• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Cara Tepat Mengatasi Gigi Kuning

Kata Dokter: Cara Tepat Mengatasi Gigi Kuning

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kata Dokter: Cara Tepat Mengatasi Gigi Kuning

“Beberapa cara dapat dilakukan guna mengatasi gigi yang kuning. Salah satunya adalah menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi pemutih. Selain itu, beberapa prosedur pemutihan gigi juga dapat dijalani. Misalnya seperti bleaching gigi, veneer gigi, hingga penggunaan snap on smile.”

Halodoc, Jakarta – Memiliki gigi yang putih, bersih dan berkilau tentu menjadi keinginan hampir setiap orang. Gigi yang putih dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri, terutama saat seseorang tersenyum. Namun, seiring bertambahnya usia dan berbagai faktor tertentu, warna gigi dapat mengalami perubahan.

Perubahan tersebut dapat membuat tampilan gigi yang semula berwarna putih cerah, lambat laun menjadi kekuningan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi gigi yang menguning. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya di sini!

Ketahui Penyebabnya

Menurut Drg. Linus Boekitwetan, M.Kes, dalam YoutubeHalodoc,  warna gigi secara umum sebenarnya ditentukan oleh faktor genetik, layaknya warna mata atau rambut. Namun, berubahnya warna pada gigi menjadi kuning dapat dipicu oleh dua faktor, yakni internal dan eksternal. Faktor internal sendiri dapat dipicu oleh adanya trauma akibat benturan, hingga efek samping dari penggunaan antibiotik tertentu.

Sementara itu, faktor eksternal dapat dipicu oleh konsumsi minuman hingga kebiasaan tertentu. Misalnya seperti kebiasaan minum kopi, minuman bersoda, teh, hingga kebiasaan merokok. Beberapa faktor eksternal lainnya juga dapat membuat gigi berwarna kuning. Mulai dari diet tinggi gula dan karbohidrat sederhana, konsumsi fluoride yang berlebihan, mulut kering secara kronis, hingga kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga dengan baik.

Baca juga:  Jenis-Jenis Gigi Palsu dan Cara Pemasangannya

Cara Mengatasi Gigi yang Kuning

Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan guna mengatasi gigi yang kuning, antara lain:

  1. Menyikat Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi secara teratur dan lebih sering sangatlah penting dalam mengatasi gigi yang kuning. Terutama setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang rentan untuk meninggalkan noda pada gigi. Namun, berhati-hatilah dalam menyikat gigi segera setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam. Pasalnya, hal tersebut dapat mengikis lebih banyak email, sehingga menyebabkan erosi pada gigi. Maka, sikatlah gigi setidaknya dua kali selama dua menit setiap harinya menggunakan pasta gigi pemutih.

Menurut penelitian tahun 2018 yang berjudul Efficacy of Dental Bleaching with Whitening Dentifrices: A Systematic Review, secara ilmiah, menyikat gigi dengan pasta gigi pemutih telah terbukti dapat benar-benar memutihkan gigi yang kuning. Sebab, pasta gigi tersebut mengandung bahan abrasif ringan yang dapat menghilangkan noda di permukaan.

  1. Melalui Prosedur Pemutihan Gigi

Gigi dapat kembali memutih dengan cepat melalui beberapa prosedur pemutihan gigi yang dianjurkan oleh dokter gigi. Nah, berikut adalah penjelasan dari setiap prosedur pemutihan gigi tersebut, antara lain:

  • Prosedur bleaching gigi, yakni proses memutihkan gigi dengan cara memberikan hidrogen peroksida pada email gigi. Umumnya, dokter akan membersihkan karang gigi terlebih dahulu agar zat kimia tersebut dapat menempel secara maksimal. Namun, perlu diketahui bahwa hasil yang didapatkan setiap orang akan bervariasi.
  • Prosedur veneer gigi, yang dapat mengembalikan warna putih gigi sesuai faktor genetik. Selain itu, veneer gigi juga dapat mengembalikan bentuk dan posisi gigi, serta memperbaiki gigi yang gompal.  Melalui prosedur ini, kamu juga dapat memilih kadar warna putih pada gigi sesuai yang diinginkan.
  • Penggunaan snap on smile, yang sebenarnya tidak benar-benar memutihkan gigi dan bersifat sementara. Sebab, snap on smile adalah jenis gigi palsu kecil yang dipasang di atas gigi asli agar terlihat putih dan berkilau. 

Baca juga: Alasan Tambalan Gigi yang Lepas Bisa Picu Rasa Sakit

Bisakah Gigi Kuning Dicegah? 

Berdasarkan pernyataan Drg. Linus Boekitwetan, memeriksakan diri dan membersihkan karang gigi secara rutin adalah salah satu cara efektif mencegah gigi kuning. Selain mencegah gigi kuning, membersihkan karang gigi juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya. Misalnya seperti menghilangkan bau mulut, mencegah infeksi gusi dan gigi berlubang, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara tepat mengatasi gigi yang kuning. Menurut Drg. Linus Boekitwetan, penyebab gigi kuning dapat terbagi menjadi dua faktor, yakni internal dan eksternal. Keduanya dapat diatasi melalui berbagai cara, misalnya seperti sikat gigi secara teratur hingga melalui beberapa prosedur pemutihan gigi. 

Baca juga: Ini Pengobatan Medis untuk Gigi Berlubang

Selain cara mengatasinya, memeriksakan kesehatan dan membersihkan karang gigi merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah gigi kuning. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali agar warna dan kesehatan gigi secara alami terjaga.

Apabila kamu merasakan gusi bengkak yang tak kunjung membaik, segeralah memeriksakan kesehatan ke dokter gigi. Sebab, keluhan tersebut bisa jadi merupakan gejala dari karang yang tidak disadari. Bila dibiarkan, karies gigi dapat memicu komplikasi serius seperti misalnya gigi berlubang, hingga gingivitis.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji dengan dokter gigi di rumah sakit pilihanmu, untuk memeriksakan kesehatan gigi. Tentunya tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Youtube. Diakses pada 2021. Halodoc : Tips Mengatasi Gigi Kuning #KataDokterHalodoc
NHS. Diakses pada 2021. Teeth whitening
Hindawi: International Journal of Dentistry. Diakses pada 2021. Efficacy of Dental Bleaching with Whitening Dentifrices: A Systematic Review
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Yellow Teeth
Dental Health Society. Diakses pada 2021. Teeth Whitening vs. Veneers: Which One is Best?