20 August 2018

Inilah 6 Sumber Protein Terbaik untuk Vegetarian

sumber protein, protein bagi vegetarian, vegetarian, sumber protein terbaik untuk vegetarian

Halodoc, Jakarta – Memenuhi kebutuhan nutrisi bagi vegetarian memang dibutuhkan usaha dan juga perhatian lebih. Meskipun sumber protein banyak terdapat pada makanan yang berasal dari hewani, bukan berarti kebutuhan protein para vegetarian tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Protein memiliki banyak peran untuk kesehatan tubuh kamu, seperti membantu melancarkan pencernaan, sirkulasi, dan pembentukan massa otot.

Baca juga: Ingin Sehat, Haruskah Jadi Vegetarian?

Sumber protein untuk vegetarian nyatanya memiliki jumlah dan fungsi yang sama dengan protein yang berasal dari hewani. Berikut adalah sumber protein yang sangat baik untuk vegetarian:

1. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menjadi sumber protein terbaik. Protein pada kedelai berkualitas cukup tinggi dan diperkaya dengan kandungan isoflavin di dalamnya. Selain kebutuhan protein tercukupi, kandungan isoflavin pada kedelai juga mampu mencegah beberapa penyakit seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker rahim. Kamu bisa mengonsumsi kedelai dalam bentuk apapun. Misalnya tahu atau tempe yang berbahan dasar dari kacang kedelai.

2. Telur

Telur juga bisa menjadi pilihan asupan protein bagi vegetarian. Dalam 1 butir telur terdapat 6 gram protein. Tidak hanya itu, protein yang ditemukan dalam putih telur merupakan protein yang berkualitas tinggi. Protein kompleks memiliki kandungan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Biji Chia

Meskipun bentuk biji chia sangat kecil, tapi jangan remehkan manfaatnya. Biji chia merupakan salah satu sumber protein nabati. Tidak hanya sebagai sumber protein nabati, biji chia juga memiliki kandungan lain seperti asam lemak omega 3, serat, dan antioksidan. Biji chia merupakan salah satu makanan yang mengandung protein dan sangat ideal untuk dikonsumsi oleh vegetarian.

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Sayuran hijau ini nyatanya memiliki sekitar 5 gram protein. Tidak hanya sebagai sumber protein, bayam juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu, seperti zat besi, vitamin A, kalsium, dan seng.

5. Kacang Almond

Kacang almond merupakan jenis kacang yang paling banyak memiliki nutrisi. Salah satunya adalah protein. Tidak hanya protein saja, kacang almond juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh kamu, seperti vitamin E, kalsium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga.

Kacang almond sangat baik untuk perkembangan otak, mengontrol kolesterol dan juga berat badan. Jadi tidak hanya vegetarian saja, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan kacang almond merupakan camilan yang tepat untuk kesehatanmu.

6. Kacang Lentil

Kacang lentil adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki nutrisi lengkap untuk kesehatan. Bagi para vegetarian, kacang ini bisa menjadi pengganti daging yang sehat karena memiliki kandungan protein, kalium, serat, fosfor, dan rendah lemak.

Mengonsumsi kacang lentil sebaiknya dikombinasikan dengan beberapa makanan vegetarian yang mengandung vitamin C, seperti tomat atau jeruk. Dengan begitu, penyerapan nutrisi yang ada pada kacang lentil semakin cepat.

Baca juga: Ini Jumlah Protein yang Dibutuhkan untuk Diet

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah diet dan kesehatan tubuh kamu, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat untuk bertanya langsung pada dokter dan mendapatkan jawaban langsung atas pertanyaan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!