30 May 2018

Jenis Diet Vegetarian

Jenis Diet Vegetarian

Halodoc, Jakarta — Program diet vegetarian kalau kamu rencanakan dengan baik bisa menjadi cara sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu, lho! Diet vegetarian ini terdiri dari berbagai macam. Semua jenis diet vegetarian ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh, makanya diet ini sangat populer. Selain itu, diet ini juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan juga kanker.

Kalau kamu ingin menjalani diet vegetarian ini, sebaiknya hindari ketergantungan pada makanan yang sudah diproses. Sebab, makanan yang diproses ini biasanya mengandung kalori, gula, lemak, dan sodium yang tinggi. Selain itu, makanan yang sudah diproses ini kadang tidak mengandung buah-buahan, sayuran, gandum, dan kalsium yang cukup, jadi tidak bisa memberikanmu banyak nutrisi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membuat program diet vegetarian dengan bahan-bahan alami.

Saat mendengar istilah diet vegetarian, apa yang terlintas di pikiranmu? Biasanya, orang mengira diet vegetarian hanya berisi sayuran. Padahal, diet vegetarian ini beragam dan beberapa memperbolehkan kamu mengonsumsi daging, kok. Berikut jenis diet vegetarian dan makanan yang termasuk di dalamnya.

1. Lacto-vegetarian

Diet ini tidak mengandung daging merah, ikan, unggas, dan telur. Produk dairy atau yang mengandung susu hewan seperti susu, keju, yoghurt, dan mentega dapat dikonsumsi di program diet ini.

2. Ovo-vegetarian

Jenis makanan yang tidak termasuk di program diet ini adalah daging merah, unggas, seafood, serta produk dairy. Namun, program ini memperbolehkan konsumsi telur.

3. Lacto-ovo vegetarian

Program ini tidak mengandung daging merah, ikan, dan unggas. Namun, program diet ini memperbolehkan konsumsi produk dairy dan telur.

4. Pescatarian

Daging merah, unggas, serta produk mengandung susu dan telur tidak termasuk dalam program diet ini. Program ini lebih fokus pada ikan. Kalau kamu ingin tahu cara mendapatkan gizi dari makanan yang tidak ada dalam program ini, kamu bisa tanyakan pada dokter. Tanya jawab ini bisa kamu lakukan di aplikasi Halodoc. Selain fitur ini, kamu juga bisa pesan antar vitamin dan cek lab melalui aplikasi Halodoc.

5. Pollotarian

Diet ini tidak memanfaatkan daging merah, produk dairy, dan ikan di daftar menunya. Namun, memperbolehkan konsumsi daging unggas.

6. Vegan

Program diet ini melarang konsumsi daging merah dan unggas, ikan, telur dan produk dairy.

Tanyakan langsung ke dokter kalau ingin tahu lebih banyak soal diet vegetarian yang cocok untukmu. Fitur-fitur menarik Halodoc bisa kamu manfaatkan begitu kamu download aplikasinya. Aplikasi Halodoc bisa kamu temukan di Google Play atau App Store.