22 March 2019

Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Kanker Tiroid

Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Kanker Tiroid

Halodoc, Jakarta – Ketika muncul benjolan di leher,  mungkin kamu mengira itu adalah tumor. Jangan panik dulu! Benjolan di leher tidak selalu menandakan tumor penyebab kanker tiroid. Mungkin saja itu pembengkakan kelenjar tiroid atau dikenal sebagai penyakit gondok.

Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Kelenjar ini berfungsi memproduksi hormon tiroid, mengatur suhu tubuh, tekanan darah, denyut jantung, dan berat badan. Lantas, apa perbedaan antara gondok dengan kanker tiroid? Ini penjelasannya.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Gondongan

Mengenal Penyakit Gondok dan Kanker Tiroid

Gejala kanker tiroid sangat mirip dengan gondok. Namun, ada beberapa hal yang membedakannya. Berikut perbedaan antara penyakit gondok dengan kanker tiroid yang perlu diketahui.

1. Penyakit Gondok

Penyakit gondok dapat muncul akibat penyakit grave (hipertiroid) atau penyakit hashimoto (hipotiroid). Tetapi, kekurangan yodium menjadi penyebab paling umum penyakit gondok. Yodium berperan penting dalam membantu kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon. Saat asupan yodium dalam tubuh tidak terpenuhi, kelenjar tiroid bekerja ekstra untuk memproduksi hormon tiroid. Hal inilah yang menyebabkan kelenjar tumbuh lebih besar (gondok).

Gejala utama gondok adalah pembengkakan di leher. Ukurannya bisa sangat kecil atau sangat besar. Gejala penyakit gondok antara lain kesulitan menelan, sesak napas, batuk, suara menjadi serak, dan terasa pusing saat mengangkat lengan.

2. Kanker Tiroid

Kanker tiroid akibat perubahan DNA dalam sel tiroid. Sel-sel ini tak terkendali sehingga menimbulkan benjolan. Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kanker tiroid. Namun, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker tiroid, antara lain tiroiditis, riwayat keluarga yang memiliki kanker tiroid, radioterapi, obesitas, familial adenomatous polyposis (FAP), dan akromegali.

Baca Juga: Bawang Putih Bisa Menyembuhkan Penyakit Gondok, Benarkah?

Perbedaan Spesifik Penyakit Gondok dengan Kanker Tiroid

Pada kanker tiroid, rasa nyeri terasa lebih hebat, bahkan hanya dengan menelan air liur. Sedangkan pada gondok, nyeri hanya terasa saat menelan makanan. Perbedaan lainnya adalah letak benjolan. Pada penyakit kanker tiroid, umumnya benjolan ditemukan di bagian depan tenggorokan, lebih tepatnya di bawah jakun. Sedangkan gondok dapat muncul di bagian leher mana saja. Benjolan kanker tiroid berukuran lebih kecil, tapi terasa sakit saat disentuh. Pada penyakit gondok, benjolannya berukuran lebih besar dan tidak begitu sakit saat disentuh maupun ditekan.

Baca Juga: Perlu Waspada, Wanita Lebih Rentan Terkena Kanker Tiroid

Itulah perbedaan gondok dan kanker tiroid yang perlu diketahui. Jika kamu memiliki gejala seperti di atas, sebaiknya segera berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!