• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali 5 Ciri-Ciri Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Banyak orang mencoba untuk mendiamkan anjingnya ketika sedang menggeram. Kebiasaan ini malah akan membuat anjing lebih agresif. Di lain waktu, anjing akan mengabaikan menggeram dan langsung menggigit ketika dia merasa terancam. Pada intinya, anjing menggunakan bahasa tubuhnya sebagai bentuk komunikasi.

Halodoc, Jakarta – Anjing menggunakan bahasa tubuh sebagai tanda peringatan untuk berkomunikasi dengan manusia bahwa dia sedang stres.  Beberapa di antaranya, seperti menggeram, menggonggong, dan mondar-mandir adalah tanda anjing peliharaan sedang mengalami stres.

Sebagai pemilik anjing, kamu harus belajar cara mengidentifikasi sinyal atau tanda kalau anjing peliharaanmu sedang stres. Hal ini selayaknya bisa membantu pemilik mencegah anjing peliharaan mengalami stres di masa depan. Informasi selengkapnya baca di sini!

Menggeram, Mondar-Mandir, sampai Freezing

Tadi sudah disinggung kalau anjing berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh, sehingga menjadi penting untuk manusia memahami dan mempelajari cara komunikasi anjing. Ada beberapa tanda ataupun ciri untuk mengetahui apakah anjing sedang stres. Apa sajakah itu?

1. Menggeram

Menggeram adalah cara yang jelas untuk mengetahui apakah anjing merasa nyaman atau tidak. Menggeram bisa menjadi tanda kalau ada seseorang atau sesuatu di teritorinya sehingga dia merasa terancam. Menggeram mengungkapkan kalau anjing merasa tidak nyaman. 

Baca juga: Kutu Anjing Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Mental Ini

Banyak orang mencoba untuk mendiamkan anjingnya ketika sedang menggeram. Kebiasaan ini malah akan membuat anjing lebih agresif. Di lain waktu anjing akan mengabaikan menggeram dan langsung menggigit ketika dia merasa terancam. 

2. Merengek atau Menggonggong

Banyak anjing tidak dapat mengendalikan rengekannya ketika sedang merasa stres.                                        Ini merupakan respons otomatis dan menjadi petunjuk untuk pemelihara kalau anjing sedang merasa tidak nyaman dan cemas.

Namun, ini semua tergantung pada konteksnya, karena anjing mungkin merengek dan menggonggong karena banyak alasan lainnya.

3. Bahasa Tubuh

Nalurinya anjing memiliki banyak cara untuk menghindari diri dari situasi stres dan mencoba menenangkan dirinya sendiri. Ketika anak anjing menunjukkan perilaku ini, mereka mencoba meredakan situasi atau memberi tahu pemilik kalau mereka sedang stres dan sedang mencoba mengendalikan keadaan. 

Baca juga: Begini 6 Cara Memandikan Anak Anjing

Tanda-tanda stres yang harus dicari termasuk ketika anjing memperlihatkan bagian putih matanya, telinga yang terselip, ekor yang terselip, kerutan yang terangkat, menjilati bibir, menguap, dan terengah-engah.

Anjing mungkin juga menghindari kontak mata atau memalingkan muka. Meski begitu, jangan hanya mengandalkan bahasa tubuh, beberapa anjing mengangkat lehernya ketika terlalu bersemangat dan bukan menandakan sedang stres.

4. Freezing 

Ketika anjing freezing alias menjadi kaku, ini terlihat seperti ada sesuatu yang anjing lihat dan itu membuatnya syok. Ini bisa sangat berbahaya bagi kamu dan anjing. Kondisi freezing adalah tanda peringatan bahwa anjing itu sangat stres sehingga mereka tidak dapat menangani situasinya, dan langkah selanjutnya mungkin adalah gigitan.

5. Mondar-mandir

Ketika anjing menunjukkan giginya sembari mondar-mandir, itu pertanda anjing sedang tidak tenang dan ada sesuatu yang membuatnya stres. Jika ini terjadi kurun waktu tertentu atau dalam waktu yang singkat, ini mungkin bukan masalah besar. 

Namun, memperhatikan saat anjing melakukan perilaku ini dapat memberimu petunjuk tentang apa yang memicu kecemasan anjing. Pada anjing yang lebih tua, mondar-mandir mungkin merupakan tanda demensia. Jika kamu mulai memperhatikan hal ini pada hewan peliharaan bicarakan segera ke dokter hewan.

Baca juga: Ketahui Perawatan Tepat untuk Anjing yang Sudah Berumur

Bagaimana cara menenangkan anjing yang stres? Cara terbaik untuk menenangkan anjing adalah mengidentifikasi penyebab yang membuat mereka stres, lalu hilangkan pemicunya. Atau, bekerjalah dengan pelatih profesional atau dokter hewan untuk mengurangi respons mereka terhadap pemicunya. 

Ajari anggota keluarga lain cara paling baik dalam memperlakukan anjing. Jangan memarahi anjing, menendang atau malah memukulnya saat dia melakukan hal yang salah. Mendisiplinkan anjing peliharaan seharusnya bisa tetap dilakukan dengan perilaku yang baik. Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika anjing peliharaanmu sedang mengalami stres.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. How To Tell If Your Dog Is Stressed
Vcahospitals.com. Diakses pada 2021. Signs Your Dog is Stressed and How to Relieve It