15 May 2018

Kaya Manfaat, Kapan Waktu Terbaik Makan Buah Ketika Puasa?

Kaya Manfaat, Kapan Waktu Terbaik Makan Buah Ketika Puasa?

Halodoc, Jakarta – Selama berpuasa, memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah hal yang harus dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat sebagai “bekal”. Sebab, tubuh tidak akan kemasukan makanan atau minuman dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Salah satu jenis makanan yang banyak mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh adalah buah-buahan. Selain mudah didapatkan dan memiliki rasa yang nikmat, rutin mengonsumsi buah pun diketahui dapat memberi banyak manfaat pada tubuh.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan selama berpuasa? Salah satu hal yang akan berubah selama berpuasa adalah waktu makan. Saat puasa, waktu makan utama dibagi menjadi dua, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah selama ketika puasa?

Saat Sahur

Mengosumsi buah bisa membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika kamu memutuskan untuk mengonsumsi buah saat sahur, pastikan untuk memakannya secara utuh atau dipotong-potong, bukan dijus.

Sebab, mengonsumsi buah dengan cara dijus bisa menghilangkan serat buah dan membuat penyerapan gula menjadi lebih cepat. Padahal, tubuh membutuhkan proses penyerapan ini berjalan perlahan, agar kadar gula pada darah pun akan bertahan lebih lama. Hal ini pun akan membuat tenaga bertahan lebih lama dan tidak mudah merasa lemas.

Saat Berbuka Puasa

Sebaliknya, saat berbuka puasa, buah sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk jus. Hal tersebut bertujuan untuk mengambil sari dari buah. Mengonsumsi sari buah dapat membantu penyerapan gula menjadi lebih cepat sehingga tubuh akan segera pulih dari rasa lemas. Rutin mengonsumsi jus saat berbuka puasa pun akan membuat tubuh lebih siap untuk melanjutkan aktivitas dan kembali berpuasa keesokan harinya.

Buah yang Baik Dikonsumsi selama Puasa

Pada dasarnya, semua buah memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh, misalnya semangka. Namun dalam rangka memenuhi kebutuhan selama berpuasa, memilih makanan yang tepat adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Lantas, buah apa saja yang paling cocok untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa?

1. Semangka

Semangka banyak mengandung vitamin A dan C yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Buah ini juga banyak mengandung air, kandungan air dalam buah dapat menghidrasi tubuh. Selain itu, semangka juga tinggi likopen yang dapat menangkal radikal bebas serta mencegah penyakit.

2. Blewah

Buah yang satu ini cukup khas dan menjadi lebih populer selama bulan puasa. Blewah ternyata mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengandalikan tekanan darah tinggi serta mengurangi risiko stroke.

Rutin mengonsumsi buah blewah dapat membantu membersihkan karbondioksida di dalam darah serta membuat kerja otot dan simpul saraf menjadi lebih baik. Kandungan air yang tinggi dan fruktosa membuat buah ini sangat cocok untuk disajikan saat berbuka puasa.

3. Mangga

Mangga mengandung segudang zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Yaitu air, karbohidrat, serat, vitamin hingga mineral. Karbohidrat yang terdapat dalam daging buah mangga terdiri atas gula sederhana yang berperan dalam mengganti energi dalam tubuh.

Agar tetap segar dan fit selama berpuasa, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan. Buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, namun pastikan untuk tidak “merusak” manfaatnya, ya. Misalnya, dengan menambahkan gula secara berlebihan ke dalam jus. Bukannya sehat, hal itu malah bisa memicu penyakit.

Jika memiliki masalah kesehatan selama puasa dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!