12 January 2018

Kacang untuk Diet Harian yang Mudah

Kacang untuk Diet Harian yang Mudah

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang, terutama wanita, menghindari mengonsumsi kacang karena makanan kecil tersebut dituduh dapat memicu timbulnya jerawat. Padahal bagi kamu yang sedang berdiet, jenis kacang-kacangan tertentu dapat membantu kamu menurunkan berat badan lho. Rasanya yang enak dan mudah didapatkan, membuat kacang juga sangat cocok dimasukkan ke dalam menu diet haria. 

Jika kamu mencari camilan sehat, atau jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang diet, maka kacang-kacangan dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi kacang-kacangan justru lebih terbantu dalam menurunkan berat dibanding yang tidak. Tentu saja cara yang dianjurkan jika ingin memasukkan kacang ke dalam menu diet adalah dengan mengurangi sebagian makananmu yang berkalori dan menggantinya dengan kacang. Selain rasanya yang enak, kacang juga mengandung nutrisi seperti lemak sehat dan serat yang dapat membuatmu cepat merasa kenyang setelah mengonsumsinya, sehingga kamu pun bisa menahan diri dari mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Berikut manfaat lain mengonsumsi kacang untuk diet:

  • Menurunkan Kolesterol

Kacang mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang mampu menurunkan kolesterol dan triglisirida tanpa menaikkan berat badan.

  • Menurunkan Gula Darah

Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan atau selai kacang di pagi hari sebagai sarapan untuk mengimbangi menu makan siangmu yang berkarbohidrat, karena kacang ternyata mampu mengontrol tingkat gula darah.

  • Membakar Kalori

Kacang merupakan salah satu makanan sumber protein. Kandungan proteinnya yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membuat kamu lebih berenergi dan mampu membakar lebih banyak kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kalori dalam kacang-kacangan juga terhitung lebih rendah dibanding makanan lainnya.

Jenis Kacang-kacangan yang Baik untuk Diet:

  • Kacang Tanah

Jenis kacang ini memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga sangat baik dijadikan camilan atau makanan tambahan dalam menu dietmu. Kacang tanah kaya akan nutrisi namun memiliki jumlah kalori yang dapat melengkapi diet rendah kalorimu. Selain itu, tepung kacang tanah juga lebih sehat dibanding jenis tepung lainnya karena kaya akan protein namun bebas gluten. Menggunakan minyak kacang untuk memasak juga dinilai lebih sehat dibanding minyak goreng karena mengandung kadar lemak tidak jenuh tunggal yang tinggi.

  • Kacang Edamame

Kandungan protein dan serat yang terdapat dalam kacang edamame cukup tinggi dan dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok dijadikan camilan pada siang atau sore hari. Dengan demikian napsu makanmu pun tetap terkontrol. Mengonsumsi setengah cangkir edamame juga sudah dapat memenuhi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral harianmu, 

  • Kacang Pistachio

Kacang yang berwana hijau dan rasanya enak ini memiliki kalori yang rendah dan kandungan lemak di dalamnya merupakan kandungan lemak tak jenuh, sehingga kamu tidak perlu khawatir gemuk jika mengonsumsi kacang pistachio.  Selain itu, dengan mengonsumsi seporsi kacang pistachio, kamu sudah dapat memenuhi 12 persen kebutuhan serat harianmu lho.

  • Kacang Almond

Kacang lainnya yang juga cocok menjadi camilan saat diet adalah kacang almond. Selain dapat mencerahkan kulit karena memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, kacang almond juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan bakteri baik dalam perut, serta kandungan seratnya dapat melancarkan pencernaan.

Tips Mengonsumsi Kacang untuk Diet

  • Karena mencamil kacang sangat enak dan bisa bikin kamu susah berhenti, jadi agar kamu tidak kebablasan dan menghabiskan setoples besar kacang yang malah bisa menambahkan kalori dalam tubuh. Jadi sebaiknya ambil seporsi kacang yang total kalorinya rendah dari dalam toples dan tempatkan dalam wadah saat akan dimakan.
  • Hindari makan kacang yang digoreng atau ditambahkan dengan cokelat atau gula dalam semangkok dessert.
  • Cara mengonsumsi kacang yang aman untuk berat badan adalah dengan cara direbus, dikukus (untuk kacang edamame), ditambahkan dalam sup dan salad.
  • Selain mengonsumsi dalam bentuk aslinya, kamu juga bisa mengonsumsi kacang yang sudah diolah menjadi selai.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal jenis makanan tertentu dan kandungan nutrisi di dalamnya, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu hanya cukup order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Kini, sudah ada fitur Lab Home Service di aplikasi Halodoc yang akan memudahkanmu melakukan tes kesehatan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.