• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Psikolog: Mitos atau Fakta, Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Psikolog: Mitos atau Fakta, Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah?

Kata Psikolog: Mitos atau Fakta, Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Desember 2021
Kata Psikolog: Mitos atau Fakta, Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah?

“Kehadiran ayah untuk anak perempuan ternyata cukup penting. Bahkan tidak jarang anak perempuan lebih dekat dengan ayah mereka karena ayah mungkin lebih protektif terhadap anak perempuan. Selain itu, kedekatan ayah dengan anak perempuannya akan memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan mental anak saat mereka beranjak dewasa.”

Halodoc, Jakarta – Faktanya, ayah dan anak perempuan memiliki ikatan yang unik. Bisa dikatakan beberapa anak perempuan lebih dekat dengan ayah mereka karena ayah mungkin lebih peduli terhadap kebutuhan anak perempuannya, dibandingkan dengan anak laki-laki. Ayah juga lebih protektif terhadap anak perempuan mereka dibandingkan anak laki-laki, sehingga ini yang membuat anak perempuan terlihat lebih dekat dengan ayah mereka.

Wanita yang memiliki hubungan baik dengan ayah mereka cukup beruntung untuk melihat kembali kenangan indah mereka ketika mereka tumbuh dewasa. Memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya juga tidak hanya membentuk pengalaman masa kecil yang baik, tetapi ini juga bisa memengaruhi perilakunya terhadap pria lain di kemudian hari. 

Jika ayah seorang anak perempuan tidak menentu atau sama sekali tidak hadir secara alami, maka itu menciptakan perasaan rendah diri dalam dirinya, dan dia mungkin kesulitan mempercayai pria pada umumnya. Oleh karena itu, setiap orang tua harus menghargai dan memahami pentingnya peran seorang ayah dalam kehidupan seorang anak perempuan.

Mengapa Dekat dengan Ayah Penting untuk Anak Perempuan?

Membangun hubungan ayah dan anak di usia muda adalah aspek penting dari penyesuaian psikologis seorang anak perempuan. Menjadi terikat secara emosional dengan ayahnya menguntungkan seorang perempuan sepanjang hidupnya. Berikut ini beberapa alasan mengapa ikatan yang kuat antara ayah dan anak perempuan sangat penting:

  • Ayah adalah panutan sebab mereka meletakkan dasar keamanan, kepercayaan, dan cinta.
  • Anak perempuan cenderung menilai semua pria lain yang datang ke kehidupan mereka berdasarkan contoh yang diberikan ayah mereka kepada mereka.
  • Seorang anak perempuan akan mampu mengembangkan kepercayaan diri dan harga diri jika dia memiliki ikatan yang baik dengan ayahnya.
  • Ketika seorang ayah terlibat dalam pendidikan putrinya, dia cenderung melakukan lebih baik dibandingkan dengan anak perempuan yang ayahnya tidak pernah terlibat.
  • Anak perempuan memiliki karir yang lebih baik karena pengaruh awal dari ayah mereka. Mereka menjadi lebih sukses dan berorientasi pada pencapaian.
  • Seorang ayah yang pengasih membuat putrinya merasa nyaman dengan dirinya sendiri saat dia membantunya di setiap tahap kehidupannya.

Cara Seorang Ayah Memengaruhi Kehidupan Anak Perempuannya

Setiap hubungan ayah-anak melewati tiga fase berbeda. Beberapa terasa sulit sementara yang lain mudah dan menyenangkan, tetapi semuanya adalah fase yang penting.

  1. Saat Kecil

Ini juga dikenal sebagai “fase putri ayah-putri pahlawan”, fase pertama ini mudah dan menyenangkan. Selama fase ini, anak perempuan adalah putri kecil tersayang, dan ayah adalah pahlawan supernya. Pada usia ini, ayah memengaruhi anak perempuan dengan cara berikut:

  • Perkembangan Mental dan Emosional

Selama tahap awal kehidupan gadis itu, keterlibatan ayahnya membantu perkembangan emosional dan mentalnya. Anak-anak yang terikat dengan ayah mereka lebih baik dalam menemukan solusi untuk masalah umum. Mereka juga menunjukkan lebih sedikit kecemasan dan perilaku menarik diri ketika mereka dekat dengan ayah mereka.

  • Rasa Aman

Merasa aman adalah penting bagi seorang gadis saat ia tumbuh dewasa. Ini memungkinkan dia untuk berkembang di lingkungan yang relatif aman jika dia tahu bahwa ayahnya mengawasinya. Dia juga mengembangkan kepercayaan diri dan bebas dari hambatan.

  1. Saat Dia Remaja

Ini adalah fase yang rumit. Anak perempuan mungkin mulai membangkang atau tidak mendengar nasihat ayahnya, dan ini bukan fase yang sangat menyenangkan bagi sang ayah. Dalam situasi ini, masalah hubungan dapat terjadi antara ayah-anak. Fase ini dimulai ketika dia berusia 11 tahun dan berakhir setelah dia berusia 21 tahun.

Tahap ini mungkin akan sedikit membingungkan bagi sang ayah, tetapi dia tidak boleh lupa bahwa dia sedang mencoba untuk memahami dirinya sendiri dan dunia. Banyak ayah lebih memilih untuk mundur sedikit dan membantunya meningkatkan harga dirinya. Berikut ini hal-hal yang penting dilakukan ayah untuk putrinya yang sudah remaja:

  • Bimbingan Moral

Hubungan dan komunikasi ayah akan membantu anak perempuan membuat keputusan yang tepat. Seorang ayah harus memberikan stabilitas dan bimbingan moral kepada putrinya karena ini adalah saat dia dikelilingi dan tergoda oleh pengaruh buruk.

  • Citra Tubuh

Memiliki hubungan yang baik dengan ayah akan membantu anak perempuan membuat pilihan yang lebih sehat dalam hidup. Dia juga akan memiliki kepercayaan diri yang meningkat.

  • Kepercayaan Diri

Ayah yang penuh kasih sayang terhadap anak perempuan memberi mereka rasa harga diri. Ketidakmampuan untuk menangani konflik dengan ayah mereka atau ketidakhadiran seorang ayah pada akhirnya menyebabkan rendahnya harga diri pada anak perempuan.

  • Pendidikan

Anak perempuan lebih cenderung mendapatkan nilai lebih baik ketika ayahnya terlibat dalam bidang akademik. Mereka juga memiliki fungsi intelektual dan keterampilan verbal yang lebih baik.

  1. Saat Dewasa

Pada fase ini, keduanya dapat saling memahami dan berkomunikasi. Inilah saatnya seorang ayah dapat membimbing putrinya dalam karier, pernikahan, dan cintanya. Dalam karir, ayah membantu anak perempuan mereka memecahkan masalah, berpikir logis, menjadi berorientasi pada tujuan, dan kompetitif. Sementara untuk hubungan romantis, anak perempuan belajar lebih banyak tentang hubungan dengan mengamati tindakan dan perilaku ayah mereka. Mereka menilai pria berdasarkan standar yang ditetapkan ayahnya. 

Namun jika kamu merasa kamu memiliki hubungan yang buruk dengan ayah dan membutuhkan saran atau tempat bercerita, kamu bisa menghubungi psikolog di Halodoc. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Holidahappy. Diakses pada 2021. 10 Reasons Why Fathers Are so Important to Their Daughters.
Patenting Firstcry. Diakses pada 2021. An Insight Into the Beautiful Bond Between a Father and Daughter.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Strengthening Father-Daughter Relationships.