28 February 2018

Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin menganggap tidak bisa tidur itu adalah kondisi yang tidak terlalu bermasalah selama kamu masih bisa beraktivitas dengan baik di pagi harinya. Nyatanya, insomnia bisa memberi dampak negatif lho untuk kesehatan tubuh kamu. Jadi, jangan dibiarkan saja, segera atasi insomnia kalau kamu enggak mau terserang penyakit ini.

  1. Obesitas

Membiarkan insomnia berlangsung lama bisa membuat kamu terkena obesitas, lho. Ini karena hormon ghrelin yang berfungsi menambah nafsu makan meningkat, sedangkan hormon leptin yang bertugas menekan nafsu makan berkurang saat kebutuhan tidur tidak terpenuhi. Akibatnya, kamu cenderung ingin mengonsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi, yang membuat berat badan melonjak drastis.

  1. Diabetes

Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Chicago, AS, yang meneliti sejumlah orang selama enam hari, mendapati mereka yang tidur kurang dari 6 jam per malam, proses metabolisme gula di dalam tubuhnya menjadi terganggu, akibat adanya resistansi terhadap insulin, yaitu hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Jadi, bisa disimpulkan bahwa orang yang mengalami insomnia berisiko terkena diabetes.

  1. Depresi

Gangguan tidur sangat erat kaitannya dengan depresi. Salah satu gangguan tidur yang memicu depresi adalah insomnia. Kurang tidur bisa meningkatkan hormon kortisol atau yang dikenal juga sebagai hormon stres, sehingga kamu akan cenderung mudah cemas dan khawatir akan sesuatu saat mengalami insomnia.  

  1. Arthritis

Dampak insomnia lainnya adalah memicu timbulnya masalah punggung atau arthritis. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi dari John Hopkins Behavioral Sleep Medicine Program. Direktur program tersebut, Michael Smith, PhD, membangunkan orang dewasa yang sehat selama 20 menit setiap jam selama 8 jam selama 3 hari berturut-turut, hasilnya mereka memiliki ketahanan tubuh yang rendah dan mudah mengalami nyeri punggung.

  1. Kanker

Kamu memang bisa menjaga kesehatan tubuh dengan cara rutin berolahraga. Tapi jika tidak dibarengi dengan tidur yang cukup, maka sistem ketahanan tubuh yang kamu bangun lewat olahraga akan jadi sia-sia. Berdasarkan hasil penelitian Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, orang yang gemar berolahraga tapi hanya tidur selama 7 jam atau kurang dalam sehari berisiko 50 persen lebih tinggi mengidap kanker, daripada mereka yang rutin berolahraga dan memiliki waktu tidur yang baik.

  1. Gangguan Kesuburan

Gangguan tidur diketahui dapat menurunkan jumlah sperma. Kurangnya waktu tidur menyebabkan kinerja hormon testosteron tidak maksimal, sehingga jumlah sperma yang diproduksi jadi berkurang. Dampak insomnia terhadap kesuburan enggak hanya dirasakan oleh pria, tapi wanita juga. Insomnia tidak hanya dapat memicu stres, tapi juga mengganggu siklus menstruasi wanita. Selain itu, hormon leptin yang menurun akibat kurang tidur juga bisa memberi dampak negatif pada ovulasi.  

  1. Penyakit Serius Lainnya

Insomnia yang dibiarkan terlalu lama juga bisa memicu penyakit jantung, gagal jantung, darah tinggi, dan stroke. Jika sudah sampai separah ini, sebaiknya bicarakan saja langsung ke dokter ahli di Halodoc.

Insomnia jangan dipelihara, tapi coba segera atasi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. (Baca juga: 6 Makanan Bantu Atasi Insomnia). Jika perlu, kamu bisa membeli berbagai produk kesehatan dan suplemen untuk bantu atasi insomnia di Halodoc. Enggak perlu repot-repot keluar rumah untuk pergi ke apotek. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.