• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Penyebab Batuk Berdahak yang Sering Diabaikan

Kenali 5 Penyebab Batuk Berdahak yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali 5 Penyebab Batuk Berdahak yang Sering Diabaikan

“Mengalami batuk berdahak dapat sangat mengganggu. Batuk ini ditandai dengan keluarnya lendir atau dahak, dan berbagai gejala lain tergantung penyebabnya. Ada banyak kondisi atau penyakit yang bisa jadi penyebab batuk berdahak, mulai dari yang ringan, hingga yang berat. Apapun penyebabnya, batuk berdahak perlu untuk ditangani.”


Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, batuk berdahak, atau disebut juga batuk produktif, adalah batuk yang disertai dengan keluarnya lendir atau dahak. Ada banyak kondisi yang bisa jadi penyebab batuk berdahak, dan penting untuk mengetahuinya, agar memudahkan pengobatan. 

Ketika mengalami batuk berdahak, kamu mungkin mendengar dan merasa seperti ada sesuatu yang berderak di paru-paru. Batuk jenis ini dapat terjadi karena infeksi atau kondisi kesehatan lainnya. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

Baca juga: Coba Langkah Mudah Ini untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Berbagai Penyebab Batuk Berdahak

Ada berbagai hal yang bisa jadi penyebab batuk berdahak, yaitu:

1.Flu

Batuk yang disertai dengan nyeri tubuh bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius. Flu, yang disebabkan oleh virus influenza, dapat memiliki gejala yang mirip dengan pilek. Namun, kamu biasanya akan merasa jauh lebih buruk ketika terkena flu. Gejala yang dialami selain batuk berdahak adalah demam, nyeri otot, dan kelelahan. 

2.Bronkitis Akut

Penyakit ini biasanya berlangsung sekitar 3 minggu, dan membuat kamu batuk karena saluran udara di paru-paru membengkak dan menghasilkan banyak lendir. Peradangan semacam ini biasanya muncul setelah infeksi virus, tetapi bakteri juga dapat menyebabkannya.

3.Radang Paru-Paru

Infeksi paru-paru, seperti pneumonia, dapat membuat kantong udara terisi dengan cairan atau nanah. Hal ini membuat kamu batuk disertai keluarnya banyak lendir hijau atau kuning, dan bahkan darah. Biasanya, bakteri menyebabkan pneumonia, tetapi infeksi jamur atau virus, seperti flu dan COVID-19, juga dapat jadi penyebab.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Fakta Seputar Batuk Berdahak pada Anak

4.Postnasal Drip

Jika kamu mengalami batuk setiap malam, itu mungkin tanda postnasal drip. Saat itulah lendir menetes ke bagian belakang tenggorokan. Pemicu utamanya adalah alergi, pilek, dan infeksi.

Terkadang, obat-obatan atau kehamilan dapat menyebabkannya. Pada anak-anak, tersangkut sesuatu di hidung mereka mungkin juga dapat sebabkan postnasal drip.

5.Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Penyebab batuk berdahak yang satu ini dapat membuat kamu mengeluarkan lebih banyak lendir dari biasanya. Saluran dan kantong udara di paru-paru juga bisa berhenti bekerja dengan cara yang benar, karena adanya luka atau peradangan.

6.Fibrosis Kistik

Batuk bisa menjadi tanda kondisi genetik. Jika kamu mengidap cystic fibrosis (CF), kamu mungkin akan sering mengalami batuk berdahak. Bakteri bisa tumbuh di dalam semua dahak itu, dan memberi peluang lebih tinggi terkena infeksi paru-paru lainnya, yang juga bisa menyebabkan batuk.

7.Bronkiektasis

Saluran udara di paru-paru bisa menjadi longgar dan terluka. Ketika ini terjadi, lendir bisa tersangkut, dan terjadilah batuk untuk mengeluarkannya dari paru-paru. Fibrosis kistik hanya salah satu kondisi yang mengarah ke bronkiektasis. 

Baca juga: Begini Cara Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Keluarga

Kondisi ini juga dapat terjadi setelah infeksi paru-paru, seperti pneumonia atau tuberkulosis. Penyumbatan seperti tumor juga dapat menyebabkannya, dan terkadang kondisi ini terjadi sebagai bawaan lahir.

Itulah beberapa hal yang bisa jadi penyebab batuk berdahak. Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang jadi penyebab pasti dari kondisi yang kamu alami, gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter lewat chat, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. 


Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. What Causes a Productive Cough?
Healthline. Diakses pada 2021. What Illnesses or Conditions Cause Wet Cough, and How Do I Treat It in Myself or My Child?
Health Grades. Diakses pada 2021. Wet Cough.