09 May 2018

Kenalan dengan Diet Gluten-Free yang Bikin Cepat Langsing

Kenalan dengan Diet Gluten-Free yang Bikin Cepat Langsing

Halodoc, Jakarta — Tulisan tentang diet gluten-free bisa ditemukan di mana-mana. Itu karena diet gluten-free merupakan salah satu program diet sehat yang populer, terutama di negeri barat. Tapi tahukah kamu apa itu gluten? Dan sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan diet bebas gluten?

Gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terkandung dalam gandum. Diantara dua jenis protein gluten, salah satunya dapat menyebabkan efek negatif, yaitu gliadin. Beberapa orang di dunia sensitif terhadap protein ini. Kalau mereka yang sensitif ini mengonsumsi gluten, mereka bisa terkena diare, sakit perut, depresi dan dampak lainnya.

(Baca juga: Lebih Baik Mana, Diet Cepat atau Diet Sehat?)

Diet bebas gluten ini efektif untuk mengatasi skizofrenia, autisme dan hilangnya kendali atas tubuh atau ataksia. Ataksia yang dipicu oleh gluten disebut gluten ataxia. Namun, masih belum ada riset yang membuktikan bahwa gluten berbahaya bagi semua orang.

Diet bebas gluten ini juga tidak mudah karena kamu harus makan makanan yang tidak mengandung gluten sama sekali. Tahap pertama dalam menjalani program diet sehat ini adalah dengan mulai rajin membaca label makanan dan menghindari semua yang mengandung gluten. Semua jenis gandum mengandung gluten, karena itu perlu kamu jauhi.

Selain terdapat pada gandum, gluten juga ada dalam jelai (sereal tinggi serat) dan beberapa jenis biji-bijian. Ada juga produk-produk makanan olahan yang biasanya mengandung gluten, seperti roti, pasta, sereal, bir, kue, biskuit, saus-sausan, dan kecap. Karena itu carilah makanan dengan ‘gluten-free’ atau ‘bebas gluten’.

Tapi perlu diingat, lho, makanan pengganti gluten ini harus makanan yang sehat, ya! Karena banyak nutrisi yang kamu lewatkan dalam program diet sehat ini, kamu perlu mencari asupan gizi dari makanan lain, misalnya suplemen vitamin. Suplemen tambahan ini bisa kamu dapatkan secara bebas, tapi sebaiknya setelah bicara dengan dokter dulu.

Selain vitamin, kamu juga perlu menambah jumlah makanan yang tinggi serat untuk menjaga kesehatan jantungmu, ya! Kalau substitusi makanan gluten yang kamu pilih adalah sayuran dan buah, maka diet ini akan efektif membantumu menurunkan berat badan.

(Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?)

Cara mudah untuk mendapatkan vitamin dan bicara dengan dokter adalah dengan download aplikasi Halodoc. Di aplikasi Halodoc, kamu bisa bicara dengan dokter melalui voice/video call atau chat. Kamu juga bisa pesan vitamin yang akan diantar ke tempatmu serta melakukan pemeriksaan lab tanpa perlu keluar rumah.