25 May 2018

Kapan Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi?

Kapan Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi?

Halodoc, Jakarta – Tidak semua anak menyukai kunjungan dokter, termasuk kunjungan ke dokter gigi. Ini karena beberapa anak sudah membayangkan alat-alat dokter yang menurutnya menyeramkan. Sehingga tak jarang ia akan merengek ketakutan dan ingin pulang saat berkunjung ke dokter gigi. Meskipun begitu, ibu tetap perlu mengajak Si Kecil ke dokter gigi sedini mungkin agar kesehatan gigi dan mulutnya tetap terjaga, ya.

(Baca juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia)

Waktu Anak untuk ke Dokter Gigi

Waktu yang tepat untuk membawa Si Kecil ke dokter gigi adalah saat ia berusia enam bulan atau setelah gigi pertamanya muncul. Selambat-lambatnya, ibu bisa mengajak Si Kecil ke dokter gigi saat ia berusia 1-2 tahun. Barulah setelah kunjungan pertama, ibu bisa menjadwalkan kunjungan rutin Si Kecil ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Berikut adalah beberapa hal yang akan dokter lakukan saat Si Kecil melakukan kunjungan pertama ke dokter gigi:

  • Memeriksa pertumbuhan dan perkembangan gigi anak (termasuk rahang dan langit-langit mulut).
  • Memeriksa apakah ada cedera mulut, gigi berlubang, atau masalah gigi dan mulut lainnya.
  • Membersihkan gigi Si Kecil dan memberitahu orang tua tentang cara merawat gigi anak.

(Baca juga: 6 Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi)

Kenapa cepat sekali? Ini karena ketika Si Kecil sudah memiliki gigi, ia sudah berisiko untuk mengalami gigi berlubang. Jadi saat baru tumbuh gigi adalah waktu anak untuk ke dokter gigi yang tepat. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa anak yang rutin memeriksakan gigi cenderung memiliki lebih sedikit tambalan dibandingkan dengan anak yang baru memeriksakan gigi di usia 2-3 tahun.

Tips Mengajak Anak Berkunjung ke Dokter Gigi

Pengalaman pertama Si Kecil ke dokter gigi bisa menjadi penentu kunjungan yang berikutnya. Jika kunjungan pertama baik, ibu tidak akan kesulitan untuk mengajaknya kembali ke sana. Namun jika sebaliknya, ibu perlu mencari strategi baru untuk membujuknya pergi ke dokter gigi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa ibu lakukan untuk mengajak Si Kecil berkunjung ke dokter gigi untuk pertama kali:

  • Siapkan mainan atau benda yang Si Kecil sukai untuk mengalihkan rasa takutnya.
  • Ajak Si Kecil dengan bahasa yang positif dan yakinkan padanya bahwa pergi ke dokter gigi adalah pengalaman yang menyenangkan.
  • Hindari menakut-nakuti Si Kecil seperti, “Kalau adik bandel, nanti disuntik sama dokter, lho”. Ucapan tersebut bisa menciptakan kesan buruk tentang dokter gigi pada diri Si Kecil.
  • Hindari ke dokter gigi di jam tidur siang Si Kecil. Sebaiknya, ibu memilih waktu di mana  Si Kecil biasanya kooperatif dan suasana hatinya sedang baik. Pastikan juga Si Kecil sudah dalam keadaan kenyang, sehingga ia tidak rewel karena lapar saat kunjungan ke dokter gigi.
  • Jangan lupa untuk memberikan Si Kecil hadiah atau pujian saat ia berhasil menunjukkan keberaniannya untuk berkunjung ke dokter gigi.

(Baca juga: Tumbuh Gigi Bikin Rewel? Atasi Dengan Cara Ini)

Jika Si Kecil punya keluhan pada gigi dan mulut, ibu perlu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini ibu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, lalu masuk ke fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter terpercaya.