• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Perawatan untuk Membuat Kulit Lebih Cerah dan Sehat

Inilah Perawatan untuk Membuat Kulit Lebih Cerah dan Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Memiliki kulit yang cerah dan tampak sehat merupakan keinginan setiap wanita. Banyak wanita yang berlomba-lomba untuk mewujudkan hal ini. Tidak heran jika banyak wanita yang memilih jalan pintas untuk mendapatkan kulit yang cerah, salah satunya adalah dengan melakukan suntik putih. Jika kamu mau sabar, kamu dapat mendapatkan jenis kulit tersebut dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di sekitarmu.

Rajin merawat kulit dengan bahan alami bukan hanya menjadikan kulit lebih cerah, tetapi juga lebih sehat karena memakai bahan-bahan alami. Namun kamu juga harus sabar, memakai bahan alami dalam memutihkan kulit tidak seinstan dan secepat seperti melakukan suntik putih. Berikut bahan alami untuk mencerahkan kulit!

Baca juga: Uniknya 5 Mitos Kecantikan di Dunia Ini

Apa Saja Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit?

Sebelum memakai cara instan yang dapat membahayakan di kemudian hari, kamu dapat memakai sejumlah bahan alami berikut ini guna mencerahkan dan menyehatkan kulit. Berikut bahan alami untuk mencerahkan kulit:

1.Jeruk Nipis

Bahan alami untuk mencerahkan kulit yang pertama adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C, yang dapat membuat kulit menjadi lebih putih, kencang, dan lebih halus. Jeruk nipis juga bekerja sebagai antioksidan yang dapat menetralisir zat-zat beracun dalam kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolahnya sebagai minuman atau menggunakan irisan jeruk nipis sebagai masker wajah.

2.Air Beras

Air beras mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid, dan fenolic yang dapat meminimalisir racun dalam tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, air beras mengandung oryzanol yang berkhasiat untuk menangkal radiasi dari sinar ultraviolet. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menggunakan air proses pencucian beras untuk mencuci muka atau mandi.

3.Lemon dan Madu

Lemon dan madu kaya akan vitamin C dan antibakteri. Selain dapat mencerahkan kulit, lemon dan madu dapat mencegah kulit dari jerawat dan komedo. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menggunakan air perasan lemon yang telah dicampur dengan madu sebagai masker sebanyak 2–3 kali dalam seminggu.

4.Cuka Apel

Cuka apel mampu meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, bahan alami ini mampu mengatasi minyak berlebih di kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menggunakan sari cuka sebagai masker atau toner dengan mencampur 1 sendok cuka apel dan segelas air.

Baca juga: Kulit Sehat ala Wanita Korea, Ini Perawatannya

5.Kunyit

Kunyit bukan hanya mampu mencerahkan kulit wajah, tetapi juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah, memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat mengolah kunyit menjadi masker dan menggunakannya sebanyak dua kali dalam seminggu.

6.Pisang

Kandungan vitamin C di dalam buah pisang yang membuat buah ini mampu membantu mencerahkan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menghancurkan 1 buah pisang yang ditambah dengan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah sebagai masker, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7.Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang mampu menjaga kadar air pada kulit. Selain itu minyak ini juga mengandung polifenol yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu dan gunakan bahan tersebut sebagai lulur.

8.Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat aloin yang mampu menghambat pembentukan melanin pada wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker saat pagi dan malam hari.

Baca juga: 8 Tips Tetap Cantik Meski di Rumah Aja

Jika saat menggunakan bahan-bahan alami tersebut muncul reaksi alergi pada kulitmu, segera hentikan pemakaiannya, ya! Jika hanya menghentikan pemakaian tidak dapat meredakan reaksi alergi yang muncul, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk melakukan langkah penanganan selanjutnya. Selamat mencoba!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Glowing Skin.
NDTV Food. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Glowing Skin.