• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Psikolog: Pentingnya Peranan Ayah pada Karakter Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Psikolog: Pentingnya Peranan Ayah pada Karakter Anak

Kata Psikolog: Pentingnya Peranan Ayah pada Karakter Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Januari 2022
Kata Psikolog: Pentingnya Peranan Ayah pada Karakter Anak

“Tidak bisa disepelekan, peran ayah membentuk karakter anak dari kecil akan membuat ia menjadi sosok yang bertanggung jawab saat dewasa nanti. Ayah adalah sosok penuh kasih sayang dan mendukung, yang dapat memengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak.”

Halodoc, Jakarta – Peran ayah membentuk karakter anak yang dilakukan sejak kecil bisa menjadi pedoman bagaimana cara bersikap di kemudian hari. Ayah menjadi sosok yang mampu menunjang rasa percaya diri anak secara keseluruhan. Pola asuh anak secara langsung dapat memengaruhi nilai dan pilihan mereka.

Lantas, apa saja sih pentingnya peran ayah pada karakter anak?

Peran Ayah Membentuk Karakter Anak

Melansir dari kanal Youtube Halodoc, Khadhra Ulfah, M.Psi, Psikolog mengatakan bahwa keterlibatan ayah dalam pengasuhan sangat memengaruhi perkembangan anak dari segi kognitif, fisik, sosial, emosional, dan akademik anak. Ia juga mengatakan, ada 3 hal yang menjadi peran ayah membentuk karakter anak:

1. Menjadi Role Model Bagi Anak 

Peran ayah membentuk karakter anak yang pertama dapat dilakukan sebagai role model. Ayah adalah panutan bagi anak-anaknya, karena mereka akan belajar bagaimana seharusnya teladan seorang pria. Anak laki-laki akan meniru perilaku ayahnya dan berkembang menjadi pribadi yang baik.

Sedangkan anak perempuan, ia mencontoh ayah sebagai panutan untuk mencari pasangan dengan karakteristik yang sama. Anak perempuan akan memahami bahwa seorang pria harus baik, lembut, dan peduli terhadap wanita. Dari semua sifat baik dan lembut, laki-laki juga kuat dan mampu melindungi mereka.

2. Pelindung dan Penyedia Kebutuhan Anak

Peran ayah membentuk karakter anak selanjutnya adalah memberikan rasa aman, baik fisik, emosional, mental, atau spiritual. Ketika ayah mendukung anak untuk menjalani kehidupan dalam situasi apa pun, akan membangun percaya diri dan rasa aman yang tidak akan tergantikan.

3. Pelengkap Simulasi Perkembangan Anak

Peran ayah membentuk karakter anak yang terakhir adalah menjadi pelengkap simulasi perkembangan anak. Berkaitan dengan hal tersebut, ayah dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Meningkatkan akal. Ayah dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan memecahkan masalah anak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan aktif terlibat mengurus anak di sepanjang tahun pertama kehidupan mereka.
  • Meningkatkan keyakinan. Keyakinan ini dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman pada anak bahwa mereka dicintai.  Memiliki ayah yang suportif membuat anak memiliki harga diri yang tinggi, lebih bahagia, dan percaya diri.
  • Berikan perhatian. Memberikan banyak perhatian dengan langsung terlibat dalam mengurus anak, membuat ia mampu mengontrol perilaku serta memiliki tingkat kemampuan bersosialisasi yang lebih tinggi. Anak juga memiliki empati yang tinggi dan murah hati. 
  • Memberikan Perspektif yang Berbeda. Anak-anak tumbuh dan berkembang dengan banyak pertanyaan. Di sinilah ayah berperan untuk memberikan perspektif yang berbeda dari pemahaman anak. Perspektif tersebut yang akan dikembangkan dalam otaknya di kemudian hari.

Itulah peran ayah membentuk karakter anak yang harus diterapkan sedari kecil agar ia memiliki pribadi menyenangkan dan bertanggung jawab. Jika pola asuh yang diterapkan tidak berjalan sesuai dengan harapan, ibu bisa diskusikan dengan psikolog di aplikasi Halodoc.

Ingat, peran ayah membentuk karakter anak sangatlah penting. Jadi, pastikan ibu dan ayah berkoordinasi dengan baik mengenai perencanaan dan evaluasi tumbuh kembang anak, sehingga orangtua benar-benar dapat saling melengkapi dalam memberikan kebutuhan anak.

Jika ibu ingin mengetahui informasi lainnya terkait dengan pola asuh atau tumbuh kembang anak, download Halodoc sekarang juga, ya!

Referensi:

Youtube Halodoc. Diakses pada 2022. Mengapa Peran Ayah Sangat Penting dalam Membentuk Psikologis Anak?
Child Crisis Arizona. Diakses pada 2022. 5 Important Ways Fathers Impact Child Development.
Raising Children. Diakses pada 2022. Parents: role models and positive influences for pre-teens and teenagers.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Understanding How a Father Plays the Perfect Role in a Child’s Development.