22 September 2017

Jangan Minder, Berikut 6 Cara Hilangkan Bau Badan yang Tepat

Jangan Minder, Berikut 6 Cara Hilangkan Bau Badan yang Tepat

Halodoc, Jakarta - Bau badan sendiri memiliki istilah medis yaitu bromhidrosis. Meski bau badan sering muncul saat tubuh berkeringat, sebenarnya bakteri adalah penyebab munculnya bau badan. Bakteri melakukannya dengan cara mengubah keringat menjadi asam. Perlu diketahui keringat berasal dari kelenjar yang ada di kulit. Terdapat dua kelenjar keringat utama dalam kulit, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin sendiri terdapat pada hampir seluruh tubuh dan berada di daerah terbuka. Untuk kelenjar apokrin ada di daerah yang berambut, seperti di selangkangan dan ketiak.

Jika kelenjar ekrin menghasilkan keringat berupa air dan garam, maka kelenjar apokrin mengeluarkan cairan seperti susu. Cairan ini sering keluar melalui kelenjar apokrin ketika kamu mengalami stres. Lalu keringat bercampur dengan bakteri sehingga memunculkan bau badan.

Bagi kamu yang memiliki masalah bau badan, berikut ini ada 6 cara untuk hilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan.

1.  Mandi Teratur
Mandi teratur minimal sekali dalam sehari bisa dijadikan salah satu cara yang paling mudah untuk hilangkan bau badan. Ketika mandi, kamu harus pastikan daerah yang rawan keringat dan rawan menimbulkan bau badan harus dibersihkan dengan bersih.

2.  Mengeringkan Badan dengan Benar
Keringkan badan dengan benar adalah salah satu cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan. Hal ini harus diperhatikan terutama di daerah penghasil keringat, seperti ketiak dan selangkangan. Mengeringkan tubuh dengan benar akan membuat bakteri penyebab bau badan susah berkembang biak.

3.  Memakai Sabun Antibakteri
Untuk hilangkan bau badan, kamu bisa menggunakan sabun dengan kemasan yang mencantumkan keterangan antibakteri. Sabun jenis ini bisa berguna untuk membasmi dan mengendalikan bakteri penyebab bau badan. Jika bakteri bisa dikendalikan, otomatis bisa mengurangi bau badan.

4.  Menggunakan Deodoran atau Antiperspiran
Cara menghilangkan bau badan bisa kamu lakukan dengan memakai deodoran atau antiperspiran. Memang deodoran tidak bisa mencegah keringat keluar, namun wangi dari deodoran mampu menghalangi bau badan yang muncul. Sementara itu, antiperspiran mampu mengurangi keringat yang keluar dari tubuh. Antiperspiran diperlukan bagi mereka yang memproduksi keringat berlebihan.

5.  Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi
Makanan juga ikut mempengaruhi kemunculan bau badan. Mengonsumsi makanan pedas bisa memunculkan keringat yang berlebih. Sementara makanan yang memiliki kandungan lemak, berminyak, dan berbau menyengat seperti bawang putih dan bawang bombai, dapat menyebabkan bau badan.

6.  Memakai Pakaian yang Tepat
Kamu bisa menggunakan pakaian yang tidak membuat gerah tubuh. Pakaian seperti ini bisa mengurangi munculnya keringat berlebih sehingga bisa meminimalkan munculnya bau badan. Memakai kaos kaki juga diperlukan untuk menghindari munculnya bau di bagian tersebut.

Bila cara menghilangkan bau badan di atas masih belum berhasil, kamu bisa meminta saran kepada dokter  untuk meminta rekomendasi pengobatan yang terbaik bagi kamu. Kamu bisa mengandalkan dokter yang ada di aplikasi  kesehatan Halodoc. Di aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih dokter yang ingin kamu ajak bicara dengan metode chat, voice call, atau video call melalui menu Contact Doctor. Kamu juga bisa memesan obat atau vitamin melalui aplikasi Halodoc lewat menu Pharmacy Delivery. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau di Google Play.

BACA JUGA: BEGINI CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DENGAN METODE ALAMI