Jumlah Kalori yang Terbakar saat Melakukan 7 Jenis Olahraga Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 olahraga,olahraga untuk membakar kalori

Halodoc, Jakarta - Ketika ingin menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan kamu juga harus rutin melakukan olahraga. Kamu juga harus mengukur jumlah kalori yang terbakar dari makanan yang telah dimakan. Olahraga lari, biasanya dianggap sebagai jenis olahraga yang paling cepat untuk membakar kalori. Namun, nyatanya masih ada banyak  jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membakar kalori, lho.

Sebelum kamu melakukan olahraga, perlu diingat bahwa bukan jenis olahraga yang menentukan kalori kamu terbakar. Melainkan, seberapa kamu rajin dan konsisten untuk berolahraga setiap hari. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan!

 1. Lompat Tali

Olahraga lompat tali merupakan salah satu olahraga yang mampu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Lompat tali juga termasuk olahraga murah yang mampu membakar kalori lebih banyak dibanding jogging. Melakukan olahraga lompat tali selama setengah jam diperhitungkan dapat membakar 375 kalori, sedangkan olahraga berjalan kaki dengan kecepatan 4,8 km/jam hanya mampu membakar sebanyak 160 kalori saja. Selain membakar kalori lebih banyak, lompat tali juga dapat meningkatkan sistem imun, melancarkan metabolisme, dan menguatkan tulang.

 2. Kettle Bell

Ada kalanya kita ingin berolahraga tapi malas keluar rumah. Mungkin kamu bisa mencoba olahraga kettle bell. Olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah dan tidak menghabiskan banyak waktu. Jenis olahraga ini pun mampu membakar hingga 20 kalori setiap menitnya. Lakukan olahraga ini selama mungkin, sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan olahraga lainnya. Pada dasarnya olahraga ini menuntut untuk mengangkat beban namun dengan gerakan ayunan kamu bisa membakar lemak secara maksimal.

Baca juga: 4 Senam Sehat untuk Orang Tua

 3. Jump Squad

Olahraga ini sangat popular beberapa tahun belakang, karena telah terbukti hebat dalam urusan membakar lemak. Dalam waktu kurang dari setengah menit saja, lemak kamu akan berkurang 14 kalori. Jadi kalau kamu sedang bosan melakukan olahraga lain, kamu bisa menggantinya dengan jump squad.

 4. Cross Fit

Ini merupakan olahraga yang cukup intens yang tidak hanya berkonsentrasi pada otot tapi juga keseimbangan. Olahraga ini cukup efektif dilakukan meskipun dilakukan di dalam rumah. Jika kamu tidak ada waktu untuk membakar lemak, kamu bisa mencoba olahraga ini setiap pagi ataupun sore hari. Selain bermanfaat untuk membakar lemak, olahraga ini juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan mobilitas sendi, melatih otot serta memperkuat tulang.

 5. Burpess

Salah satu olahraga yang tidak merepotkan, tanpa alat, dan bisa dilakukan dirumah yaitu burpess. Olahraga ini dapat membakar sebanyak 14 kalori selama 15 menit saja. Nggak heran kalau olahraga ini dianggap terbaik untuk membakar lemak.

6. Bersepeda

Olahraga ini merupakan kegiatan yang fun saat dilakukan. Dengan bersepeda kamu bisa membakar banyak kalori dalam durasi waktu 1 jam saja. Ketika bersepeda dengan kecepatan 22 km/jam, kamu bisa membakar 500 hingga 700 kalori setiap jamnya. Semakin cepat mengayuh, maka kalori yang terbakar semakin banyak pula.

Gerakan saat bersepeda tidak hanya terfokus pada kaki, tapi bisa dibilang untuk semua organ tubuh. Selain dapat membakar kalori, bersepeda memiliki sejumlah manfaat seperti menyehatkan organ jantung, mengencangkan otot, mengatur pernapasan, mengurangi tingkat stres, hingga melancarkan peredaran darah.

7. Boxing

Jika kamu penyuka olahraga yang keras, intens, dan bisa dilakukan berpasangan, kamu bisa memilih olahraga tinju atau boxing. Olahraga ini membutuhkan gerakan konstan dan energi yang dikeluarkan pada lawan. Boxing mampu membakar 550 hingga 800 kalori per jam dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Tipe Olahraga yang Pas Sesuai Zodiak

Kalau kamu benar-benar bertekad untuk menurunkan berat badan, cobalah lakukan salah satu atau beberapa pilihan olahraga itu, ya. Lakukan dengan konsisten dengan durasi waktu yang cukup. Jika ada kendala dan membutuhkan saran dalam kegiatan olahraga, kamu bisa bertanya-tanya lebih lengkap pada dokter di Halodoc via Voice Call/ Video Call. Jangan ragu untuk download aplikasi Halodoc di smartphone kamu.