• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Istri Tunjukkan Gejala OCD, Suami Lakukan 4 Hal Ini

Istri Tunjukkan Gejala OCD, Suami Lakukan 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat sudah menikah, komitmen untuk sehidup-semati harus benar-benar dijaga. Selain itu, kamu juga harus siap untuk menerima segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pasanganmu. Mungkin saja kamu tidak melihat satu gangguan apapun selama masih pacaran dan ternyata pasanganmu selama ini mengidap gangguan OCD.


Memang saat memiliki pasangan dengan masalah kejiwaan dapat menjadi tantangan tersendiri untuk dijalani. Meski begitu, kamu tidak harus menyerah begitu saja melainkan mencari cara terbaik yang dapat membuatnya lebih baik. Maka dari itu, ketahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat pasanganmu dapat mengatasi gangguan tersebut!


Baca juga: Ini 3 Cara Diagnosis untuk Deteksi Penyakit OCD



Cara untuk Mengatasi Gangguan OCD pada Pasangan


Gangguan obsesif kompulsif, atau obsessive-compulsive disorder (OCD), adalah penyakit mental yang dapat menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan terhadap pikiran atau obsesi terhadap sesuatu. Selain itu, seseorang yang mengidap masalah mental ini mungkin tidak ingin mengalami obsesi ini, tetapi seringnya tidak berdaya untuk menghentikannya.


Memang tidak mudah untuk menghadapi pasangan yang mengidap gangguan OCD tersebut. Terkadang, pasanganmu perlu melakukan beberapa hal sebelum melakukan sesuatu yang memang bukan hal lumrah untuk dilakukan. Hal tersebut dapat membuat kamu menjadi frustasi atau marah. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi pasangan dengan gangguan OCD. Berikut ini beberapa caranya:



1. Bangun Kepercayaannya


Hal pertama yang dapat dilakukan jika pasanganmu mengidap gangguan OCD adalah pastikan kamu mendapatkan kepercayaannya. Hal tersebut karena tidak jarang pengidap gangguan ini menyembunyikan masalah yang dihadapinya karena takut merasa malu atau mendapat penolakan. Maka dari itu, kamu harus meyakinkannya jika gangguan OCD adalah sesuatu yang harus dibicarakan sehingga langkah penangannya dapat ditentukan.


Baca juga: Hal yang Terjadi pada Otak saat Mengalami OCD



2. Pelajari Lebih Dalam Tentang OCD


Kamu juga harus mempelajari lebih jauh tentang apa itu OCD dan beberapa cara yang efektif untuk mengatasinya. Dengan memahami semua yang berhubungan dengan gangguan kejiwaan ini, kamu akan lebih menerima kekurangan yang dialami oleh pasanganmu. Saat memiliki pemahaman lebih, kamu menjadi tahu momen saat dirinya kambuh atau perlu mengonsumsi obat. Konsumsi obat tersebut biasanya berguna untuk mengurangi rasa cemas atau depresi yang dapat membuat gejala sulit dikendalikan.



3. Selalu Terlibat dalam Segala Penanganan


Sebagai pasangan, kamu memiliki peran yang penting untuk membantu dalam menentukan sifat aslinya dan tingkat keparahan gejala yang timbul. Kamu juga dapat membantu untuk memastikan pasanganmu tetap patuh dalam menjalankan pengobatan secara medis dan psikologis. Selain itu, banyak pengobatan yang dilakukan berdua agar kamu dapat memberi dukungan. Hal tersebut juga dapat membangun ikatan yang lebih kuat sehingga kamu benar-benar tangguh untuk menghadapi semua masalah ini.


Baca juga: Pasangan Mengidap Gangguan OCD, Bagaimana Cara Menghadapinya?



4. Biasakan Jujur


Gejala yang ditimbulkan oleh gangguan yang sudah kronis mungkin ditangani dengan efektif, tetapi sulit untuk sembuh. Maka dari itu, jika kamu merasakan kekhawatiran atau merasa lelah dengan masalah yang ada, cobalah untuk berkata yang jujur dan terbuka dengan pasangan. Hal ini dapat penting untuk dilakukan jika kamu mencurigai apabila obsesi pasanganmu berhubungan dengan masalah keintiman seksual.


Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan jika kamu memiliki pasangan dengan gangguan OCD. Dukungan dari orang terdekat, terutama pasangan, sangat berarti untuknya sehingga dapat meningkatkan moral untuk sembuh. Saling melengkapi dapat menjadi kunci hubungan yang lebih baik kedepannya.


Kamu juga dapat bertanya pada psikolog atau psikiater dari Halodoc terkait beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi pasangan dengan gangguan OCD. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan!




Referensi:

Very Well Mind. Diakses pada 2020. Tips for Dating Someone With OCD.
Beyond OCD. Diakses pada 2020. A Spouse’s Pivotal Role.