13 June 2018

Kenali 6 Ciri Kanker Payudara

Kanker payudara, ciri kanker payudara

Halodoc, Jakarta - Kanker payudara adalah penyakit yang disebabkan oleh sel-sel ganas kanker yang tumbuh pada jaringan payudara. Sel kanker ini akan  merusak jaringan payudara yang sehat dan dapat menyebar ke jaringan atau organ tubuh lainnya.

Kanker payudara telah menjadi penyebab kematian kedua terbesar pada kaum Hawa dan paling banyak dialami oleh wanita berusia 55-59 tahun. Lantas, siapa saja yang lebih rentan terkena kanker payudara?

  • Wanita berusia 50 tahun atau lebih.
  • Terdapat riwayat keluarga dengan kanker payudara atau kanker ovarium.
  • Pernah didiagnosis mengidap kanker payudara.
  • Pernah muncul benjolan yang sifatnya jinak pada payudara.
  • Memiliki Breast Cancer Susceptibility Gene (BRCA1 dan BRCA2), yaitu gen yang dikenal secara luas sebagai gen risiko kanker. Gen ini diduga dapat diturunkan kepada generasi selanjutnya.

Semakin cepat penyakit ini terdeteksi, semakin baik pula hasil pengobatannya. Oleh karena itu, setiap wanita sebaiknya memperhatikan ciri-ciri kanker payudara. Antara lain:

  1. Benjolan pada Payudara

Benjolan ini umumnya tidak terasa sakit dan bisa terdeteksi saat kamu melakukan pemeriksaan sendiri di rumah. Meski begitu, tidak semua benjolan pada payudara adalah kanker payudara. Sebab pada saat menstruasi, terkadang muncul benjolan pada payudara karena pengaruh hormon.

  1. Perubahan Warna Kulit pada Payudara

Kanker payudara dapat ditandai dengan perubahan warna kulit pada payudara dan puting. Kulit akan berwarna kemerahan seperti iritasi dan disertai dengan rasa gatal.

  1. Perubahan Bentuk Payudara

Selain warna kulit, kanker payudara juga ditandai dengan perubahan bentuk payudara. Tekstur kulit payudara dapat berubah seperti kulit jeruk, pembuluh darah vena yang terlihat pada payudara, permukaan kulit payudara menebal atau berlekuk, hingga kulit payudara mengkerut atau menjadi cekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan. Puting juga dapat masuk ke dalam karena tertarik oleh benjolan kanker.

  1. Nyeri Payudara

Pada kanker payudara, rasa nyeri biasanya muncul terus-menerus dan tidak hilang meskipun sudah masuk pada menstruasi bulan berikutnya. Namun pada kanker payudara stadium awal, nyeri bisa saja tidak terasa.

  1. Keluarnya Cairan pada Puting Payudara

Kanker payudara dapat ditandai dengan keluarnya cairan berwarna bening, cokelat, kekuningan, atau darah pada puting payudara.

  1. Pembengkakan di Area Ketiak

Ciri lain dari kanker payudara adalah munculnya benjolan atau pembengkakan di area ketiak. Hal ini disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening di area tersebut.

Untuk dapat mengenali enam ciri di atas, kamu disarankan untuk rutin melakukan gerakan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) setiap bulan. Jika terdapat benjolan dan kamu ragu apakah itu kanker atau bukan, segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!