08 September 2017

Jenis & Manfaat Olahraga, yang Wajib Ibu Hamil Ketahui

Jenis dan Manfaat Olahraga, yang Wajib Ibu Hamil Ketahui

Halodoc, Jakarta - Walaupun sedang hamil, kamu masih boleh dan bisa berolahraga lho! Rutin melakukan olahraga ringan saat hamil justru sangat baik untuk mendukung kesehatan kandungan dan juga bisa meningkatkan stamina ibu hamil dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu saja, dengan teratur berolahraga akan sangat membantu ibu menghadapi perubahan di dalam tubuh hingga lebih relax dalam menjalani masa kelahiran. Efek positif berolahraga saat hamil tidak hanya dirasakan oleh sang ibu, tetapi bayi dalam kandungan juga merasakan efeknya.
 

  • Setiap kali ibu berolahraga, janin akan mendapatkan aliran oksigen yang lebih banyak ke dalam darahnya. Hal ini dapat memacu proses metabolisme tubuh sehingga akan merasa lebih senang dan nyaman yaitu dengan mengurangi rasa sakit pada masa kehamilan seperti sakit di punggung.
  • Lepasnya hormon endorphin yang dapat membuat rileks tidak hanya dapat dirasakan oleh sang Ibu. Bayi dalam kandungan pun akan merasa lebih tenang.
  • Saat ibu berolahraga ringan seperti jalan sore di sekitaran rumah akan memberikan efek menenangkan bagi janin kamu.
  • Olahraga dapat membantu perkembangan janin karena meningkatnya aliran darah dalam tubuh sang ibu.


Banyak manfaat yang ibu hamil dapatkan selama kehamilan dengan melakukan olahraga. Dengan olahraga ibu hamil bisa membantu memperbaiki mood, lebih nyaman ketika tidur, mengurangi pegal-pegal dan sakit pinggang. Selain itu dengan berolahraga, diharapkan ibu hamil lebih siap ketika menghadapi persalinan, karena memiliki daya tahan dan otot-otot yang sudah terlatih. Dengan olahraga yang rutin selama kehamilan juga akan lebih memudahkan ibu untuk mengembalikan kondisi tubuh pasca melahirkan. Manfaat olahraga ibu hamil adalah untuk memperbaiki kinerja jantung, mengatur berat badan, menjaga kebugaran tubuh, menyiapkan otot-otot untuk persalinan tanpa menyebabkan stres atau gangguan terhadap janin dalam kandungan.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga ibu hamil yang bisa dilakukan, namun tidak semua ibu hamil bisa melakukannya, tergantung dari kondisi ibu hamil itu sendiri, oleh karena itu sebelum melakukan olahraga sangat penting untuk didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Jalan Kaki
Merupakan jenis olahraga ibu hamil terbaik yang bisa dilakukan selama kehamilannya. Jalan kaki sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap fit. Melakukan jalan kaki tentunya semua orang bisa melakukannya, tidak memerlukan peralatan, bisa dilakukan di mana saja dan bisa dilakukan hingga akhir masa hamil. Ibu hamil bisa melakukan olah raga jalan kaki selama 30 menit per hari. Tidak melakukan jalan kaki saat malam hari. Hindari pula jalan kaki dengan jalur yang menanjak.

Senam Hamil
Sebaiknya ibu hamil melakukan senam hamil dipandu oleh ahli atau mengikuti kelas-kelas senam hamil yang saat ini banyak berdiri. Selain mendapatkan panduan, ibu dapat berinteraksi dengan ibu hamil lainnya sehingga makin memperbanyak pengetahuan dan berbagi pengalaman. Dengan melakukan senam hamil, dapat menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil beserta janinnya. Selain itu senam hamil dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga akan mempermudah proses persalinan.

Yoga
Kelebihan yoga adalah melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti, pada saat persalinan nanti dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik. Relaksasi yang dihasilkan dari latihan yoga dapat membuat ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, juga mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan.

Peregangan
Dengan melakukan latihan peregangan dapat membantu fleksibilitas tubuh ibu hamil yang diperlukan saat proses persalinan dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum melakukan olahraga saat hamil. Kamu bisa berdiskusi tentang olahraga ibu hamil melalui aplikasi kesehatan Halodoc tanpa harus pergi ke rumah sakit. Download aplikasinya dan dapatkan banyak kemudahan seperti berdiskusi via chat, voice dan video call.

BACA JUGA: 7 MAKANAN BERBAHAYA UNTUK IBU HAMIL