08 August 2017

Kenali 7 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh

Kenali 7 Bahaya Merokok  yang Merusak Tubuh

Halodoc, Jakarta - Rasanya sudah tidak asing lagi jika anjuran dilarang merokok banyak ditemukan baik di ruang publik, layanan kesehatan, maupun media massa. Hal ini karena bahaya merokok bagi kesehatan tubuh bukanlah hal yang sepele. Salah satu risiko utama yang bisa kamu alami dari merokok adalah mengidap penyakit jantung. Diperkirakan ada 20% orang yang kehilangan nyawanya akibat penyakit jantung yang disebabkan karena kebiasaan merokok. Rokok dikatakan berbahaya, karena kandungan yang ada di dalamnya yakni lebih dari 4000 bahan kimia yang bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh. Ratusan di antaranya merupakan zat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat kanker. Apa saja dampak negatif lain dari merokok? Ini dia ulasannya.

Otak
Merokok bisa meningkatkan risiko kamu terkena stroke sebesar 50 persen. Bahaya rokok bisa menimbulkan kerusakan otak dan hilangnya nyawa bukan hanya itu, dengan merokok kamu bisa berisiko terkena aneurisma otak. Aneurisma otak sendiri adalah adanya pembengkakan pembuluh darah yang terjadi karena melemahnya dinding pembuluh darah yang bisa pecah sewaktu-waktu dan berakibat pendarahan pada otak.

Mulut dan Tenggorokan
Bahaya merokok juga bisa berdampak pada mulut dan tenggorokan berupa bau mulut dan gigi bernoda. Bukan hanya itu, penyakit gusi dan kerusakan indera perasa juga bisa timbul. Masalah serius yang akan hinggap di mulut serta tenggorokan yakni munculnya risiko kanker pada bibir, lidah, tenggorokan, dan pita suara.

Tulang
Dampak dari bahaya merokok lainnya bisa merusak tulang dengan menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Hal inilah yang menyebabkan perokok lebih tinggi mengalami risiko tulang rapuh atau osteoporosis. Bukan itu saja, racun yang terkandung pada rokok juga akan mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang berfungsi menjaga tulang tetap kuat seperti hormon estrogen.

Kulit
Bahaya merokok lainnya  bisa membuat kamu terlihat lebih tua daripada orang yang bukan perokok. Hal ini disebabkan kulit kurang mendapatkan asupan oksigen. Tanda-tanda penuaan dini bisa muncul seperti adanya kerutan di sekitar mata dan mulut, bahkan racun rokok bisa juga menyebabkan selulit pada kulit.  

Paru-paru
Efek bahaya merokok juga bisa merusak salah satu organ yang paling vital dalam tubuh yakni paru-paru. Penyakit kanker paru-paru bisa muncul akibat bahan-bahan kimia yang terdapat pada rokok yang memicu rusaknya sel-sel pada paru-paru dan berpotensi membentuk sel kanker. Selain kanker paru-paru, penyakit serius lainnya yang kamu alami yakni bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

Lambung
Merokok bisa mengakibatkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan kamu menjadi lemah. Hal tersebut disebabkan karena asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yakni kerongkongan. Kondisi ini disebut penyakit asam lambung. Beberapa penyakit lambung yang mungkin menyerang seorang perokok yakni  ulkus atau tukak dan kanker lambung.

Organ Reproduksi
Bagi pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sedangkan bagi wanita, merokok bisa mengurangi kesuburan kamu. Bukan hanya itu, risiko terkena kanker serviks juga tinggi karena mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.


Perlu diingat, merokok sama saja seperti menyimpan racun di dalam tubuh yang semakin lama bisa menumpuk bila dilakukan secara terus menerus. Bila kamu ingin mengetahui lebih banyak terkait dengan bahaya merokok atau ingin berdiskusi tentang bagaimana cara menghentikan kebiasaan merokok, kamu bisa bertanya langsung pada dokter yang ada di Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terbaru yang akan menghubungkan kamu dengan dokter pilihan melalui chat, video call atau voice call. Bukan cuma itu, kamu pun bisa berbelanja kebutuhan medis di Halodoc, sehingga tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk pergi ke apotek. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

 

BACA JUGA : Ini Gejala Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang Perlu Diwaspadai