04 December 2018

Kelenjar Getah Bening di Ketiak, Apakah Berbahaya?

Kelenjar Getah Bening di Ketiak, Apakah Berbahaya?

Halodoc, Jakarta - Pernahkah menjumpai benjolan di ketiak? Benjolan pada area ini sering kali muncul tanpa disadari. Penyebabnya pun beragam, salah satunya adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Perlu diketahui bahwa kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang terdapat di seluruh tubuh, dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Pertanyaan yang umum muncul berikutnya adalah, apakah kondisi ini berbahaya? Jawabannya, kebanyakan benjolan di ketiak merupakan hal yang tidak berbahaya. Benjolan ini kerap muncul karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Kendati demikian, pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih serius.

Seperti pada wanita misalnya. Selain lebih rentan terjadi pada wanita, pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak wanita perlu diwaspadai. Sebab, bisa menjadi salah satu tanda penyakit kanker payudara. Untuk itu, pemeriksaan medis sangat diperlukan untuk mendeteksi dini adanya gangguan kesehatan serius yang mungkin terjadi.

Lebih Lanjut tentang Kelenjar Getah Bening

Membahas lebih lanjut soal kelenjar getah bening, tahukah kamu tentang kelenjar ini? Di mana letaknya, apa fungsinya, dan mengapa ia bisa bengkak? Kelenjar getah bening merupakan gumpalan jaringan kecil berbentuk bulat yang tersebar di seluruh tubuh. Kelenjar yang juga dikenal dengan istilah kelenjar limfa ini bertugas untuk menyaring cairan limfa (getah bening) yang tersebar di seluruh tubuh melalui pembuluh limfa. Cara kerja kelenjar getah bening ini agak mirip seperti darah yang mengalir dalam tubuh melalui pembuluh darah.

Ada sekitar 600 kelenjar getah bening yang tersebar dalam tubuh. Namun, jumlah kelenjar yang bisa dirasakan atau diraba melalui permukaan kulit hanya beberapa saja. Mereka terletak di area-area berikut:

  1. Di bagian bawah rahang.

  2. Di belakang daun telinga.

  3. Di ketiak (di bawah lengan atas).

  4. Salah satu sisi leher.

  5. Salah satu pangkal paha.

  6. Di atas tulang selangka.

Bagaimana dengan ukurannya? Ukuran kelenjar getah bening berbeda-beda. Mulai dari sekecil ujung jarum, hingga sebesar satu butir kacang merah yang sudah matang. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem imun atau daya tahan tubuh, lebih tepatnya sistem limfatik. Mengapa demikian? Karena kelenjar ini mengandung sel-sel darah putih dan antibodi, bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit.

Ketika mengalami infeksi atau penyakit, tubuh secara otomatis akan memproduksi lebih banyak sel imun. Meningkatnya jumlah sel imun dalam kelenjar limfa inilah yang menyebabkan pembengkakan. Oleh sebab itu, kelenjar getah bening yang bengkak pasti menandakan adanya infeksi atau penyakit yang sedang menyerang tubuh.

Seberapa Umum Kondisi Ini?

Pembengkakan kelenjar getah bening cukup umum terjadi. Kondisi ini dapat menyerang orang dalam rentang usia berapapun. Biasanya kelenjar yang membengkak akan mengecil sendiri ketika infeksi atau penyakit yang menyebabkan pembengkakan diobati. Penyembuhan ini bisa memakan waktu sekitar seminggu setelah infeksi atau penyakitnya sembuh.

Meskipun pembengkakan kelenjar getah bening adalah kasus yang cukup umum, bukan berarti kondisi ini tidak membahayakan sama sekali. Dalam beberapa kasus, pembengkakan kelenjar getah bening mungkin saja menandakan kanker getah bening limfoma Hodgkin dan kanker getah bening limfoma non-Hodgkin. Jadi, pemeriksaan medis sesegera mungkin merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Itu lah sedikit penjelasan tentang pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: