Jangan Sepelekan Bau Mulut, Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
penyakit akibat bau mulut

Halodoc, Jakarta - Untuk masalah bau mulut, kebanyakan orang menggunakan permen karet berbahan mint dan produk pembersih mulut guna menghilangkan bau mulut. Namun, pemakaian bahan-bahan tersebut hanya membuat bau mulut hilang sementara. Cara yang benar untuk menghilangkan bau mulut adalah mengetahui penyebab dan mengatasinya. Jangan sepelekan hal yang satu ini, ya! Karena bisa jadi bau mulut yang kamu alami merupakan pertanda kalau kamu tengah mengidap suatu penyakit.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Atasi Masalah Bau Mulut

Beberapa Penyebab yang Dapat Menimbulkan Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini, seperti:

  • Kebersihan gigi yang tidak terjaga. Bau mulut dapat disebabkan oleh sisa makanan yang terjebak dalam gigi dan gusi, sehingga menghasilkan gas yang berbau.

  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menimbulkan bau mulut, seperti bawang putih, kopi, ikan, telur, dan makanan pedas. Kelompok makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan bau mulut karena mereka sifatnya yang melepas zat sulfur.

  • Menjalani diet rendah karbohidrat. Dalam diet ini tubuh akan berada dalam kondisi ketosis, yaitu kondisi liver memproduksi keton sebagai energi untuk seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh akan mengeluarkan keringat, urin dan gas yang berbau dari mulut.

  • Kebiasaan merokok. Kebiasaan ini akan membuat asap rokok menempel pada baju dan membuat mulut kering. Hilangnya air liur yang dikombinasikan dengan aroma tembakau menciptakan bau mulut.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

Bau Mulut Bisa jadi Tanda Penyakit Ini

Kesehatan gigi yang tidak baik merupakan penyebab utama dari bau mulut. Namun perlu diketahui, bau mulut juga bisa jadi pertanda kalau kamu tengah mengidap beberapa kondisi medis ini:

  • Penyakit Radang Gusi

Penyakit ini terjadi karena adanya plak gigi yang terbentuk dari air liur setelah kamu menyikat gigi. Lapisan ini membuat bakteri dalam mulut menempel. Nah, jika kebersihan gigi kamu tidak terjaga, plak ini yang akan mengeras dan menjadi karang gigi yang dapat memicu terjadinya radang gusi.

  • Asam Lambung Kronis

Bagi pengidap asam lambung kronis, menjaga mulut agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting. Karena naiknya asam lambung ke esofagus dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut.

  • Alergi

Alergi yang kamu alami akan membuat tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan mata berair. Selain itu, kamu akan mengalami bau mulut karena lendir yang menjadi tempat kuman untuk bersarang. Bagi kamu yang memiliki alergi, rajin bersihkan lendir dalam hidung, ya! Agar lendir hilang dan mulut tetap bersih dan terhindar dari alergi dan bau mulut.

Baca juga: Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut

  • Diabetes

Pengidap diabetes mengalami produksi insulin yang tidak memadai. Alhasil, liver akan memproduksi keton sebagai energi untuk seluruh tubuh. Nah, peningkatan keton yang terjadi ini akan dikeluarkan lewat urine dan paru-paru. Hal ini yang dapat menyebabkan bau mulut.

  • Gagal Ginjal

Perubahan metabolisme pada pengidap gagal ginjal menyebabkan mulut kering, kurangnya air liur, dan menurunnya indra pengecap. Hal-hal tersebut membuat air liur yang digunakan untuk membersihkan mulut gagal diproduksi. Kondisi mulut kering akan memicu terjadinya bau mulut.

Untuk itu, menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting guna mencegah terjadinya bau mulut. Selain itu, rajin menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak. Segera hubungi dokter jika bau mulut yang kamu alami enggak kunjung hilang. Kamu bisa membuat janji dengan dokter gigi di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Untuk itu,  download aplikasinya segera!