18 October 2017

Inilah 6 Cara Turunkan Berat yang Mudah Dilakukan

Inilah 6 Cara Turunkan Berat yang Mudah Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu jika untuk menurunkan berat badan, kamu enggak melulu harus mengatur pola makan? Kamu bisa melakukan kegiatan tertentu dan menjadikan ini kebiasaan sehat yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Jika selama ini kamu mesti menjaga pola makan dan menahan diri untuk tidak memilih jenis makanan yang manis-manis. Dengan melakukan kebiasaan baik ini, kamu bisa secara perlahan menurunkan berat badan. Jika rutin dilakukan, kamu bisa mendapat tubuh yang sehat, metabolisme tubuh membaik serta berat badan pun tetap ideal. Yuk, cari tahu kebiasaan baik untuk menurunkan berat badan berikut ini:

1.  Hindari Makan Sambil Bekerja
Mau sesibuk apapun kamu, baik di kantor atau di kampus sebaiknya hindari untuk menikmati makan siang di meja. Jika kamu makan sambil bekerja, tanpa disadari kamu justru lebih banyak mengonsumsi kalori, lho. Ini karena kamu lebih fokus pada pekerjaan dan bukannya menghabiskan makanan. Belum lagi jika setelah makan kamu tetap diam di meja dan bukannya bergerak. Padahal, tubuh perlu membakar kalori yang sudah masuk. Namun kalau kamu memang tak ada waktu makan siang keluar dan terpaksan harus di meja kerja kamu, sebaiknya luangkan waktu setelah makan untuk berdiri dan berjalan-jalan di sekitar kantor agar tubuh bergerak dan pencernaan pun jadi lebih lancar.

2.  Sarapan Rendah Kalori
Jika sedang diet, sebaiknya tidak menghindari sarapan pagi. Alasannya, sarapan pagi mencegah kamu untuk makan berlebihan ketika jam makan siang datang. Tubuh juga butuh energi sebelum mulai beraktivitas sehingga sarapan diperlukan setiap harinya. Agar berat badan tidak melonjak, sebaiknya pilih sarapan rendah kalori dan tinggi serat seperti oatmeal atau roti gandum, ya.

3.  Waktu Makan Malam
Kalau kamu harus makan malam, ingat untuk selalu memberi jeda dua jam antara waktu makan malam dan waktu tidur. Ini dilakukan agar tubuh tidak sibuk mencerna makanan saat kamu sedang istirahat tidur. Sedangkan kalau kamu dalam masa diet, sangat penting untuk menjaga jam makan malam di waktu yang sama setiap hari. Hindari makan dan minuman yang manis jika sudah masuk pukul 18.30 – 19.00 malam. Selain itu, hindari juga karbohidrat tinggi untuk menu makan malam, ya!

4.  Bangun Pagi, Tidur Awal
Kalau kamu berkomitmen untuk menurunkan berat badan, sebaiknya kamu membiasakan untuk bangun satu jam lebih pagi dan tidur lebih awal. Tujuannya agar kamu bisa punya waktu untuk melakukan olahraga ringan sebelum beraktivitas. Kamu bisa memilih jenis olahraga lari, jogging, atau bersepeda yang mudah dilakukan di sekitar rumah.

5.  Renang
Jika kamu melakukan dengan benar, berenang bisa membantu kamu untuk membakar banyak kalori, lho. Dalam satu jam, jika kamu berenang dengan intensitas sedang maka rata-rata kalori yang terbakar adalah 400-500 kalori.  Selain itu, berenang membuat seluruh tubuh kamu bergerak sehingga dapat melatih otot dan membentuk badan secara ideal. Tak hanya itu, berenang juga bisa membuat metabolisme tubuh kamu meningkat.

6.  Traveling
Jika kamu pergi traveling sebenarnya ini adalah cara untuk membakar kalori. Caranya dengan membiasakan banyak berjalan dan mengeksplorasi tempat-tempat menarik. Kamu bisa melakukan aktivitas berjalan kaki keliling kota atau berenang di pantai. Namun ingat, selama traveling ini kamu tentu tak ingin melewatkan wisata kuliner. Ini bisa membuat berat badan kamu naik tak terkendali. Jadi, pilih dengan cermat makanan yang kamu makan saat traveling. Boleh saja wisata kuliner namun imbangi juga dengan aktivitas fisik agar kalori tidak menumpuk di tubuh, ya.

Saat traveling kamu harus menjaga kesehatan setiap waktu. Jika kamu merasa enggak sehat, segera hubungi dokter, ya. Tidak perlu menunggu kembali ke rumah, kamu bisa bicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan saja dimana saja. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan seperti vitamin dan suplemen melalui Halodoc. Pesanan kamu akan siap diantar ke tujuan dalam satu jam, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.