09 August 2018

Inilah 2 Dampak Mandi Setelah Olahraga

mandi setelah berolahraga

Halodoc, Jakarta – Setelah berolahraga, kebanyakan orang biasanya ingin cepat-cepat mandi karena merasa tubuhnya bau dan lengket. Tapi tahukah kamu, langsung mandi setelah berolahraga justru dapat menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan, lho.

Setelah melakukan latihan yang intens selama beberapa waktu, jantung akan berdetak lebih cepat dan memompa darah yang kaya oksigen lebih banyak dari biasanya ke otot-otot yang aktif. Olahraga juga membuat suhu tubuh meningkat, sehingga kamu akan mengeluarkan banyak keringat sebagai cara tubuh untuk mengembalikan suhu menjadi normal. Bila kondisi tubuh yang masih panas ini langsung disiram air dingin, berikut dampak buruk yang mungkin akan terjadi:

1. Pembuluh Darah Melebar

Kamu berisiko mengalami serangan jantung dan kematian mendadak bila langsung mandi setelah berolahraga. Hal ini karena air dingin membuat pembuluh darah melebar, sehingga kamu rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang secara tiba-tiba seperti serangan jantung.

Baca juga: 4 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Disadari

2. Fungsi Kelenjar Keringat Terganggu

Saat berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan cairan keringat sampai suhu tubuh kembali normal. Nah, bila kamu mendinginkan kulit secara tiba-tiba dengan mandi, maka fungsi kelenjar keringat akan terganggu dan menyebabkan kinerjanya menjadi menurun. Pengeluaran panas tubuh pun jadi terhambat.

Aturan Mandi Sehabis Olahraga

Bukan berarti kamu tidak boleh mandi setelah berolahraga. Mandi justru penting untuk menjaga kebersihan kulit dari keringat dan bakteri yang muncul akibat berolahraga. Namun, ikuti dulu aturan berikut:

  • Sebaiknya jangan langsung mandi setelah berolahraga, namun berilah jeda sekitar 20-30 menit sampai keringat kamu kering dan suhu tubuh kembali normal.
  • Selagi menunggu waktu, kamu bisa melakukan pendinginan berupa peregangan. Pendinginan penting untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti semula dan mencegah pegal-pegal setelah berolahraga. Baca juga: Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan dalam Olahraga
  • Mandi setelah berolahraga boleh menggunakan baik air hangat maupun air dingin. Dua-duanya bisa memberikan manfaat masing-masing. Menurut Dr. Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California, mandi air hangat dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membuatmu lebih rileks setelah lelah berolahraga.

Namun, mandi air dingin juga bisa memberikan banyak manfaat, antara lain membantu tubuh untuk melindungi organ dalam dengan cara mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit, meredakan rasa panas yang timbul akibat berolahraga, dan mencegah terjadinya radang otot atau radang nyeri yang disebabkan karena berolahraga terlalu intens. Selain itu, mandi air dingin juga bisa membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan serta pembengkakan.

Manfaat Mandi Setelah Berolahraga

Bila dilakukan di waktu yang tepat, mandi setelah latihan justru bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuh kamu lho:

  • Tubuh Menjadi Bersih dan Segar

Saat berolahraga, kamu tentunya akan mengeluarkan banyak keringat yang mengandung bakteri dan kuman. Itulah sebabnya mandi setelah berolahraga sangat penting agar tubuh terbebas dari kuman yang menempel. Selain mencegah bau badan dan jerawat pada kulit, kamu juga akan merasa lebih segar.

  • Meningkatkan Metabolisme

Buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, kamu tentunya ingin membakar kalori sebanyak-banyaknya. Nah, setelah membakar lemak dengan berolahraga, lanjutkan lah dengan mandi air dingin karena tubuh akan kembali membakar sedikit kalori untuk mengembalikan suhu tubuh yang turun akibat disiram air dingin.

  • Memperbaiki Kekebalan Tubuh

Air dingin juga mampu memicu tubuh meningkatkan suplai antioksidan bernama glutathione yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Jadi, mandi setelah berolahraga tidak membahayakan kesehatan asal dilakukan di waktu yang tepat. Kalau kamu mengalami keluhan tertentu setelah berolahraga, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc ya. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.