubuh kamu. Misalnya, kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang, itu dinamakan kanker tulang sekunder. Kanker yang biasanya bisa menyebar ke tulang, antara lain kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

Baca juga: Perlu Diperhatikan, Inilah 5 Penyebab Tumor Tulang

Saat terkena tumor tulang, mungkin kamu tidak akan merasakan gejala apa-apa, karena tumor tulang seringkali tidak menimbulkan gejala, baik yang bersifat jinak maupun ganas. Tumor tulang biasanya tidak sengaja terdeteksi ketika kamu melakukan X-ray untuk masalah lain, seperti keseleo. Namun, bila muncul gejala tumor tulang biasanya berupa rasa sakit yang:

  • Terasa di area tumor.

  • Dapat memburuk bila melakukan aktivitas.

  • Mengganggu waktu tidur di malam hari.

Tulang yang terkena tumor juga menjadi lebih mudah patah. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah.

Gejala lainnya yang mungkin muncul akibat tumor tulang, antara lain:

  • Demam.

  • Berkeringat di malam hari.

  • Bengkak di sekitar tulang.

Baca juga: Kapan Operasi Diperlukan untuk Mengobati Tumor Tulang?

Itulah yang akan terjadi pada tubuh bila mengidap tumor tulang. Bila kamu mengalami gejala-gejala yang dicurigai sebagai gejala tumor tulang, segera periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019.  Bone Cancer & Tumors: Symptoms, Treatment and Types.