29 May 2017

Jangan Panik, Ini Cara Atasi Bayi Cegukan

Jangan Panik, Ini Cara Atasi Bayi Cegukan

Halodoc, Jakarta - Bayi yang baru lahir sering kali mengalami hal-hal yang mungkin cukup mengkhawatirkan. Termasuk cegukan salah satunya. Cegukan sebenarnya adalah reaksi diafragma yaitu  otot yang memisahkan rongga dada dan perut, tepatnya di bawah tulang rusuk yang berguna untuk membantu mengendalikan pernapasan. Reaksi tersebut menyebabkan diafragma mengencang secara tiba-tiba dan tanpa disadari, menutup pita suara di kerongkongan, sehingga menghasilkan bunyi khas cegukan di bagian atas tenggorokan.

Mengapa Cegukan Terjadi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Secara medis, cegukan disebut dengan singultus. Pemicu cegukan bayi antara lain mengonsumsi terlalu banyak makanan, masuknya udara saat mengunyah atau saat bayi merasa tegang. Kalau ini terjadi pada sang buah hati, jangan panik. Pada dasarnya, cegukan tidak mengindikasikan bahaya apapun dan lumrah dialami setiap bayi. Walau demikian, cegukan tetap bisa diatasi dengan mudah. Berikut 5 cara mengatasi bayi cegukan yang paling sederhana.

1.  Peluk Bayi
Cara mengatasi bayi cegukan yang paling sederhana adalah dengan memeluknya. Memeluk bayi dipecaya mampu memberi ketenangan saat tubuhnya harus mengalami cegukan yang sedikit mengganggu. Tunda sejenak waktu menyusui hingga ia merasa lebih rileks dan tenang. Setelah itu, lanjutkan proses menyusui dengan posisi yang berbeda dari sebelumnya.

2.  Ubah Posisi Menyusui
Saat menyusui sering kali udara juga ikut masuk ke mulut bayi, hal inilah yang menyebabkan terjadinya cegukan. Cara mengatasi bayi cegukan, salah satunya dengan mengubah posisi menyusui. Setelah memperbaiki posisi menyusui, diharapkan bayi tidak lagi kemasukan udara bersamaan dengan ASI. Jika cegukan masih terjadi, hentikan sementara proses menyusi, karena kemungkinan besar bayi akan tersedak karenanya.

3.  Pastikan Posisi Menyusui Sudah Benar
Ada baiknya, cek juga posisi menyusui Anda. Apakah sudah benar atau belum? Posisi menyusui yang tepat adalah puting beserta areola masuk ke mulut bayi, diikuti perut bayi berhadapan langsung dengan perut Anda.

4.  Menepuk Punggung Bayi
Cara mengatasi bayi cegukan juga bisa Anda lakukan dengan menepuk punggung bayi. Gendong bayi dengan posisi seperti berdiri, letakkan kepalanya di pundak Anda, lalu tepuk tepuk punggung bayi secara lembut hingga ia bersendawa. Cara ini jika terus dibiasakan, cukup ampuh menghentikan cegukan dengan cepat.

5.  Hati-Hati Memberi Makan
Bayi Anda sudah mulai makan makanan pendamping ASI? Untuk menghindari cegukan, sebaiknya berikan ia makanan sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Dengan cara mengatasi bayi cegukan ini, bayi tidak akan terburu-buru saat harus menelannya. Jika cegukan yang disertai muntah terjadi, segeralah bawa ke dokter, karena biasanya hal ini menandakan bayi sedang mengalami masalah pada perut.


Pada dasarnya, semua bayi yang mengalami cegukan dapat hilang dengan sendirinya. Hal ini disebabkan oleh keseimbangan pada sistem tubuh yang semakin meningkat. Namun untuk meminimalisir rasa kurang nyaman ketika cegukan dialami, Anda bisa mengikuti cara mengatasi bayi cegukan di atas.

Ada hal lain seputar kesehatan buah hati yang ingin Anda tanyakan? Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga. Rasakan mudahnya berdiskusi dengan dokter spesialis anak melalui chat, video call, dan voice call secara cuma-cuma!