04 July 2018

Intip 5 Tips Tetap Sehat saat Begadang Nonton Sepakbola

sepakbola,tips sehat begadang,piala dunia

 

Halodoc, Jakarta – Demam piala dunia 2018 tengah melanda. Di Indonesia, penggemar sepak bola bisa menikmati perhelatan akbar tersebut melalui siaran yang ditayangkan di televisi maupun situs online. Sayangnya, karena perbedaan waktu yang ada, pertandingan-pertandingan tersebut baru bisa disaksikan pada malam hari.

Alhasil, kamu harus begadang untuk menonton dan memberi dukungan pada tim kesayangan yang akan berlaga. Duh, padahal kebiasaan begadang sudah terkenal bisa menjadi pemicu sejumlah masalah kesehatan. Tapi jangan khawatir, dengan menerapkan beberapa tips kamu tetap bisa begadang dan menikmati pertandingan sepak bola, lho!

Baca juga: Begadang Nonton Piala Dunia, Siapkan 4 Hal Ini

Pertandingan sepak bola yang berlangsung selama 2x45 menit, belum lagi jeda alias waktu istirahat, mau tidak mau akan membuat seseorang kekurangan jam tidur. Apalagi jika pada hari tertentu, ada lebih dari satu pertandingan yang ingin disaksikan. Untuk menyiasatinya, perlu tahu 5 tips tetap sehat saat begadang nonton sepak bola. Apa saja?

 

  • Sempatkan untuk Tidur

 

Menonton pertandingan artinya akan terjaga sepanjang malam, hingga dini hari. Agar kebutuhan tidur tetap terpenuhi, sisatilah dengan cara mengatur pola tidur. Misalnya biasakan untuk tidur lebih awal, atau jika memungkinkan sempatkan untuk selalu tidur siang.

Jika pertandingan sepak bola digelar pada pukul 21.00 WIB, kamu bisa memanfaatkan waktu sebelumnya untuk membersihkan diri, dan sejenak beristirahat bahkan tidur. Atau jika ada kesempatan di kantor, ambillah beberapa menit waktu istirahat untuk tidur siang. Jangan lupa untuk memasang alarm biar enggak keterusan tidur, ya!

 

  • Olahraga Ringan

 

Selain cukup tidur, menjaga tubuh tetap bugar juga harus dilakukan dengan olahraga rutin. Olahraga bisa membantu menyeimbangkan kondisi tubuh, sehingga kamu bisa tetap segar dan sehat meski bergadang. Agar tidak loyo, kamu juga bisa membiasakan berolahraga setidaknya di pagi hari. Cobalah untuk menyempatkan jalan santai atau lari pagi sekitar 20 menit sebelum kembali beraktivitas. Kebiasaan ini bisa meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih segar meski sebelumnya begadang.

 

  • Makan Sehat

 

Makan sehat bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat meski sedang kurang tidur. Sebaliknya, agar kamu tetap sehat meski begadang nonton piala dunia, cobalah untuk menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu masalah.

Saat bergadang, sebaiknya hindari mengonsumsi camilan manis. Meski jenis makanan itu bisa memberi energi tubuh, mengonsumsinya saat begadang malah bisa membuat tubuh menjadi lesu. Sebagai gantinya, sediakan selalu makanan sehat seperti yogurt, buah buah, atau sayuran sebagai teman nonton bola.

Baca juga: 7 Camilan Sehat untuk Nobar Piala Dunia Rusia 2018

 

  • Selalu Sedia Air Putih

 

Meski pertandingan sangat seru dan sayang dilewatkan, jangan lupa untuk tetap minum air putih. Sebab asupan cairan merupakan hal yang paling dibutuhkan tubuh. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Kurang minum air putih bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan.

Maka dari itu, pastikan untuk menyediakan setidaknya satu botol air di antara makanan dan minuman yang menemani nonton bola malam ini!

 

  • Hidupkan Lampu

 

Meski menonton televisi dalam keadaan gelap lebih terasa nyaman, sebaiknya hal ini tidak dibiasakan. Sebab kebiasaan menonton televisi tanpa menyalakan lampu malah bisa membuat mata lebih cepat lelah dan merasa tegang.

Baca juga: Hindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia

Agar tetap sehat dan bisa mengikuti terus piala dunia 2018, jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, ya. Kalau ada keluhan kesehatan dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Ayo, segera download di App Store dan Google Play.