03 November 2018

Inilah 7 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Inilah 7 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Halodoc, Jakarta – Diet sehat adalah salah satu cara menurunkan gula darah yang paling baik untuk dilakukan. Sebenarnya tidak ada makanan, minuman, ataupun suplemen yang dapat menurunkan gula darah.

Namun, ada jenis makanan dan minuman yang memiliki indeks glikemik rendah. Itu berarti makanan ini tidak akan meningkatkan gula darahmu sehingga dapat membantu menghindari lonjakan gula darah. Berikut adalah rekomendasi makanan yang tidak akan meningkatkan gula darahmu.

  1. Alpukat

Alpukat dapat menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi faktor dalam meningkatkan risiko diabetes serta penyakit pembuluh darah, seperti penyakit jantung dan stroke. Sebagai hidangan pencuci mulut, alpukat memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan komponen penting dari perencanaan kontrol gula darah yang sehat.

  1. Ikan Tuna

Makanan yang mengandung protein dapat membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya sendiri. Protein tidak memengaruhi kadar gula darah dan tidak meningkatkan indeks  glikemikmu, sehingga tidak ada peningkatan gula darah dalam mengonsumsinya.

Selain itu, protein juga meningkatkan rasa kenyang. Jadi, mengandalkan protein untuk merasa kenyang ketimbang roti, nasi, ataupun pasta bisa menjadi cara yang baik untuk mengelola gula darahmu. Ikan tuna merupakan sumber protein yang bagus. Rendah lemak tidak sehat dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Beberapa jenis ikan yang juga direkomendasikan adalah ikan forel, ikan kembung, dan ikan salmon.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki potensi untuk membantu mengelola gula darah. Penelitian menunjukkan asupan bawang putih dapat menurunkan glukosa darah puasa yang merupakan kadar gula darah sebelum makan.

Bawang putih juga tidak memiliki peringkat indeks glikemik karena tidak memiliki karbohidrat dan tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan merupakan pengganti terbaik untuk membuat rasa gurih ketimbang saus ataupun mentega.

  1. Bayam

Sayuran hijau, misalnya bayam mengandung nutrisi, seperti magnesium dan vitamin A yang dapat membantu menurunkan gula darah. Selain bayam, sayuran lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kale, lobak, kubis, dan selada. Untuk menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke dalam pola makan, kamu bisa membuat olahan smoothie.

  1. Kakao

Kakao adalah biji mirip kacang yang digunakan untuk membuat selai cokelat dan manisan seperti mentega cokelat. Sebelum diolah, kakao memiliki rasa pahit. Biji kakao kaya akan antioksidan dan mengandung flavanols yang disebut epicatechin, yang mengatur produksi glukosa. Kondisi ini sedikit banyak dapat membantu menstabilkan gula darah, bahkan untuk pengidap diabetes.

  1. Buah berry

Buah berry tidak akan menaikkan kadar gula darahmu. Buah ini tinggi serat dan memiliki konsentrasi anthocyanin tertinggi. Anthocyanin dapat menghambat enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pencernaan sehingga mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

  1. Almond

Almond dapat membantu mengatur dan mengurangi kenaikan gula darah setelah makan dan mencegah diabetes. Sebuah  penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi dua ons kacang almond setiap hari memiliki kadar glukosa puasa dan insulin yang lebih rendah.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai makanan yang baik dikonsumsi dan tidak meningkatkan kadar gula darah, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: