Jangan Dikekang, Manfaat Membiarkan Anak Main di Luar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jangan Dikekang, Manfaat Membiarkan Anak Main di Luar

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya, bermain dan melakukan hal-hal yang menyenangkan adalah kegiatan yang wajar dilakukan pada masa kanak-kanak. Seperti bermain di taman dengan teman sebaya, belajar bersama, hingga aktivitas menyenangkan lain yang umumnya dilakukan di luar ruangan.

Dengan seiring berkembangnya teknologi, “hal-hal menyenangkan” tersebut tidak lagi harus dilakukan di luar ruangan. Salah satunya bisa dilakukan melalui gadget alias perangkat elektronik. Nyatanya ada berbagai jenis permainan dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil melalui gadget tanpa harus keluar rumah.

Sayangnya, hal itu bisa memberi dampak negatif terhadap Si Kecil. Selain menjadi malas bergerak, jarang melakukan aktivitas di luar ruangan dan hanya diam di depan gadget malah bisa memicu terjadi berbagai masalah, terutama pada masalah kesehatan.

Tak jarang para orangtua juga merasa lebih aman saat mengetahui Si Kecil berada di rumah ketimbang beraktivitas di luar. Padahal, kebiasaan “mengekang” anak di rumah bisa membuatnya mengalami sejumlah kesulitan, lho. Biar enggak salah, perlu tahu nih apa saja manfaat membiarkan anak bermain di luar rumah!

  1. Baik untuk Mata

Banyak beraktivitas di luar ruangan bisa memberi manfaat dan menjaga kesehatan mata Si Kecil. Menghabiskan waktu selama 40 menit dalam satu hari untuk melakukan kegiatan di luar rumah akan membantu anak terhindar dari rabun jauh (miopia).

Selain itu, kebiasaan menghabiskan waktu di depan gadget malah bisa mengganggu fungsi penglihatan dan memicu masalah lain. Jika Si Kecil sulit dipisahkan dari perangkat elektronik, setidaknya orangtua harus mengimbanginya dengan mengajaknya bermain di luar ruangan agar memperkecil risiko penyakit mata.

  1. Tulang yang Kuat

MembiarkanSi Kecil bermain di luar ruangan pun bisa mendukung pertumbuhan tulang anak. Sebab saat bermain di luar ruangan, si kecil akan terpapar sinar matahari langsung yang merupakan sumber alami vitamin D.

Vitamin D merupakan asupan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak. Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat ini adalah pada pagi hari dan sore hari. Artinya, orang tua perlu mengatur jadwal aktivitas si kecil di luar rumah pada jam-jam tersebut.

  1. Lebih Aktif

Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di luar rumah akan mendorong si kecil untuk lebih aktif bergerak. Bahkan tanpa sadar anak mungkin akan melakukan beberapa olahraga seperti berlari, melompat, dan bersepeda. Bukan lagi rahasia bahwa olahraga adalah hal yang dibutuhkan tubuh dan bisa memberi manfaat sehat, terutama pada anak.

  1. Kreatif

Bermain di alam terbuka nyatanya bisa merangsang kreativitas dan imajinasi Si Kecil. Daripada membiarkan Si Kecil menghabiskan waktu di depan televisi, komputer, atau smartphone. Berinteraksi dengan alam akan membuat Si Kecil berpikir lebih luas sehingga kreativitas dan imajinasinya pun akan semakin luas pula.

  1. Lebih Percaya Diri

Bermain di luar rumah akan membuka kesempatan Si Kecil bertemu dengan lebih banyak orang. Ia pun akan melakukan banyak interaksi sosial selama bermain di luar ruangan. Nah, hal ini tentu akan memberi dampak yang baik, salah satunya adalah menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Agar anak tetap aktif, lengkapi kebutuhan tubuhnya dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jangan lupa konsumsi vitamin tambahan untuk menjaga kebugaran tubuh. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!