30 May 2017

Inilah 7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Inilah 7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Halodoc, JakartaSaat hamil, asupan makanan bergizi tinggi sangat dibutuhkan demi kesehatan ibu dan tentu saja tumbuh kembang sang buah hati. Buah-buahan dengan vitamin dan mineral tinggi menjadi salah satu kudapan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Jika bosan mengonsumsi buah yang ‘itu-itu saja’, cobalah alpukat. Selain rasanya yang enak, alpukat bisa dinikmati dengan berbagai macam cara: dijus, dimakan langsung, atau divariasikan ke dalam menu makan siang. Berbagai kandungan gizi dalam alpukat juga baik untuk ibu hamil. Mau tahu seperti apa manfaatnya? Berikut 7 manfaat alpukat untuk ibu hamil:

1.  Menyehatkan Tulang Bayi
Kekurangan asam folat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur, karena gangguan rahang yang saat sedang mengalami perkembangan, langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung, dikemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk tanggal. Hal ini lah yang membuat ibu hamil membutuhkan alpukat. Manfaat alpukat untuk ibu hamil yakni memberikan kandungan asam folat tinggi. Asam folat yang tinggi ini mampu mendukung pertumbuhan organ tubuh bayi selama dalam kandungan.

2.  Menghindari Cacat Syaraf
Selain menyehatkan tulang bayi, manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya juga dipercaya dapat menghindari bayi dari cacat syaraf selama 9 bulan dalam kandungan. Maka selama hamil, Anda disarankan untuk mengonsumsi alpukat sebanyak setengah cangkir, dimana pada setiap irisannya mengandung 59 mcg asam folat.

3.  Mencegah Komplikasi
Pada masa kehamilan, ada kondisi seorang ibu mengalami kelelahan. Di sini, manfaat alpukat untuk ibu hamil juga mampu mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preklamsia. Preklamsia merupakan tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang membahayakan bayi, bahkan berujung hilangnya nyawa seseorang akibat terkontaminasi oleh racun. Walau kasus ini hanya terjadi pada 5-8% kehamilan, upaya mencegah tetap harus dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi alpukat setiap hari.

4.  Asupan Kalsium
Kebutuhan tubuh akan gizi biasanya naik berlipat ganda saat hamil, termasuk kalsium. Alpukat dengan sejuta kandungan kalsiumnya ini tentu dapat memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sendiri sangatlah penting, yakni sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

5.  Lebih Cepat Menyerap Zat Besi
Selain asam folat dan kalsium, vitamin C diperlukan pula untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh saat mengandung. Hal ini disebabkan ibu hamil sering kali mengalami anemia. Mengonsumsi vitamin C dengan bahan kimia tidak disarankan karena bisa menyebabkan keguguran, sebab vitamin C akan membuat tekanan lebih besar pada progesteron. Maka dari itu, konsumsilah alpukat yang dipercaya mampu menyerap zat besi lebih cepat.

6.  Meningkatkan Produksi Hormon Prolaktin
Apa lagi manfaat alpukat untuk ibu hamil? Ya, memberi asupan vitamin E. Vitamin E dalam alpukat dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila Anda kekurangan hormon tersebut, maka kondisi emosional akan sedikit mengalami gangguan selama hamil. Selain itu, vitamin E juga dipercaya bisa memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi bahkan memelihara kecantikan kulit Anda selama hamil.

7.  Membentuk Sel Darah Merah
Hampir sama dengan fungsi vitamin E, namun vitamin K dalam alpukat berfungsi membentuk sel darah merah dengan maksimal. Selain untuk pembentukan darah, vitamin K juga berperan dalam membetuk tulang bagi janin. Manfaat alpukat untuk ibu hamil ini tentu akan sangat Anda butuhkan. Oleh karenanya, yuk mulai rutin konsumsi alpukat.

Tanya Soal Kesehatan, Tanya Halodoc
Selain gizi makanan, masih banyak hal lagi yang harus diperhatikan saat hamil. Tanyakan apapun yang ingin Anda ketahui seputar kehamilan pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Dimanapun dan kapanpun, nikmati berbagai layanan pada aplikasi Halodoc yang menghubungkan Anda dengan dokter spesialis pilihan secara gratis (chat, voice call, dan video call). Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.