11 June 2018

Jangan Ditinggal, 5 Benda Wajib yang Dibawa Saat Mudik

Jangan Ditinggal, 5 Benda Wajib yang Dibawa Saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Memasuki seminggu sebelum lebaran, kebanyakan dari kita sudah mulai mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman. Namun, apa sih yang kamu pikirkan saat hendak mudik? Pasti kamu hanya membayangkan macet, udara yang panas, dan membosankan.

Agar suasana mudik semakin menyenangkan dan jauh dari kata melelahkan, kamu perlu mempersiapkan baik-baik benda yang wajib dibawa saat mudik. Nah, berikut adalah benda wajib dibawa saat perjalanan jauh seperti misal mudik yang tidak boleh ketinggalan agar perjalananmu tidak menjadi membosankan:

  1. Bantal Leher

Saat melakukan perjalanan jauh dengan duduk lama, kamu pasti akan merasakan nyeri pada bagian leher karena posisi yang tidak tepat. Untuk megurangi rasa tidak nyaman tersebut, kamu dapat menyiasatinya dengan menggunakan bantal leher.

Bahan leher memang didesain untuk menjaga posisi leher dengan bahan yang empuk. Harganya pun cukup terjangkau. Jadi, kamu tidak hanya dapat menggunakannya saat mudik, tapi kelak saat kamu melakukan travelling.

(Baca juga: 4 Cara Atasi Pegal Saat Mudik)

  1. Hiburan di Genggaman

Saat melakukan perjalanan mudik, kamu tidak bisa melakukan banyak hal, sehingga kamu harus memastikan untuk membawa benda hiburan untuk membunuh waktu perjalanan yang lama. Karena itu, kamu harus membawa benda seperti novel, gadget, earphone, atau konsol genggam agar perjalanan menjadi tidak membosankan.

  1. Perkakas Mobil

Apabila kamu mengendarai mobil sendiri untuk pergi mudik, pastikan agar mobil yang kamu gunakan sudah dicek semua bagiannya dan komponennya lengkap, mulai dari aki, kaca spion, lampu mobil, hingga surat-suratnya. Pastikan juga untuk membawa kotak perkakas mobil yang dapat digunakan apabila mobil sewaktu-waktu mengalami mogok atau kerusakan lainnya.

  1. Jaket atau Sweater

Kondisi cuaca selama perjalanan yang tidak menentu mewajibkan kamu agar menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan selalu fit. Maka dari itu, kamu harus membawa pakaian hangat semisal jaket, sweater, syal, atau beanie.

  1. Tabir Surya

Saat mudik, kamu pasti akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 agar kulitmu selalu terlindungi dari sinar UV. Agar lebih terasa manfaatnya, gunakanlah tabir surya setiap dua jam sekali secukupnya.

  1. Pelembap Bibir

Tidak hanya kulit tubuh yang memerlukan perawatan, bibirmu pun juga harus tetap diberikan pelembap. Perjalanan mudik biasanya dilakukan saat bulan puasa dan pastinya konsumsi air putih pun menjadi sangat terbatas. Untuk menghindari bibir menjadi pecah-pecah, kamu dapat menggunakannya kapan pun saat dirasa perlu, bahkan seusai makan atau minum.

  1. Produk Perawatan Wajah

Jika kamu ingin tetap tampil memesona saat hari raya nanti, kamu tidak boleh sehari pun melewatkan perawatan wajah harian. Kamu dapat membawa perlengkapan tersebut dalam ukuran kecil agar mudah dibawa dan praktis.

  1. Perlengkapan P3K

Ini yang paling penting di antara benda wajib yang harus dibawa saat perjalanan jauh lainnya. Sebab, kamu tidak bisa memprediksi kondisi kesehatan. Jadi, ada baiknya agar kita tetap membawa perlengkapan dan obat-obatan yang kita siapkan dalam kotak P3K. Selain itu, kamu juga harus menjaga pola makan, istirahat yang cukup, serta konsumsi vitamin dan suplemen makanan.

(Baca juga: Obat Yang Perlu Dibawa Saat Liburan)

Nah, tadi adalah benda wajib dibawa saat perjalanan jauh semisal mudik, jadi pastikan sudah ada di tasmu, ya! Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai tips mudik aman selamat serta hal-hal yang perlu dihindari selama perjalanan, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.