• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kelebihan dan Kekurangan Babysitter dalam Mengasuh Anak

Kelebihan dan Kekurangan Babysitter dalam Mengasuh Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Orangtua yang bekerja biasanya membutuhkan bantuan babysitter untuk mengasuh anak. Babysitter yang dipilih pun tidak sembarangan, mereka harus sudah memiliki sertifikat dan piawai dalam mengurus anak dan menjaga anak. Perlu ayah dan ibu ketahui bahwa ada juga babbysitter yang tidak berpengalaman dalam mengasuh anak. Seperti yang pernah tersiar di berita, banyak kasus penganiayaan anak yang dilakukan oleh babysitter

Ayah dan ibu sangat beruntung jika memiliki anggota keluarga yang dapat membantu dalam mengurus anak. Namun jika kondisi keluarga tidak memungkinkan, maka menggunakan jasa babysitter dianggap pilihan terbaik. Sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan jasa babysitter, berikut kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga: Anak Mengalami Cyber Bullying, Orang Tua Harus Apa?

Kelebihan Anak Diasuh Babysitter

Orangtua yang memiliki babysitter yang baik, maka tidak perlu repot-repot untuk membuat janji untuk mengandalkan anggota keluarga lain. Babysitter dapat dengan sigap melakukan semua pekerjaan yang ditugaskan oleh ayah dan ibu. 

  • Mengurangi Stres Sehari-hari

Dalam kegiatan sehari-hari, terutama pagi hari, ibu tidak perlu sibuk menyiapkan segala kebutuhan anak. Ayah dan ibu tidak akan merasa stres sebelum berangkat kerja, karena semua yang dibutuhkan anak akan diurus oleh babysitter. Dengan bantuan babysitter, anak akan tetap berada di lingkungan yang nyaman, jadwal tidur siang dan makannya pun akan teratur.

  • Anak Tetap Mendapat Penuh Perhatian

Ayah dan ibu tentu lega mengetahui anak tidak kekurangan perhatian seperti anak-anak lainnya. Dengan adanya bantuan babysitter, anak tetap mendapatkan perhatian khusus setiap hari. 

  • Fleksibel Waktu dan Tempat

Dengan menggunakan jasa babysitter jadwal dan tempat mengasuh akan lebih fleksibel dibanding harus menitipkan anak ke daycare. Jika di daycare, ibu perlu menyesuaikan dengan jadwal buka dan tutup. Belum lagi harus antar dan jemput. Sementara dengan bantuan babysitter, ayah dan ibu tidak harus menyesuaikan diri dengan jadwal dan tempat tertentu. 

Baca juga: Tahun Ajaran Baru, Ini Tipe Anak yang Rentan Alami Bullying 

Kekurangan Menggunakan Jasa Babysitter

Pengasuhan dengan babysitter tentu akan dilakukan tanpa pengawasan orangtua. Sehingga sangat penting bagi ayah dan ibu untuk menemukan seseorang yang dapat dipercayai. 

  • Sulit Mencari yang Loyal

Banyak orangtua yang mengeluhkan bahwa sulitnya mendapatkan babysitter yang loyal dan tahan lama. Jika seorang babysitter memutuskan keluar dari pekerjaan, ayah dan ibu harus mencari penggantinya lagi. Tentu ini akan merepotkan orangtua lagi. 

  • Anak Jadi Kurang Pergaulan

Jika memiliki babysitter, maka anak secara otomatis dekat dengannya. Namun jika babysitter hanya terus di rumah, maka anak akan mengalami kurang pergaulan dengan anak-anak di luar rumah. Sebagai orangtua perlu memotivasi babysitter untuk mau membawa anak ke taman atau di luar rumah tempat anak bisa bermain. Dengan begitu anak tetap bergaul dengan anak-anak lain. 

  • Pengeluaran Biaya Lebih Banyak

Tentu biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit saat harus menyewa jasa babysitter. Bisa dibilang ini adalah pengeluaran yang paling mahal. Apalagi jika ayah dan ibu menyewa babysitter bukan dari lembaga tepercaya, maka seluruh tanggung jawab terletak pada ayah dan ibu. 

  • Privasi Jadi Berkurang

Jika memutuskan untuk menggunakan jasa babysitter, maka privasi adalah salah satu yang harus dikorbankan.

Baca juga: Supaya Anak Tidak Jadi Pembully, Begini Cara Mendidiknya

Agar lebih efektif mengontrol keadaan anak di bawah asuhan babysitter selama di rumah, orangtua juga perlu meminta babysitter membuat catatan harian. Cobalah untuk selalu membahas apapun kegiatan anak dengan babysitter, seperti apa saja kegiatan anak setiap hari, bagaimana makan dan tidur siangnya, dan sebagainya. 

Jika terdapat masalah gangguan kesehatan pada anak, maka mintalah bantuan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. Nanny care: Advantages and disadvantages